sign up SIGN UP

LIFE

Suka Nyeri Haid? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengurangi Sakitnya.

Dimitrie Hardjo | Selasa, 12 Jan 2021 19:30 WIB
Suka Nyeri Haid? Coba Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengurangi Sakitnya.
caption

Nyeri haid pada perempuan berbeda-beda, ada yang tidak merasakan sakit, tapi ada juga yang merasakan sakit tidak tertahankan, bahkan ada yang sampai muntah.

Biasanya nyeri ini dirasakan pada awal masa menstruasi, ditandai dengan sakit di bagian bawah perut. Nyeri ini terjadi karena adanya kontraksi pada rahim ketika dinding rahim meluruh.

Kontraksi ini menekan pembuluh darah sehingga aliran darah dan oksigen pada ovarium terhenti. Keadaan inilah yang memicu rahim mengeluarkan zat kimia yang menyebabkan rasa nyeri. 

Jika kalian suka merasakan sakit, kamu bisa lho mengurangi rasa nyeri itu! Nah, ini dia tips-tips yang bisa dilakukan ketika kamu mengalami nyeri akibat haid, Ladies!

1. Kompres dengan air hangat

Kompres bagian yang sakit dengan air hangat.
Kompres bagian yang sakit dengan air hangat. Foto: freepik.com

Rebus air hingga panas, masukkan ke dalam botol, dan kompres bagian bawah perut hingga rasa sakit mereda. Jika kamu tidak berada di rumah atau tetap harus beraktivitas seharian, kamu bisa gunakan heating pad sebagai pengganti air hangat yang bisa ditempel di pakaian kamu agar perut terasa hangat, ladies!

2. Oleskan essential oil dan pijat

Essential oils.
Essential oils. Foto: unsplash.com

Oleskan essential oil secukupnya pada bagian perut dan punggung, kemudian lakukan pijatan kecil untuk merilekskan otot pada daerah tersebut. Pijatan ini juga bisa mengurangi kram yang kamu rasakan.

3. Konsumsi makanan sehat

Atur pola makan sehat.
Atur pola makan sehat. Foto: unsplash.com

Makanan yang tinggi omega-3, seperti ikan, dan banyak konsumsi sayur dan buah secara teratur bisa mengurangi resiko nyeri haid lho! Jadi mulai sekarang lakukan pola makan sehat untuk menghindari nyeri saat menstruasi ya, ladies!

4. Tidur

Tidur bisa mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi.
Tidur bisa mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Foto: freepik.com

Tidur bisa menjadi solusi meredakan nyeri haid. Ketika rasa sakit sudah tidak tertahankan, coba tidur untuk beberapa saat, maka saat bangun rasa sakit itu akan membaik.

5. Minum obat 

Obat anti nyeri.
Obat anti nyeri. Foto: unsplash.com

Ketika aktivitas padat dan kamu tidak sempat melakukan hal-hal di atas, tapi kamu merasa terganggu rasa sakit, mungkin minum obat nyeri bisa jadi pilihan. Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) bisa mengurangi nyeri dan juga tersedia di apotek. Sebelum kamu konsumsi obat ini, perhatikan lagi ya dosisnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id