sign up SIGN UP

Olahraga Setelah Vaksinasi Covid-19, Apakah Aman? Cek Faktanya di Sini

Rini Apriliani | Kamis, 07 Oct 2021 13:00 WIB
Olahraga Setelah Vaksinasi Covid-19, Apakah Aman? Cek Faktanya di Sini
caption
Jakarta -

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun lamanya di berbagai belahan dunia ini mengubah banyak kehidupan. Semula mungkin kita banyak mengabaikan hal-hal sederhana, seperti halnya berolahraga.

Namun kini, demi menjaga imunitas tubuh tetap sehat, olahraga atau workout di rumah aja menjadi rutinitas harian yang rajin dilakukan.

Tapi... seusai vaksinasi Covid-19 yang kini sedang gencar dilakukan Pemerintah, bolehkah kita melakukan olahraga setelahnya? Beauties, simak jawabannya di sini yuk!

Amankah Olahraga Setelah Vaksinasi Covid-19?

Efek Samping Vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19/ Foto: Freepik.com/master1305

Jawaban utama dari pertanyaan ini adalah aman. Seperti yang dilansir dari Healthline, hingga saat ini tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga menjadi berbahaya jika dilakukan setelah melakukan vaksinasi. 

Kamu dapat tetap melakukan kegiatan olahraga atau workout di rumah, jika memang menginginkannya. Tapi perlu diingat, hal ini kembali lagi dengan reaksi tubuh.

Jika tubuh tidak menimbulkan reaksi parah setelah penyuntikan, kamu dapat melanjutkan kegiatan olahraga tersebut.

Mengenal Risiko Berolahraga Setelah Vaksin

Olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan otak.Olahraga Setelah Vaksin/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Sebuah studi New England Journal of Medicine tahun 2021 mengatakan bahwa, efek samping vaksinasi mungkin akan lebih terasa setelah suntikan kedua. Tapi tidak ada yang menyebutkan bahaya apapun yang akan diderita setelah vaksinasi dan dilanjut olahraga.

Umumnya, risiko yang akan akan kamu rasakan usai vaksin dan kemudian dilanjut dengan olahraga adalah munculnya reaksi kelelahan yang parah. Karena hal ini, ada baiknya untukmu memilih olahraga ringan saja. 

Hindari olahraga aerobik berat dan olahraga berat lainnya, Beauties!

Bagaimana Jika Kamu Sakit Usai Vaksin dan Olahraga?

Mengonsumsi rooibos secara rutin dapat mengurangi sakit kepala dan migrain.Sakit Setelah Vaksin/ Foto: Pexels.com

Saat merasakan hal ini, ada baiknya untukmu kembali mengingat intensitas olahraga yang dilakukan tersebut. Jika intensitasnya terlalu tinggi, sementara waktu kamu dapat mengubahnya menjadi olahraga ringan saja.

Hal ini dilakukan agar tidak memperparah kondisimu. Tak lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari untuk mencegah adanya dehidrasi.

Manfaat di Balik Olahraga dan Vaksinasi

Olahraga Teratur Dapat Menjaga Berat Badan/Sumber: Pexels.comManfaat Olahraga/Foto: Pexels.com

Untukmu yang memang telah berolahraga secara rutin, berbahagialah dengan manfaat yang akan didapatkan. Sebab menurut para peneliti, aktifitas fisik sedang hingga berat akan menghasilkan 31% pengurangan risiko penyakit dari masyarakat. Selain itu, olahraga akan menghasilkan 37% juga pengurangan risiko kematian akibat penyakit menular.

Manfaat olahraga pun telah terbukti meningkatkan potensi vaksin dengan meningkatkan konsentrasi antibodi. Walau tidak spesifik untuk Covid-19, namun inilah yang akan kamu dapatkan dari hasil olahraga rutin yang dijalani.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id