sign up SIGN UP

LIFE

Hindari Beberapa Makanan di Bawah Ini untuk Mengurangi Nyeri Menstruasi!

Neysa Alicia | Minggu, 10 Jan 2021 20:30 WIB
Hindari Beberapa Makanan di Bawah Ini untuk Mengurangi Nyeri Menstruasi!
caption

Jakarta - Hai Ladies! hampir setiap wanita pasti mengalami nyeri di bagian perut bawah, saat datang bulan atau menstruasi. Nyeri tersebut merupakan hal yang wajar, karena adanya kontraksi pada dinding rahim.

Namun sebagian wanita sering merasakan nyeri yang tidak tertahankan, bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi nyeri menstruasi, ternyata bisa melalui asupan makanan yang kita konsumsi, Ladies.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari untuk mengurangi nyeri menstruasi!

1. Kafein

Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, tetapi juga teh dan cokelat / foto: istockphoto.com
Kafein tidak hanya terdapat dalam kopi, tetapi juga teh dan cokelat / foto: istockphoto.com

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat kadang memang dipercaya bisa memperbaiki. Tidak sedikit juga wanita yang terbiasa harus mengonsumsi kafein setiap harinya.

Minum kopi atau teh di pagi hari sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Namun ketika menstruasi, makanan dan minuman dengan kandungan kafein justru harus dihindari. 

Zat yang terkandung dalam kafein dipercaya dapat menghambat proses sirkulasi darah, sehingga otot rahim harus bekerja lebih ekstra dan menyebabkan nyeri yang berlebihan.

Selain itu, pada saat menstruasi biasanya kondisi mood para wanita juga mengalami perubahan yang besar. Mengonsumsi kafein pada masa tersebut tidak akan memperbaiki mood, namun malah dapat memicu insomnia, dan kecemasan. 

2. Gula

Makanan dengan kadar gula yang tinggi / foto: istockphoto.com
Makanan dengan kadar gula yang tinggi / foto: istockphoto.com

Makanan manis seperti dessert box, ice cream, donat, dan kue-kue lainnya memang selalu disukai banyak orang. Apa lagi ketika menjelang menstruasi, biasanya kita cenderung ingin mengonsumsi makanan manis lebih banyak dari pada biasanya.

Namun ternyata, mengonsumsi makanan manis atau tinggi gula ketika menstruasi justru kurang baik, Ladies. Makanan manis dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang tinggi. Selain itu, kadar gula yang tinggi dapat mempengaruhi suasana hati menjadi kurang stabil.

3. Junk Food

Beberapa macam makanan cepat saji / foto: istockphoto.com
Beberapa macam makanan cepat saji / foto: istockphoto.com

Ketika menstruasi datang, biasanya nafsu makan akan berkurang. Untuk mengatasi masalah tersebut, membeli makanan cepat saji menjadi salah satu pilihan. Siapa sangka, ternyata makanan yang digemari banyak orang ini ternyata bisa menyebabkan nyeri haid berlebih.

Makanan cepat saji atau junk food mengandung kadar garam dan asam lemak jenuh yang tinggi. Kandungan tersebut dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, serta mengganggu siklus menstruasi menjadi tidak lancar, dan nyeri berlebihan. 

Nah itu tadi tiga jenis makanan yang harus dihindari ketika menstruasi. Sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, dan sayur hijau, ya, Ladies!

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id