sign up SIGN UP

Nggak Pakai Ribet, Inilah 3 Cara Sederhana Mengatasi Bau Badan!

Ni Made Dwi Agustina | Rabu, 16 Jun 2021 18:00 WIB
Nggak Pakai Ribet, Inilah 3 Cara Sederhana Mengatasi Bau Badan!
caption

Bau badan adalah hal yang paling menjengkelkan. Faktor penyebab bau badan bisa dilihat ketika kondisi tubuh yang lembab akibat produksi keringat yang berlebihan. Penyebab munculnya keringat tersebut dikarenakan aktivitas luar ruangan yang padat, badan yang aktif bergerak dan kondisi cuaca panas. Tentunya, bau badan mampu menghambat aktifitas, karena badan terasa tidak nyaman. Apalagi ketika harus bertemu dengan banyak orang, akan mengurangi rasa kepercayaan diri. Untuk itu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan bau badan. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan.

Rajin Mandi

Take a bath
Take a bath/ sumber: freepik.com

Mandi bertujuan untuk melakukan pembersihan diri. Tentunya, kebiasaan mandi pun tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya sekadar membersihkan diri, mandi berguna untuk menjaga kesegaran tubuh hingga mampu menghilangkan kuman maupun bakteri dari tubuh setelah berkegiatan di luar rumah. Mandi adalah salah satu cara sederhana untuk merawat diri. Badan yang bersih merupakan kunci kesehatan yang berasal dari luar dan harus dirawat.

Ada kalimat yang mengungkapkan “kebersihan adalah sebagian dari iman”. Maka, salah satu wujudnya adalah mandi. Setidaknya, mandi dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari. Terlebih, saat setelah melakukan kegiatan yang berada di luar ruangan serta mengeluarkan banyak keringat. Hal ini dikarenakan apabila tidak segera mandi, akan timbul berbagai masalah kulit, seperti panu, biang keringat, jerawat punggung, dan permasalahan kulit lainnya. Jadi, jangan sampai malas mandi, ya!

Gunakan Parfum Badan

Using parfume
Using parfume/ sumber: freepik.com

Bagian menggunakan parfum juga merupakan hal yang penting. Parfum juga dibutuhkan agar badan wangi seharian, terutama saat beraktivitas di luar ruangan maupun ketika banyak bertemu dengan orang lain. Berbeda halnya ketika tidak menggunakan parfum, ketika banyak menghabiskan waktu di luar ruangan yang sering terkena paparan sinar matahari maupun debu, akan mengeluarkan produksi keringat yang mampu menyebabkan bau badan tidak sedap.

Adapun tips mudah agar parfum yang digunakan dapat tahan lama seharian, yaitu gunakan parfum setelah mengeringkan badan selesai mandi. Kemudian, tuang parfum ke badan secukupnya dan titik-titik nadi, seperti belakang telinga, di sekitar leher dan pergelangan tangan atau penggunaan parfum juga bisa digunakan sesuai kebutuhan. Bagi yang bermasalah dengan bau ketiak, penggunaan parfum bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Pilihlah parfum yang aman digunakan untuk kulit dan tidak menyebabkan alergi.

Segera Ganti Pakaian Ketika Sudah Kotor

Change a clothes
Change a clothes/ sumber: freepik.com

Aktivitas luar ruangan yang padat, membuat tubuh menjadi kotor dan berkeringat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika mempersiapkan pakaian ganti. Pakaian yang sudah kotor hendaknya langsung di ganti dengan pakaian yang sudah bersih. Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan mengalami berbagai permasalahan kulit. Kondisi badan yang lembab akibat keringat akan menyebabkan bau yang tidak sedap hingga pertumbuhan bakteri dan kuman.

Mengganti pakaian yang sudah kotor merupakan cara menghilangkan bau badan yang sederhana. Mengganti pakaian yang bersih dapat mencegah bau badan akibat munculnya keringat. Lebih lanjut, yang harus diperhatikan juga adalah pemilihan pada bahan pakaian. Pemilihan kain dengan jenis katun adalah pilihan yang tepat, karena bahan katun mampu menyerap kelembaban saat berkeringat. Bahan katun juga cocok digunakan saat cuaca panas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id