sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Lagi Hamil Muda, Bolehkah Berhubungan Badan?

Sulistiani | Rabu, 22 Jul 2020 01:00 WIB
Lagi Hamil Muda, Bolehkah Berhubungan Badan?
caption

Berhubungan sex adalah hal yang wajar bagi pasangan yang sudah menikah. Akan tetapi apakah hal ini baik dilakukan jika istri sedang hamil muda?

Sebenarnya, berhubungan sex saat hamil muda boleh saja dilakukan asal ibu dalam keadaan yang sehat dan tidak memiliki riwayat gangguan kehamilan atau keguguran sebelumnya. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti posisi saat berhubungan sex.

Posisi berbaring menyamping dan woman on top dapat menjadi pilihan. Pastikan tidak menekan atau mengimpit perut ibu hamil, seperti pada posisi misionaris atau telentang.


happy pregant couple enjoys their time together
happy pregant / freepik.com

Selain posisi, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi psikologis. Biasanya wanita saat hamil memiliki kondisi psikologis yang berbeda dari biasanya karena pengaruh hormon. Gairah seksual ibu hamil muda biasanya akan menurun akibat beragam gejala dan perubahan yang dialami pada kehamilan trimester pertama.

Oleh sebab itu, penting bagi suami untuk memahami hal ini. Pastikan saat ingin berhubungan badan baik suami maupun istri keduanya memiliki keinginan yang sama dan tanpa adanya paksaan.

https://www.freepik.com/free-photo/tender-attractive-couple-lying-bed-face-face-romantic-shot-bedroom-boyfriend-loves-her-even-without-any-make-up-with-messy-hair-she-makes-him-better-person_8357952.htm#page=2&query=making+love&position=9https://www.freepik.com/free-photo

Selanjutnya apabila sudah siap berhubungan sex, foreplay atau pemanasan yang cukup. Selama kehamilan leher rahim menjadi semakin sensitif. Apabila tidak cukup foreplay maka vagina akan kekurangan pelumas alaminya.

Pastikan cairan vagina sudah cukup banyak keluar sebelum melakukan hubungan sex. Apabila dipaksakan tanpa pelumas yang cukup dari dalam vagina, dapat terjadi perdarahan melalui vagina akibat kondisi leher rahim yang sensitif. Tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakan pelumas vagina.

Jangan Lupa Konsultasi dan Rutin Periksa ke Dokter

doctor comforting pregant woman during ultrasound scan
pregant doctor / freepik com

Memeriksakan kondisi kandungan ke dokter dan tenaga ahli yang mumpuni adalah hal yang tidak boleh terlewatkan semasa kehamilan. Nah pada saat melakukan hal tersebut bukan hanya ajang untuk mengetahui kondisi janin namun juga sekaligus sarana konsultasi.

Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai kekuatan dan kesehatan rahim istri. Tanyakan apakah aman jika pasangan melakukan hubungan seksual pada masa itu. Biasanya dokter akan menanyakan riwayat penyakit suami dan istri. 

Aman atau tidaknya berhubungan sex saat hamil muda bukan hanya ditentukan dari kesehatan istri saja namun juga kondisi kesehatan suami. Apabila suami ternyata mengalami riwayat infeksi menular seksual disarankan untuk konsultasi lebih lanjut mengenai keadaan kesehatan suami di dokter kulit dan kelamin. Apalagi jika suami menderita herpes genital, resiko paling buruk adalah janin cacat dan tertular herpes bahkan dapat juga mengakibatkan keguguran.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id