sign up SIGN UP

LIFE

Supaya Gak Bad Mood Melulu, Ini Nyaman Ketika PMS Datang!

Penny Fatikasari | Minggu, 09 Aug 2020 19:30 WIB
Supaya Gak Bad Mood Melulu, Ini Nyaman Ketika PMS Datang!
caption

Premenstural Syndrome atau PMS adalah hal yang akan dialami oleh wanita setiap bulannya. Gejala menstruasi ini juga dapat mempengaruhi emosi maupun mood mu, enggak jarang kamu pun jadi mudah marah, sensian, baper bahkan hobi ngemil melulu.

Supaya nyerinya cepat mereda dan kamu pun enggak bad mood melulu, coba lakukan tips ini supaya PMS mu tetap nyaman dan kembali good mood.

Biasakan Mencatat Jadwal Haid Bulanan

mencatat haid bulanan
Mencatat Jadwal Haid Bulanan/Pexels.com

Terkadang siklus haid wanita kerap kali berubah-ubah, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beragam faktor penentu. Maka dari itu sebaiknya hal yang perlu kamu lakukan adalah rutin mencatat jadwal haid bulanan.

Walaupun hal ini sering di anggap sepele oleh sebagian orang, nyatanya mencatat jadwal haid bulanan justru bisa membantu kamu untuk mengantisipasi kapan waktunya haid bulananmu tiba.

Kamu pun tentunya bisa berjaga-jaga untuk membawa persediaan haid dimanapun kamu berada agar memudahkan melakukan aktivitas. Selain itu kamu pun bisa mengantisipasi mencegah terjadinya mood swing ketika mengalami hari pertama haid setiap bulannya.

Konsumsi Makanan Perubah Susasana Hati

makanan perubah suasana hati
Mengonsumsi Makanan Perubah Suasana Hati/Pexels.com

Yup! Ketika haid tiba biasanya wanita jadi doyan makan, lho! Hal ini bisa saja disebabkan karena faktor mood swing atau karena bawaan menjelang haid bulanan.

Ketika menjelang haid sebaiknya kamu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium untuk membantu meredakan nyeri. Kamu bisa mendapatkannya dari makanan seperti pisang, keju, yogurt bahkan sayuran berwarna hijau.

Selain itu, makanan yang baik dikonsumsi ketika menjelang haid adalah makanan yang mengandung B-6 seperti buah-buahan, sereal bahkan ikan. Nah, usahakan banyak konsumsi makanan yang bergizi ya Ladies, ketimbang mengkonsumsi junk food yang kurang baik bagi kesehatan tubuhmu.

Minum Banyak Cairan

minum banyak cairan
Minum Banyak Cairan/Pexels.com

Ladies, ketika haid tentunya sangat disarankan untuk memperbanyak minum air mineral bahkan jus buah. Namun, sangat tidak disarankan untuk minum soda, alkohol maupun kafein. Hal ini untuk mencegah terjadinya gejala retensi cairan bahkan kembung saat menstruasi.

Konsumsi Pil Hormonal

konsumsi pil hormonal
Konsumsi Pil Hormonal/Pexels.com

Menjelang haid sebagian wanita memilih untuk mengkonsumsi pil hormonal untuk mencegah terjadinya mood swing bahkan emosi yang meledak-ledak. Namun, bagi sebagian wanita lainnya ketika mengkonsumsi pil hormonal akan memperparah mood,lho! Sebaiknya, kamu bisa bijak memilih pil hormonal ketika haid tiba atau konsultasi langsung ke dokter.

Rutin Berolahraga

rutin berolahraga
Rutin Berolahraga/Pexels.com

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga tentunya bisa membuat suasana hati kembali menjadi good mood serta menyehatkan tubuh. Selain itu kurangi konsumsi junk food, beristirahatlah yang cukup serta selalu berpikiran positif agar perasaanmu menjadi jauh lebih baik.

Kurangi Melakukan Aktivitas Berat

kurangi aktivitas berat
Kurangi Melakukan Aktivitas Berat/Pexels.com

Saat haid atau menstruasi tentunya kamu mengalami nyeri yang menyakitkan, tak hanya itu tubuh pun akan menjadi mudah lelah dan energi cepat terkuras. Ladies, sebaiknya kamu bisa membuat diri relax sesaat dan kurangi melakukan aktivitas berat. Lakukan tugasmu dengan perlahan supaya emosimu dapat terkontrol dengan baik dan luangkan waktu untuk beristirahat.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id