sign up SIGN UP

LIFE

Stres karena Deadline dan Pekerjaan Menumpuk? Atasi dengan Cara Ini Yuk!

Ayuliy Lestari | Senin, 26 Oct 2020 15:00 WIB
Stres karena Deadline dan Pekerjaan Menumpuk? Atasi dengan Cara Ini Yuk!
caption

Terkadang deadline dan tumpukan tugas kantor bisa membuat kamu rentan mengalami stres. Sebenarnya hal tersebut sangat wajar karena stres sendiri adalah reaksi tubuh saat menghadapi ancaman, rasa tertekan ataupun situasi-situasi baru. Meskipun sangat wajar namun kamu pun tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Kebiasaan memendam stres dan memaksakan diri malah membuat perasaan kamu semakin tertekan. Rasa tertekan tersebut bisa semakin menumpuk dan meledak kapan saja yang bisa mengganggu kesehatan mental. Stres bisa mengganggu kondisi fisik dan emosional, bukannya pekerjaan kamu cepat selesai tapi malah sebaliknya karena stres sangat berdampak pada suasana hati. Bagaimana agar tuntutan pekerjaan tidak membuat stres?

Mengetahui Batas Diri

Menghadapi tekanan pekerjaan
Working/freepik.com

Jika memang ada pekerjaan yang harus diselesaikan, sebelumnya kamu harus mengetahui batas diri terlebih dahulu. Ketika kamu memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas, nantinya malah akan sangat berdampak buruk. Cobalah untuk menyusun rencana kerja dan menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Merencanakannya terlebih dahulu bisa membantu mengurangi beban pekerjaan sehingga membuat kamu terhindar dari stres.

Istrahat yang Cukup

Menghadapi tekanan pekerjaan
Dringkingtea/freepik.com

Ketika beban pekerjaan membuat Kamu stres, artinya kamu butuh beristirahat dan memanjakan diri. Kamu hanya perlu berhenti sejenak, entah menghirup udara bebas atau menyeduh secangkir teh dan lain-lain. Kamu membutuhkan penghargaan untuk diri sendiri yang sudah berjuang keras untuk menyelesaikannya. Ketika kamu sudah berjuang mengejar deadline, cobalah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Mencoba Meditasi

Menghadapi tekanan pekerjaan
Meditation/freepik.com

Ketika kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan maka kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Kamu tetap perlu berolahraga dan cara paling ampuh mengatasi stres menjelang atau setelah menyelesaikan deadline adalah meditasi atau yoga. Meditasi bisa memberikan efek positif sehingga kesehatan jiwa tetap terjaga dan tubuh kamu pun terasa lebih fit.

Melakukan yoga juga bisa membantu memberi rasa keseimbangan, ketenangan dan kedamaian dalam tubuh. Jadi sempatkan beberapa menit untuk melakukan yoga meskipun tidak harus pergi ke studio yoga. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan pose-pose yang sederhana.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id