sign up SIGN UP

LIFE

Tanda-tanda Kehamilan dari Payudara yang Sering Diabaikan

Retno Wulandari | Selasa, 13 Oct 2020 18:30 WIB
Tanda-tanda Kehamilan dari Payudara yang Sering Diabaikan
caption

Mual dan tidak enak badan merupakan tanda-tanda umum ketika hamil. Namun, selain mual, kembung, dan tidak enak badan, tanda kehamilan juga bisa dilihat melalui perubahan bentuk payudara lho.

Penasaran apa saja tanda-tanda yang akan diberikan oleh payudara saat hamil? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

1. Payudara Nyeri

Tanda Kehamilan dari Payudara
Payudara Nyeri/freepik.com/

Tanda pertama yang menandakan kehamilan adalah timbul rasa nyeri atau sakit pada payudara. Hal ini terjadi karena hormon dan aliran darah ke jaringan payudara mengalami peningkatan.

Tidak hanya nyeri dan sakit, payudara juga akan membengkak. Selain peningkatan hormon, jumlah lemak dan kelenjar air susu yang melebar untuk produksi ASI yang meningkat juga menjadi pemicu rasa nyeri atau sakit pada payudara saat hamil.

2. Pembuluh Darah Terlihat Jelas

Tanda Kehamilan dari Payudara
Pembuluh Darah Terlihat Jelas/freepik.com/

Karena meningkatnya aliran darah ke payudara sebanyak 50% selama kehamilan, pembuluh darah pada area payudara pun akan berkembang menjadi lebih banyak untuk mengakomodasi aliran darah yang meningkat ke payudara.

Hal inilah yang membuat pembuluh darah terlihat lebih jelas jika dibanding sebelumnya. Oleh sebab itu, jangan kaget jika tiba-tiba muncul garis-garis kebiruan di sekitar payudara.

3. Ukuran Payudara Berubah

Tanda Kehamilan dari Payudara
Ukuran Payudara Berubah/freepik.com/

Peningkatan hormon selama hamil memberikan sinyal di kelenjar payudara untuk berkembang dan mempersiapkan produksi ASI. Oleh karena itu, payudara akan mengalami perubahan ukuran yang tidak disadari saat hamil. Berubahnya ukuran payudara ini biasanya baru disadari ketika ukuran bra yang berubah dari sebelumnya.

4. Puting Payudara Sensitif

Payudara menjadi sangat sensitif ketika disentuh merupakan tanda hamil yang akan terjadi pada wanita. Munculnya rasa sensitif di sekitar payudara dikarenakan kondisi hormon yang naik turun. Terdapat dua reaksi sensitif di payudara saat hamil, yakni menjadi mudah terangsang lewat sentuhan, atau merasa tidak nyaman jika payudara disentuh.

5. Areola dan Puting Berubah

Tanda Kehamilan dari Payudara
Areola dan Puting Berubah/freepik.com/

Masih karena faktor meningkatnya hormon estrogen dan progesteron saat hamil, areola dan puting payudara tumbuh melebar dan membesar dibandingkan sebelumnya. Selain itu, areola dan puting payudara juga akan terlihat lebih gelap akibat adanya peningkatan melanin yang membuat kulit lebih gelap. Saat hamil, bintik-bintik kecil pada bagian areola akan lebih menonjol.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id