sign up SIGN UP

Sedang Mengalami Stres? Cobalah Lakukan Olahraga Yoga untuk Mendapatkan Ketenangan Secara Cepat!

Risma Oktaviani | Minggu, 12 Sep 2021 16:30 WIB
Sedang Mengalami Stres? Cobalah Lakukan Olahraga Yoga untuk Mendapatkan Ketenangan Secara Cepat!
Foto: Sedang Mengalami Stres? Cobalah Lakukan Olahraga Yoga untuk Mendapatkan Ketenangan Secara Cepat!/Freepik.com

Hidup terkadang memberikan begitu banyak tekanan yang dapat membuat kamu stres. Mulai dengan jadwal kamu yang padat, dikejar deadline yang membuat kamu terpaksa harus lembur dan begadang, belum lagi pekerjaan rumah, tagihan, dan lain-lain. Selain itu, masalah lainnya seperti harus menimbang keputusan penting, menghadapi ketidakpastian kapan pandemi berakhir, juga dapat menambah tekanan emosional yang sulit dihindari oleh hampir semua orang.

Ada begitu banyak cara mengatasi stres. Berbicara dengan teman, berolahraga, dan menemui psikolog. Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang dalam mencegah dan mengatasi stres maupun depresi, begitu juga dengan yoga. 

Yuk kita kenalan lebih dalam dengan olahraga yoga yang dipercaya dapat mengatasi stres ini, Beauties!

Memahami Yoga

contoh pose yoga
pose yoga / foto : freepik

Yoga dikenal sebagai jenis olahraga meditasi yang berfungsi untuk menghilangkan stres. Selain itu, yoga juga dipercaya mampu membantu membakar kalori dan mencegah nyeri sendi.

Pose yoga merupakan latihan yang baik dan dapat membantu mengendurkan otot-otot tegang di tubuh yang cenderung paling banyak mengalami stres seperti leher, bahu, dan punggung. Selain itu, bagian tubuh lainnya seperti wajah, rahang, jari, atau pergelangan tangan juga dapat memperoleh manfaat dari peregangan yoga sederhana.

Yoga jauh lebih dari sekadar latihan fisik. Kunci untuk mendapatkan efek terbaik dari setiap pose adalah nggak cuma fokus pada tubuh, tetapi juga pada pikiran dan pernapasan kamu.

Yoga Efektif Mengurangi Stres

Yoga dapat mengurangi stres
Mengurangi stres / freepik.com/our_team

Yoga efektif sebagai cara menghilangkan stres karena memberikan efek relaksasi bagi tiga aspek diri kita yang sering terkena stres: tubuh, pikiran, dan pernapasan. Selain itu, yoga menyatukan disiplin fisik dan mental yang dapat membantu kamu mencapai kedamaian tubuh dan pikiran.

Olahraga ini memiliki banyak gaya, bentuk dan intensitas. Hatha yoga adalah salah satu gaya yoga yang paling umum yang merupakan pilihan yang baik untuk manajemen stres.

Teknik pernapasan dalam dan meditasi mempengaruhi HPA (sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal) yang mengatur sistem saraf simpatik dan parasimpatik yang akhirnya menurunkan denyut jantung dan tekanan darah. Otak kemudian mengambil isyarat dari tubuh. Jika tubuh tenang, maka otak akan akan mendapat pesan bahwa semuanya baik-baik saja.

Manfaat Lainnya

yoga mempunyai banyak manfaat
yoga mempunyai banyak manfaat / freepik.com/yanalya

Selain mengurangi stres dan kecemasan, yoga dapat meningkatkan suasana hati dan rasa sejahtera secara keseluruhan. Manfaat lain dari yoga adalah adanya peningkatan kebugaran tubuh kamu seperti meningkatnya keseimbangan, fleksibilitas, kelincahan, dan kekuatan.

Last but not least, yoga dapat membantu yoga dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Yoga juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung bawah, nyeri leher, dan gejala menopause. Tak hanya itu, yoga juga dapat membantu meringankan gejala beberapa kondisi kronis lainnya, seperti nyeri, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, radang sendi, dan insomnia.

Cara menghilangkan stres dengan yoga ini cukup mudah dilakukan bukan? Maka dari itu, jangan lupa untuk mencobanya ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id