sign up SIGN UP

LIFE

Tifanny SNSD Sukses Jalani Diet Vegan, Apa Rahasianya?

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 10 Sep 2020 15:00 WIB
Tifanny SNSD Sukses Jalani Diet Vegan, Apa Rahasianya?
caption

Salah satu member girl band kenamaan Korea ‘SNSD’ yaitu Tiffanny diketahui tengah menjalani diet vegan. Tidak mengherankan jika kini bobot tubuhnya terlihat langsing dan menjadi idaman semua wanita.

Dirinya yang saat ini menetap di Amerika tetap konsisten menjalankan diet tersebut. Lantas, apa sih manfaat diet vegan itu dan bagaimana cara melakukannya? Simak selengkapnya di bawah ini.  

Diet Vegan ala Tiffany SNSD

Tiffanni mengungkapkan kalau dirinya tengah menjalani diet vegan dalam sebuah acara Yuri’s Table belum lama ini
tiffanni/instagram.com/tiffanyyoungofficial

Sebagai seorang idol k-pop, menjaga penampilan adalah suatu keharusan. Untuk itulah, bukan rahasia lagi jika banyak dari mereka yang akhirnya memutuskan menjalani diet ketat. Nah, dari sekian banyak idol k-pop yang menjalani diet, Tiffany SNSD merupakan salah satu di antaranya.


Member berparas cantik ini mengungkapkan jika dirinya menjalani diet vegan dengan menjadi seorang vegetarian. Hal tersebut diketahui dari ungkapan langsung Tiffanny dalam sebuah acara Yuri’s Table belum lama ini. Ternyata Tiffanny menjalankan diet vegetarian ini sebanyak lima kali dalam seminggu.

Perubahan yang Dirasakan Tiffany SNSD

Diet vegan mampu mengubah suasana hati seorang Tiffanni SNSD
Tiffanni/instagram.com/tiffanyyoungofficial

Tiffanni sendiri menyadari bahwa salah satu manfaat terbesar yang ia rasakan saat menjalani diet vegan ini adalah perbaikan suasana hati. Ia mengungkapkan bahwa setiap makanan yang dimakan bisa mempengaruhi suasana hati.

Bahkan saat memutuskan untuk makan sebanyak satu kali sehari ia merasa lebih sehat dan dapat menghargai lingkungan alam sekitarnya. Manfaat ini bisa dirasakan dengan mengkonsumsi makanan seperti sayur, buah, polong-polongan, biji-bijian, kacang-kacangan dan sumber nabati lainnya.

Manfaat Diet Vegan

Melaui diet vegan, Tiffanni merasa kesehatannya lebih meningkat
Tiffanni/instagram.com/tiffanyyoungofficial

Diet vegan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Menurunkan berat badan; sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa mereka yang melakukan diet vegan mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah serta lebih langsing jika dibandingkan dengan pelaku diet jenis lainnya. Tidak hanya itu, keberhasilan diet vegan dalam menurunkan berat badan juga lebih tinggi dibandingkan jenis diet lain. Hal ini dikarenakan jumlah asupan kalori yang dikonsumsi saat menerapkan diet vegan ini lebih sedikit.
  • Mengontrol gula darah; menjalankan diet vegan akan membantu menjaga gula darah agar tetap normal. Untuk itu lah, para penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat dari diet vegan ini. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa pelaku diet vegan bisa meningkatkan kerja insulin sehingga dapat menekan risiko diabetes hingga 78%.
  • Menyehatkan jantung; sebagai organ vital tubuh, jantung perlu dijaga dengan asupan yang tepat. Penelitian telah menemukan bahwa para pelaku diet vegan mempunyai risiko darah tinggi 75% lebih rendah dan risiko menderita penyakit jantung 42% lebih rendah.
  • Menurunkan risiko kanker usus besar; diet vegan memungkinkan seseorang untuk mengkonsumsi lebih banyak serat sehingga dapat melindungi usus. Diet vegan dengan memasukkan buah dan sayur tinggi serat akan melindungi dari risiko kanker usus besar.

Cara Diet Vegan

cara diet vegan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dari sumber nabati
diet vegan/freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa diet vegan ini merupakan pola makan yang meminimalkan asupan hewani. Untuk itu, ada beberapa cara tersendiri yang harus diperhatikan. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan diet vegan.

  • Konsumsi lebih banyak sayuran; ini dilakukan untuk menekan asupan kalori yang akan masuk ke dalam tubuh. Setidaknya jumlah sayuran yang ada di piring makan kamu adalah 50%.
  • Konsumsi sumber protein nabati; sejatinya, protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun pada umumnya protein berasal dari hewani, para pelaku diet vegan tetap bisa menggantinya dengan sumber protein nabati seperti kedelai, tempe, chia seed, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.
  • Perhatikan asupan lemak dengan baik; pada produk nabati, asupan lemak omega 6 biasanya akan lebih banyak jika dibandingkan omega 3. Padahal seharusnya perbandingan omega 3 dan omega 6 adalah 3:1. Untuk mengimbangi hal tersebut, pelaku diet vegan bisa menambahkan asupan chia seeds ataupun flax seeds untuk mengimbangi asupan omega 6.
  • Hindarilah makanan buatan; sebaiknya, hindarilah makanan buatan meskipun dalam konsepnya mereka baik untuk tubuh. Beberapa produk buatan mempunyai risiko keluhan digestif dan alergi.
  • Konsumsi suplemen; perlu digarisbawahi bahwa mengkonsumsi asupan nabati tidak semerta-merta dapat menggantikan asupan hewani untuk itu, pelaku diet vegan membutuhkan suplemen tambahan agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya saja seperti suplemen untuk menambah zat bersi, vitamin B12, kalsium dan juga zink.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id