sign up SIGN UP

LIFE

Tips Agar Payudara Kembali Kencang Setelah Menyusui

Rumaysha Milhania | Minggu, 25 Apr 2021 23:00 WIB
Tips Agar Payudara Kembali Kencang Setelah Menyusui
caption

Sebagai seorang wanita, tubuh kamu mampu melakukan hal-hal yang luar biasa, termasuk menjadi media tumbuh kembang dan menutrisi kehidupan baru. Perlu diakui, menjalani kehamilan dan masa menyusui dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional seseorang. Ini juga membuat si kecil tumbuh menjadi bayi yang sehat.

Namun, seiring waktu, hal itu cenderung berdampak pada tubuhmu. Bentuk dan ukuran payudara akan berubah sebelum dan sesudah menyusui.

Untuk mempersiapkan masa menyusui, jaringan payudara dan kelenjar penghasil susu membesar dan menjadi lebih berisi. Setelah kamu selesai menyusui, mereka menyusut kembali ke ukuran sebelumnya.
Payudara Setelah Menyusui/ Sumber: Freepik.com

Untuk mempersiapkan masa menyusui, jaringan payudara dan kelenjar penghasil susu membesar dan menjadi lebih berisi. Setelah kamu selesai menyusui, mereka menyusut kembali ke ukuran sebelumnya.

Jangan heran jika kamu kemudian mungkin memperhatikan bahwa payudaramu menjadi lebih lembut dan kurang penuh daripada saat kamu menyusui, sehingga menghasilkan penampilan yang terkulai.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga bentuk payudara tetap indah setelah menyusui.

1. Kenakan bra yang mendukung

Pastikan payudara kamu tetap tersangga dengan baik melalui perubahan kehamilan yang tak terhindarkan dengan memilih ukuran bra yang tepat. Mengenakan bra yang tidak pas, terutama saat kamu aktif secara fisik, dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Ingat juga untuk melepas bra sebelum tidur, karena penggunaan payudara saat tidur dapat menghambat sirkulasi darah.

2. Olahraga secara teratur

Kelenjar payudara, sel lemak, dan ligamen mungkin tidak akan mendapat manfaat dari latihan ini, tetapi otot di bawah payudara yang disebut sebagai pectorals dapat melakukannya. Mengencangkan pektoralis mayor dan minor akan membuat payudara kamu tampak lebih terangkat. Pertimbangkan untuk menambahkan latihan push-up, chest press, dan latihan beban ke dalam rutinitas harianmu.

Kelenjar payudara, sel lemak, dan ligamen mungkin tidak akan mendapat manfaat dari latihan ini, tetapi otot di bawah payudara yang disebut sebagai pectorals dapat melakukannya.
Manfaat Push-Up/ Sumber: Freepik.com

3. Melembabkan dan eksfoliasi kulit

Lembapkan kulit setiap hari, dengan fokus pada area dada perlu dilakukan untuk menjaga kekencangan dan hidrasi pada kulit. Pilih cream herbal dengan ekstrak alami yang merawat kulit kencang dan tampak awet muda.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan lulur atau loofah untuk mengelupas payudara dengan lembut saat mandi setiap hari. Pengangkatan sel mati meningkatkan sirkulasi darah dan mengembalikan elastisitas.

4. Latih postur tubuh yang baik

Bahu bungkuk dan postur tubuh yang buruk sama dengan payudara yang tidak ditopang. Jika kamu tidak memperhatikan postur, ini hanya akan menambah penampilan kendor pada payudaramu. Jaga bahu kamu ke belakang dan tulang belakang lurus dengan sebaik mungkin.

5. Kurangi konsumsi lemak hewani

Menghindari asupan lemak hewani harus dilakukan untuk mengatasi kehadiran lemak-lemak setelah hamil dan menyusui yang tidak diinginkan. Sebagai gantinya, makan makanan seimbang yang kaya biji-bijian dan sayuran. Ganti kolesterol tinggi, lemak hewani jenuh dengan minyak zaitun, vitamin B, dan vitamin E yang memerangi keriput serta meningkatkan warna dan elastisitas kulit.

Menghindari asupan lemak hewani harus dilakukan untuk mengatasi kehadiran lemak-lemak setelah hamil dan menyusui yang tidak diinginkan. Sebagai gantinya, makan makanan seimbang yang kaya biji-bijian dan sayuran.
Lemak Sehat/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga payudaramu memiliki bentuk yang tetap indah meskipun setelah melahirkan dan menyusui.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id