sign up SIGN UP

Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Ini 5 Bumbu Dapur yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Phanie Fauziah | Jumat, 16 Jul 2021 11:15 WIB
Jika PPKM Darurat Diperpanjang, Ini 5 Bumbu Dapur yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh
caption

Kabar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat akan diperpanjang sedang ramai dibicarakan. Di balik masalah yang terjadi di masa pandemi ini, kita menjadi banyak belajar untuk bisa menjaga kesehatan dengan berbagai cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengonsumsi asupan vitamin saat sakit, berpikiran positif, dan tentunya mematuhi protokol kesehatan kita lakukan agar kesehatan tetap terjaga. Tapi kita tahu bahwa meningkatkan imunitas tak harus mengonsumsi vitamin dalam jangka panjang, karena hal tersebut justru berbahaya bagi tubuh. Terlebih, suplemen ataupun vitamin kita dapatkan dengan harga yang tidak sedikit.

Nah, tahukah Beauties bahwa ada beberapa bumbu dapur yang ternyata bisa meningkatkan imunitas tubuh?

Bumbu Dapur yang Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Alami, murah, dan mudah didapat jika kita sedang berusaha meningkatkan imunitas dengan bumbu dapur. Ya, bumbu dapur memang mudah kita dapatkan karena sudah tersedia di rumah. Tapi, kira-kira bumbu dapur apa saja ya yang bisa meningkatkan imunitas tubuh? Dilansir dari detikfood berikut 5 bumbu dapur yang mampu meningkatkan imunitas.

1. Jahe

Jahe Menjaga Imun Tubuh
Jahe Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh/Pexels/Pixabay

Di awal pandemi jahe memang salah satu bumbu dapur yang menjadi primadona yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas. Tak hanya itu, jahe juga bisa membantu kita mengatasi gejala Covid-19 yaitu batuk dan flu disertai hidung tersumbat.

Jahe yang memiliki fungsi antiimflamasi, anti kanker, dan anti jamur ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara karena mudah diolah. Pengolahannya pun bisa dicampur dengan bumbu dapur lain seperti kapulaga yang mampu melancarkan pencernaan.

2. Kemangi

Kemangi Menjaga Imun Tubuh
Kemangi Meningkatkan Imunitas Tubuh/Pexels/monicore

Kerap dijadikan lalapan dan bumbu pelengkap, kemangi ternyata kaya kandungan fitronutrien, mengandung antioksidan, klorofil, favanol, berbagai vitamin, serta mineral. Kemangi memiliki kandungan eugenol yang merupakan komponen bioaktif berperan sebagai antibakteri, antimikroba, dan antijamur.

Menariknya, eugenol dalam kemangi juga berperan sebagai antidepresan yang bisa meredakan stres. Tidak heran ya, jika kemangi mampu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Pala

Pala Menjaga Imun Tubuh
Pala Meningkatkan Imunitas Tubuh/Pexels/Skylar Kang

Pala memiliki aroma kuat yang bisa menambahkan cita rasa pada makanan. Bumbu dapur satu ini bisa dicampurkan dengan minuman herbal maupun latte yang akan memberikan sensasi hangat pada tubuh.

4. Bawang Putih

Bawang Putih Menjaga Imun Tubuh
Bawang Putih Meningkatkan Imunitas Tubuh/Pexels/Skitterphoto

Di Indonesia bawang putih menjadi bumbu dasar yang selalu ada dalam setiap masakan. Bawang putih juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang mampu menyehatkan tubuh. Dilansir dari detikfood, bawang putih mengandung zat antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Sehingga zat-zat tersebut diyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal virus serta bakteri.

5. Klabet

Klabet Menjaga Imun Tubuh
Klabet Menjaga Imunitas Tubuh/Pexels/Eva Elijas

Biji klabet memang sering dijadikan bahan pengobatan tradisional yang ampuh. Tak hanya bijinya, bahkan seluruh bagian dari tanaman klabet memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Biji klabet yang memiliki kandungan antioksidan ini diyakini mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Nah Beauties, daripada kita mengonsumsi terlalu banyak vitamin dalam jangka panjang malah berbahaya bagi kesehatan, menjaga imunitas dengan bumbu dapur di atas lebih aman, murah, dan tentunya alami. Tertarik untuk segera mencoba?

 

 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id