sign up SIGN UP

LIFE

Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Serta Meningkatkan Kualitas Tidur

Marly Azwar | Minggu, 18 Oct 2020 21:00 WIB
Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Serta Meningkatkan Kualitas Tidur
sleeping/unsplash.com/Pola tidur yang kurang sehat, dapat menghambat kegiatan kamu keesokan hari nya. Simak tips-tips berikut ini!
Jakarta -

Memiliki pola tidur yang sehat, merupakan impian semua orang. Bangun tanpa rasa lelah dan mengantuk di pagi hari, tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut. Waktu tidur yang berantakan dapat mengganggu produktivitas kamu keesokan harinya dan tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal. 

Jika kamu tidur terlalu larut di malam hari dan keesokan harinya kamu tidur siang sebagai gantinya, itu merupakan salah satu contoh perubahan pola tidur yang terjadi. Dengan melakukannya setiap hari, badan dan otak kamu akan terbiasa dengan pola tidur yang kurang baik. Pola tidur yang tidak teratur dapat disebabkan oleh faktor usia dan rutinitas yang kamu jalankan. 

Pada umumnya, seseorang diharuskan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam dalam sehari. Tidak hanya kuantitas saja yang penting, namun kualitas tidur juga harus diperhatikan. Berikut ada tips-tips untuk memperbaiki jam tidur kamu yang berantakan sekaligus meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik!



Bangun Rutinitas

Rutinitas yang baik dan biasa kita jalankan akan menjadi sebuah habit.
routine/unsplash.com

Jika kamu sedang berusaha untuk memperbaiki jam tidur yang berantakan, cobalah bangun sebuah rutinitas sampai rutinitas yang sedang kamu jalankan menjadi sebuah kebiasaan atau habit. Untuk membangun sebuah rutinitas, memang tidak sebentar. Kamu harus sabar dan konsisten dalam menjalankannya.

Tidur dengan Lampu yang Redup atau Dimatikan

Lampu yang redup atau dimatikan ketika tidur, akan membantu kamu tidur lebih cepat.
dark bedroom/unsplash.com

Tubuh dan otak kita akan terpengaruh dari paparan sinar yang kita terima saat ingin tidur. Jika ingin memperbaiki jam tidur serta tidur lebih cepat, cobalah untuk mengurangi paparan sinar yang berasal dari lampu di sekitar kamu. Sebaliknya, jika kamu ingin bangun lebih pagi, buatlah kamar tidur kamu terpapar dengan banyak sinar baik dari lampu maupun sinar matahari. 

Hindari Bermain Gadget Ketika Hendak Tidur

Paparan sinar dari gadget yang kamu gunakan sebelum tidur, dapat mengganggu kualitas tidur kamu.
laptop/unsplash.com

Paparan cahaya dari monitor handphone, tablet, ataupun laptop mempengaruhi jam tidur kamu. Karena secara tidak sadar, kamu akan terus menerus bermain gadget hingga lupa waktu yang membuat kamu tidur larut malam. 

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur yang kamu punya.
home exercise/unsplash.com

Dengan berolahraga secara teratur, kamu dapat tidur lebih cepat serta meningkatkan kualitas tidur. Sebaiknya, kamu berolahraga di pagi hari. Jika kamu ingin berolahraga pada malam hari, usahakan untuk melakukannya 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur kamu. 

Jangan Tidur Siang, Walaupun Merasa Lelah

Hindari tidur siang walaupun kamu merasa lelah agar saat di malam hari, tidak terganggu waktu tidurnya.
napping/unsplash.com

Menggunakan waktu kosong kamu atau sekadar beristirahat saja pada siang hari untuk tidur, akan mengganggu dan mengubah pola tidur kamu di malam hari. Disarankan untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ketika sudah mulai merasa ingin tidur siang. 

Jangan Makan Terlalu Malam

Hindari makanan yang berlemak di malam hari. Dan berikan rentang waktu 2-3 jam sebelum tidur agar mudah untuk dicerna.
dinner/unsplash.com

Disarankan untuk makan malam 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur kamu. Dengan memberikan jarak waktu antara makan dan tidur, membuat tubuh kamu akan mencerna makanan yang masuk dengan baik. Makanan yang kamu konsumsi juga penting, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak karena lemak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna. 

Pola tidur kamu sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor eksternal seperti rutinitas yang kamu biasa lakukan. Untungnya, dengan membangun serta membiasakan diri dalam suatu rutinitas yang baik dapat memperbaiki pola tidur kamu. 

Sebelum kamu tidur, hindari mengkonsumsi makanan yang berat, kurangi bermain gadget dan pastikan keadaan di sekitar membuat kamu nyaman untuk tidur. Di siang hari, usahakan untuk tetap aktif melakukan suatu kegiatan seperti berolahraga, dan juga hindari untuk tidur siang. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id