sign up SIGN UP

LIFE

Tetap Puasa Saat Hamil, Simak 5 Tips Aman Berikut Ini!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 28 Apr 2021 18:00 WIB
Tetap Puasa Saat Hamil, Simak 5 Tips Aman Berikut Ini!
caption

Wanita hamil memang tak diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Namun, jika kamu ingin tetap berpuasa dan kondisimu memungkinkan, kamu bisa tetap melakukannya. Akan tetapi, kamu harus ekstra menjaga diri ya. Sebab jika tidak, hal ini bisa membahayakan kondisimu dan janinmu.

Nah, berikut ini Beautynesia.id punya beberapa tips bagi kamu yang ingin tetap berpuasa saat hamil. Yuk intip caranya di bawah ini!

Cukupi Kebutuhan Cairan

Pastikan kamu mengonsumsi 8 gelas air sehari walau sedang berpuasa ya, Beautynesian.
Hamil/freepik.com

Pastikan kamu mengonsumsi 8 gelas air sehari walau sedang berpuasa ya, Beautynesian. Kamu dapat membaginya dengan 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka. Selain itu, hindari untuk mengonsumsi minuman dingin. Sebab, minuman dingin dapat mengurangi kinerja lambung. Kurangi pula minuman yang manis saat sahur agar tubuh tak mudah lemas.

Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Selain mencukupi kebutuhan cairan, kamu juga perlu mencukupi nutrisi pada tubuhmu. Makanlah makanan yang bergizi ketika sahur dan berbuka untuk mencukupi kebutuhan janin serta menjaga kesehatanmu saat berpuasa. Makanan-makanan yang baik untuk kamu konsumsi misalnya seperti buah, sayur, susu, daging dan keju.

Jangan Lupa Konsumsi Susu Ibu Hamil

Jika biasanya kamu mimum susu pada pagi dan malam hari, kini konsumsilah pada saat sahur dan berbuka.
Hamil/freepik.com

Jika biasanya kamu minum susu pada pagi dan malam hari, kini konsumsilah pada saat sahur dan berbuka. Hal yang satu ini enggak boleh kamu lewatkan! Sebab, mengonsumsi susu ibu hamil dapat berguna untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil.

Istirahat yang Cukup

Saat tidak berpuasa saja, ibu hamil enggak diperbolehkan untuk terlalu lelah. Jadi, pastikanlah kamu beristirahat yang cukup jika ingin puasa dengan lancar saat hamil. Jangan melakukan aktivitas berat yang menyebabkan tubuhmu kelelahan. Selain itu, hindari pula hal-hal yang bisa membuatmu tertekan dan stres ya, Beautynesian.

Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Terakhir, hindarilah mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak saat sahur maupun berbuka.
Hamil/freepik.com

Terakhir, hindarilah mengonsumsi makanan yang pedas dan berlemak saat sahur maupun berbuka. Sebab, makanan pedas dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas, serta memicu mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatanmu dan calon bayimu. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang mengandung serat dan karbohidrat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id