sign up SIGN UP

LIFE

Perlu Diketahui, Ini Penyebab Wanita Sulit untuk Hamil

Ade Irma Suryani | Rabu, 22 Jul 2020 11:30 WIB
Perlu Diketahui, Ini Penyebab Wanita Sulit untuk Hamil
caption
Jakarta -

Setiap wanita yang telah menikah, pasti ingin segera bisa hamil dan memiliki seorang anak. Namun sayangnya, tidak semuanya memiliki kesempatan itu. Tentunya ada beberapa hal yang bisa menyebabkan wanita sulit untuk hamil, baik itu masalah kesehatan maupun pola hidup yang tidak sehat. Sulit hamil tidak hanya berasal dari wanita, bisa jadi juga berasal dari pria. Nah, bagi wanita sendiri, inilah beberapa hal yang menyebabkan sulit untuk hamil.

 

1. Usia

Usia yang bertambah juga bisa menjadi penyebab sulit hamil.
Usia/Foto: Freepik.com     

Seperti yang telah diketahui, kehamilan sangat dipengaruhi oleh faktor kesuburan. Nah, bagi seorang wanita, seiring pertambahan usia maka tingkat kesuburannya akan mulai menurun. Biasanya, di usia 30-an wanita akan mengalami penurunan kualitas dan kuantitas sel telur, meskipun ada juga wanita yang mengalaminya di usia 40-an. Karena itulah, peluang hamil di usia-usia tersebut agak sulit. 

 


2. Masalah Psikologis

Masalah psikologis juga bisa menyebabkan wanita sulit untuk hamil.
Masalah Psikologis/Foto: Freepik.com

Tak hanya masalah fisik, ketidaksuburan juga bisa dipengaruhi oleh masalah psikologis. Permasalahan psikologis seperti stres berat, gangguan kecemasan, dan depresi juga dapat menjadi penyebab wanita sulit untuk hamil. Hal ini dapat terjadi lantaran masalah psikologis dapat mengganggu proses ovulasi. Selain itu, tak jarang seseorang yang mengalami stres atau depresi mengalami gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Di samping itu, stres juga dapat menurunkan gairah wanita untuk berhubungan intim. Tentunya masalah seperti ini akan membuat wanita sulit untuk hamil.

 

3. Masalah Berat Badan

Masalah berat badan yang terlalu gemuk dan terlalu kurus juga bisa menyebabkan sulit hamil.
Masalah Berat Badan/Foto: Freepik.com

Ternyata masalah berat badan seperti terlalu gemuk atau terlalu kurus juga bisa menyebabkan wanita sulit hamil. Bagi wanita yang terlalu gemuk atau obesitas, kadar lemaknya yang tinggi dapat membuat sistem hormon tidak stabil, sehingga dapat merusak sel telur. Selain itu, terlalu gemuk juga dapat menyebabkan sistem reproduksi bekerja tidak maksimal. Sedangkan bagi wanita yang terlalu kurus, siklus menstruasinya menjadi tidak teratur, sehingga menyebabkan sel telur menjadi tidak matang dan tidak dapat dibuahi oleh sperma. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal, agar program hamil bisa berhasil.

 

4. Endometriosis

Endometriosis juga dapat menyebabkan sulit hamil.
Endometriosis/Foto: Freepik.com

Endometriosis merupakan salah satu penyakit pada organ reproduksi yang bisa menyebabkan sulit untuk hamil. Endometriosis dapat terjadi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Ketika endometriosis ini terjadi pada tuba falopi, maka sperma akan mengalami kesulitan untuk membuahi sel ovum. Karena itulah, proses pembuahan sulit terjadi. 

 

5. Gangguan Ovulasi

Masalah ovulasi juga bisa menyebabkan sulit hamil.Gangguan Ovulasi/Foto: Freepik.com

Normalnya, setiap bulan wanita akan mengalami proses ovulasi. Proses ovulasi terjadi ketika sel telur yang telah matang dikeluarkan dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi. Nah, proses ini sendiri sangat menentukan masa subur wanita. Namun, masa ovulasi juga dapat terganggu oleh beberapa kondisi seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan pada kelenjar hipofisis di otak, kelebihan hormon prolaktin, dan masalah di indung telur. Gangguan ovulasi tersebut diketahui dapat menyebabkan wanita sulit untuk hamil.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id