sign up SIGN UP

LIFE

Pengaruh Payudara Kecil dan Besar Ternyata dari Hal Ini!

Agesti | Minggu, 15 Nov 2020 18:15 WIB
Pengaruh Payudara Kecil dan Besar Ternyata dari Hal Ini!
caption

Ukuran payudara menjadi salah satu perhatian wanita. Sebagian wanita yang memiliki ukuran payudara kecil merasa kurang percaya diri sementara lainnya yang memiliki ukuran besar juga merasakan hal yang sama. 

Namun ukurannya bisa bertambah besar atau sebaliknya karena beberapa faktor misalnya, kehamilan, menyusui atau mengonsumsi obat estrogen tertentu seperti pil KB. 

Pada kenyataannya, wanita memang memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda-beda. Namun, apa sih penyebabnya sehingga ukuran payudara bisa berbeda? Berikut beberapa faktor yang disinyalir bisa mempengaruhi besar kecilnya payudara seperti dilansir dari Wolipop

Keturunan 

Ilustrasi ibu dan anak
Ilustrasi ibu dan anak. Sumber: Unsplash/Eye for Ebony

Faktor keturunan punya andil besar dalam menentukan ukuran payudara. Jika sang ibu atau wanita dari keluarga besar ibu atau ayah memiliki ukuran payudara yang besar maka wanita dalam garis keturunan tersebut akan memiliki ukuran besar pula. Namun, tidak semua anak akan memiliki ukuran payudara yang sama dengan sang ibu karena banyak faktor lain yang juga mempengaruhi.

Usia

Ilustrasi wanita tua
Ilustrasi wanita tua. Sumber: Unsplash/Damir Bonsjak

Payudara mengalami perubahan ukuran terus menerus. Umumnya, ketika wanita memasuki usia 18-20 tahun, maka ia telah mencapai pertumbuhan optimal dari payudaranya. Sehingga, ukuran payudara yang didapatkan pada usia tersebut adalah bentuk dan ukuran maksimalnya.

Selain itu seiring bertambahnya usia, maka ligament cooper (urat yang mempertahankan bentuk payudara) perlahan akan kehilangan kekuatannya. Inilah mengapa ukuran dan bentuk payudara bisa berubah seiring waktu.

Menstruasi

Ilustrasi mentruasi
Ilustrasi menstruasi. Sumber: Unsplash/Erol Ahmed

Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi lho, Ladies! Perubahan ukuran payudara ini biasanya ditandai dengan perubahan bentuk puting dan areola yang menjadi lebih kencang. Inilah mengapa seolah payudara “mengencang” di saat menstruasi.

Kehamilan

Ilustrasi wanita hamil
Ilustrasi wanita hamil. Sumber: Unsplash/Kate Hliznitsova

Bentuk tubuh wanita akan berubah drastis selama masa kehamilan, termasuk pada payudara mereka. Payudara akan membesar dan menunjukkan peningkatan ukuran cup. Beberapa wanita mengalaminya hanya saat kehamilan pertama, akan tetapi ada juga yang mengalaminya setiap kali hamil. Oiya, perubahan ukuran payudara selama hamil ini biasanya akan bersifat permanen lho, Ladies!

Berat Badan

Ilustrasi wanita berteman.
Ilustrasi wanita. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez

Setiap terjadi perubahan berat badan, maka bentuk dan ukuran tubuh juga pasti berbeda, termasuk pada bagian payudara. Ketika berat badan bertambah, maka biasanya ukuran payudara biasanya juga akan bertambah. Namun, perubahan ini umumnya bersifat reversible, yang artinya akan kembali lagi ke ukuran aslinya.

Olahraga

Ilustrasi wanita olahraga.
Ilustrasi wanita olahraga. Sumber: Unsplash/Bruce Mars

Beberapa jenis olahraga bisa membantu mengencangkan payudara, misalnya Yoga. Selain Yoga, terapi Ayurvedic bisa mempengaruhi ukuran payudara. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id