sign up SIGN UP

LIFE

Paranoid Ternyata Bagian dari Gangguan Mental, Ini Ciri-Cirinya!

Rumaysha Milhania | Sabtu, 17 Oct 2020 15:30 WIB
Paranoid Ternyata Bagian dari Gangguan Mental, Ini  Ciri-Cirinya!
Gangguan Paranoid/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Paranoid merupakan kondisi di masa seseorang memiliki perasaan terancam, seperti ada orang yang sedang mengawasi kamu atau bertindak mencurigakan terhadap kamu, meskipun tidak ada bukti bahwa itu benar. Hal ini dapat terjadi pada banyak orang. Meskipun kamu tahu bahwa kekhawatiran yang kamu rasakan tidak didasarkan pada kenyataan, hal itu dapat mengganggu jika terlalu sering terjadi.

Paranoid merupakan kondisi di masa seseorang memiliki perasaan terancam, seperti ada orang yang sedang mengawasi kamu atau bertindak mencurigakan terhadap kamu, meskipun tidak ada bukti bahwa itu benar.
Paranoid/ Sumber: Freepik.com

Jika terlalu sering terjadi, hal ini bisa jadi pertanda kamu memiliki Gangguan Kepribadian Paranoid atau Paranoid Personality Disorder (PPD). Dilansir dari Healthline.com, Gangguan Kepribadian Paranoid ini adalah salah satu jenis gangguan kepribadian eksentrik. Gangguan kepribadian eksentrik berarti bahwa perilaku kamu tersebut mungkin tampak aneh atau tidak biasa bagi orang lain.

Jika kamu memiliki perilaku kepribadian paranoid, kamu akan selalu curiga terhadap orang lain. Kamu tidak mempercayai motif orang lain dan percaya bahwa orang lain ingin menyakiti dirimu. Ciri-ciri tambahan dari kondisi ini termasuk keengganan untuk curhat atau bercerita kepada orang lain, menyimpan dendam, dan menemukan kalimat atau pembicaraan yang merendahkan atau mengancam dalam pembicaraan, kejadian atau peristiwa yang memang tidak salah. Seseorang dengan gangguan ini bisa cepat merasa marah dan bermusuhan dengan orang lain.


Orang dengan gangguan ini mungkin berperilaku kasar atau keras kepala. Mereka mungkin sarkastik, yang sering kali menimbulkan perdebatan dengan orang lain, yang mungkin tampak menegaskan kecurigaan asli mereka.
Gangguan Paranoid/ Sumber: Freepik.com

Seringkali, orang dengan gangguan kepribadian paranoid tidak percaya bahwa perilaku mereka tidak normal. Bagi mereka, sangat rasional untuk mencurigai orang lain. Namun, orang-orang di sekitar mereka mungkin percaya ketidakpercayaan ini tidak beralasan dan bisa menyinggung perasaan. Orang dengan gangguan ini mungkin berperilaku kasar atau keras kepala. Mereka mungkin sarkastik, yang sering kali menimbulkan perdebatan dengan orang lain, yang mungkin tampak menegaskan kecurigaan asli mereka.

Seseorang dengan gangguan ini mungkin memiliki kondisi lain yang dapat memengaruhi paranoid mereka. Misalnya, depresi dan kecemasan dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Perubahan suasana hati dapat membuat seseorang dengan gangguan ini lebih cenderung merasa paranoid dan terisolasi.

Perubahan suasana hati dapat membuat seseorang dengan gangguan ini lebih cenderung merasa paranoid dan terisolasi.
Ciri Orang Paranoid/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, bebera gejala lainnya adalah sebagai berikut:

  • Percaya bahwa orang lain memiliki motif tersembunyi atau ingin menyakiti mereka
  • Meragukan loyalitas orang lain
  • Menjadi hipersensitif terhadap kritik
  • Mengalami kesulitan bekerja dengan orang lain
  • Menjadi cepat marah dan bermusuhan
  • Menjadi terisolasi secara sosial
  • Menjadi argumentatif dan defensif
  • Kesulitan melihat masalah mereka sendiri
  • Sulit bersantai

Gangguan ini biasanya muncul memasuki awal masa dewasa seseorang dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Jika kamu merasa memilikinya dan terganggu karenanya, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id