sign up SIGN UP

LIFE

Obati Sariawan di Lidah dengan 6 Cara Ini

Henny Alifah | Rabu, 24 Jun 2020 21:30 WIB
Obati Sariawan di Lidah dengan 6 Cara Ini
caption

Sariawan memang bukan penyakit berbahaya, namun tetap saja rasa sakitnya bisa bikin hilang nafsu makan, terlebih jika sariawan di lidah. Tak hanya itu, sariawan kadang juga bikin susah ngomong karena setiap mau buka mulut langsung diserbu rasa perih.

Biar sariawan cepat sembuh, kamu bisa coba obati dengan cara-cara berikut ini.

1. Kurangi perihnya sariawan dengan es batu atau kantong teh celup bekas

Ilustrasi: kantung teh celup bekas untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Obat sariawan yang ini merupakan cara lama. Bungkus es batu dengan handuk kertas dan gunakan untuk mengompres luka, tapi tidak langsung ke lesi mulut. Metode ini hanya memberikan kelegaan sementara, tetapi cukup ampuh untuk meredakan rasa perih yang membakar.

Selain itu, es batu bisa juga diganti dengan kantong teh celup bekas yang masih basah. Teh mengandung tanin, yang dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan perih. 

Kedua cara ini mungkin tidak terlalu cocok diterapkan pada sariawan di lidah, namun bisa dipakai untuk mengobati sariawan di bibir atau pipi dalam.

2. Berkumur dengan air garam

Ilustrasi: campuran air hangat dan garam untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Campurkan setengah gelas air hangat dengan satu sendok teh garam, lalu gunakan untuk berkumur selama 15-30 detik. Kamu bisa berkumur dengan air garam setiap beberapa jam, tergantung kebutuhan. Garam memiliki sifat antiseptik, pembersih dan menenangkan, jadi baik untuk mengobati sariawan.

3. Madu

Ilustrasi: madu untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Pilih madu yang tidak dipasteurisasi dan alami, seperti madu Hanuka. Oleskan madu pada sariawan sebanyak empat kali sehari. Madu baik untuk mengobati sariawan karena memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

4. Obat kumur dan obat sariawan lain yang tersedia di apotek 

Ilustrasi: obat kumur untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Ada obat-obatan yang bagus untuk membantu proses penyembuhan sariawan. Misalnya, obat kumur Peroxyl dari Colgate. Produk Colgate yang lain, Orabase juga diklaim sebagai salep yang dapat menutup luka, memberikan perlindungan dan meningkatkan penyembuhan sariawan. Beberapa produk lain yang mudah ditemukan di apotek terdekat misalnya Efisol, Betadine obat kumur, dan Enkasari.

5. Tingkatkan imunitas dengan menambah asupan nutrisi

Ilustrasi: asupan nutrisi untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Selanjutnya, kamu bisa mengobati sariawan dari dalam, yaitu dengan makan makanan yang memberi tambahan vitamin dan mineral penyembuhan bagi tubuh.

Sariawan bisa jadi tanda kamu kekurangan asupan zat besi dan vitamin B12. Untuk itu, makanlah buah, sayur, serta makanan seperti telur, daging sapi, daging ayam, susu, keju, seafood, dan oatmeal. 

6. Yogurt

Ilustrasi: yogurt untuk obat sariawan
Obat sariawan/ sumber: Freepik.com

Terakhir, yogurt. Probiotik sangat membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sariawan. Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut.

Dengan teksturnya yang lembut, yogurt akan jadi makanan enak yang bisa dinikmati meskipun kamu mengalami kesulitan mengunyah karena adanya sariawan, apalagi sariawan di lidah. Dan, pilih yogurt tanpa tambahan pemanis karena jamur akan tumbuh subur dengan gula.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id