sign up SIGN UP

Hadirnya Sering Tak Terlihat, Waspadai Masalah Mental yang Terjadi di Masa Pandemi

Rumaysha Milhania | Jumat, 16 Jul 2021 13:30 WIB
Hadirnya Sering Tak Terlihat, Waspadai Masalah Mental yang Terjadi di Masa Pandemi
caption

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kehidupan semua orang. Kehidupan berubah secara drastis dan mempengaruhi kita semua dari berbagai aspek. Tak hanya masalah sosial dan ekonomi, masalah mental pun muncul pada sebagian besar orang, khususnya anak muda. Banyak dari kita kesulitan menghadapi tantangan hingga akhirnya membuat stres, berlebihan, dan menyebabkan emosi yang kuat pada orang dewasa dan anak-anak.

Pandemi COVID-19 berdampak besar pada kehidupan semua orang. Kehidupan berubah secara drastis dan mempengaruhi kita semua dari berbagai aspek.
Karantina Pandemi/ Sumber: Pexels.com/ Luis Dalvan

Kebijakan demi kesehatan masyarakat, seperti social distancing, diperlukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Sayangnya, ini dapat membuat kita merasa terisolasi dan kesepian serta dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Itulah sebabnya sangat penting untuk belajar mengatasi stres dengan cara yang sehat akan membuat kamu, orang-orang yang kamu sayangi, dan orang-orang di sekitarmu menjadi lebih tangguh.

Risiko stres di masa pandemi tidak boleh disepelekan. Pasalnya, ini dapat menyebabkan hal-hal berikut:

  • Perasaan takut, marah, sedih, khawatir, mati rasa, atau frustrasi
  • Perubahan nafsu makan, energi, keinginan, dan minat
  • Kesulitan berkonsentrasi dan membuat keputusan
  • Sulit tidur atau mimpi buruk
  • Reaksi fisik, seperti sakit kepala, nyeri tubuh, masalah perut, dan ruam kulit
  • Memburuknya masalah kesehatan kronis dan penurunan imunitas
  • Memburuknya kondisi kesehatan mental
Harus diakui, sangat wajar jika seseorang merasa stres, cemas, sedih, dan khawatir selama pandemi COVID-19.
Menjaga jarak sosial saat PPKM/ Sumber: Pexels.com/ Emma Bauso

Harus diakui, sangat wajar jika seseorang merasa stres, cemas, sedih, dan khawatir selama pandemi COVID-19. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat membantu mengelola stres.

Cara Sehat Mengatasi Stres

Beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk yang ada di media sosial. Menjadi teredukasi dan terinformasi adalah hal yang penting, tetapi mendengar tentang pandemi terus-menerus bisa membuat kesal. Pertimbangkan untuk membatasi berita hanya beberapa kali sehari dan memutuskan sambungan dari layar ponsel, tv, dan komputer untuk sementara waktu. Selanjutnya, lakukan ini untuk meningkatkan kondisi tubuh:

  • Jaga tubuhmu
  • Ambil napas dalam-dalam, regangkan, atau renungkan ikon eksternal
  • Cobalah makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Berolahraga secara teratur
  • Dapatkan banyak tidur
  • Segera dapatkan vaksin untuk memberikan proteksi dari risiko serius COVID-19

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan berbagai kegiatan yang bisa membantu melepaskan lelah dan meningkatkan mood dengan berinteraksi secara online dengan banyak orang. Cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas lain yang kamu sukai.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan berbagai kegiatan yang bisa membantu melepaskan lelah dan meningkatkan mood dengan berinteraksi secara online dengan banyak orang.
Kehidupan sosial di masa PPKM/ Sumber: Pexels.com/ Anastasia Shuraeva

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantumu untuk lebih tenang di masa-masa yang tidak pasti seperti saat ini. Beauties juga dapat mencari layanan dari psikolog jika kamu merasa membutuhkan seseorang untuk mendengarkan apa yang kamu rasakan secara lebih mendalam.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id