sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Hanya Fisik, Namun Kesehatan Mental Juga Penting untuk Kita Jaga!

Marly Azwar | Rabu, 14 Oct 2020 18:00 WIB
Tidak Hanya Fisik, Namun Kesehatan Mental Juga Penting untuk Kita Jaga!
caption
Jakarta -

Penyebaran virus Covid-19 di dunia membuat masyarakat menjadi was-was terhadap kegiatan yang akan mereka lakukan. Masyarakat menjadi lebih sadar dalam menjaga kebersihan seperti mencuci tangan, tidak lupa untuk menjaga jarak serta menggunakan masker saat berpergian.

Masyarakat juga dihimbau untuk tinggal dan melakukan semua kegiatan, seperti bekerja, belajar dan beribadah di rumah saja. Mungkin untuk sebagian masyarakat, mampu untuk tinggal dan melakukan semua kegiatannya di rumah. Akan tetapi, bagi seseorang yang tidak biasa berdiam diri, atau hanya berada di lingkungan yang itu-itu saja, akan membuat kesehatan mentalnya terganggu. Hal ini dikarenakan perubahan kegiatan yang sangat drastis dengan jangka waktu yang cukup lama. 

Tidak hanya kesehatan fisik yang harus kita jaga, namun kesehatan mental juga penting loh! Sebelum masuk ke bagaimana kamu menjaga kesehatan mental di masa pandemi, kamu sudah tahu belum kesehatan mental itu apa?


Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan di komunitasnya. 

Kesehatan mental juga sangat penting bagi kemampuan kolektif dan individu sebagai manusia untuk berpikir, emosi, berinteraksi satu sama lain, mencari nafkah dan menikmati hidup. 

Dilansir dari situs UNICEF, kamu dapat melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi. 

Mengenali Bahwa Kecemasan yang Kamu Alami Adalah Normal

Perempuan yang terlihat cemas.
anxiety/unsplash.com

Jika penutupan sekolah dan berita yang ada membuat kamu cemas, kamu bukan satu-satunya. Sebenarnya, begitulah seharusnya perasaan kamu. Walaupun perasaan cemas yang kamu alami mengenai virus corona adalah hal yang normal, pastikan kamu mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, seperti UNICEF dan WHO. Kamu juga harus menyaring informasi-informasi yang kamu dapatkan, dari sumber yang kurang terpercaya. 

Cari Sebuah Pengalihan

Terdapat dua anak laki-laki sedang mengerjakan pekerjaan rumah.
homework/unsplash.com

Dr. Lisa Damour seorang ahli psikologis, menyarankan untuk mengerjakan tugas rumah, menonton film favorit atau membaca buku sebagai pengalihan untuk memudahkan diri sendiri dan menemukan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari.

Mencari Cara Baru Untuk Terhubung dengan Teman

account tiktok
tiktok/unsplash.com

Media sosial merupakan media yang baik untuk terhubung dengan teman, misalnya mengikuti tantangan di TikTok atau menonton film bersama melalui sebuah aplikasi. Akan tetapi, tidak baik juga jika sudah mengakses media sosial secara terus menerus tanpa batas. Hal itu dapat memicu dan memperkuat kecemasan yang ada. Kamu disarankan untuk membuat jadwal dalam menggunakan media sosial.

Fokus pada Diri Sendiri

seorang perempuan sedang membaca buku dan minum kopi
reading a book/unsplash.com

Jika kamu menginginkan untuk mempelajari hal baru, mulai membaca buku yang baru, atau ingin meluangkan waktu untuk memainkan sebuah alat musik? Sekarang waktu nya untuk mencoba dan melakukan hal tersebut. Dengan melakukan hal itu, kamu dapat menemukan kemampuan yang kamu tidak ketahui dan mengembangkannya. 

Terhubung dengan Perasaan Kamu

teman yang sedang bergandeng tangan
holding hands/unsplash.com

Cara terbaik untuk menghadapi sebuah perasaan, seperti kekecewaan, kesedihan, atau kesenangan dengan cara membiarkan diri kamu untuk merasakannya. Karena, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam memproses perasaan yang dimiliki. Ada yang mendatangi temannya untuk bercerita tentang apa yang dirasakan. Ada juga yang menceritakan perasaannya pada keluarga. Satu hal yang penting, lakukan apa yang menurutmu benar dan berguna. 

Bersikap Baik pada Diri Sendiri dan Orang Lain

motivation words
be kind/unsplash.com

Beberapa remaja mengalami kekerasan dan intimidasi karena virus corona. Jika kamu melihat hal ini terjadi pada teman kamu, tawarkan mereka dukungan. Dengan tidak melakukan apapun dalam situasi tersebut, akan membuat temanmu merasa semua orang melawannya atau tidak ada yang peduli. 

Jangan lupa, sekarang atau kapan pun itu, kamu harus memastikan bahwa hal-hal yang akan kamu ucapkan, bagikan, dan lakukan tidak menyakiti orang lain. Ingat, perkataan dan perilaku kamu dapat membuat perubahan dalam hidup seseorang. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id