sign up SIGN UP

LIFE

UPDATE! Ini 12 Orang yang Tak Boleh Divaksin Covid-19, Cek Kamu Termasuk atau Tidak

Dian Aprilia | Rabu, 24 Feb 2021 09:30 WIB
UPDATE! Ini 12 Orang yang Tak Boleh Divaksin Covid-19, Cek Kamu Termasuk atau Tidak
Ilustrasi penerima vaksin/ foto: pexels.com
Jakarta -

Pemberian vaksin pada masyarakat Indonesia berjalan cukup lancar. Dikutip dari detik.com, per 20 Februari 2021, sebanyak 1.224.091 tenaga kesehatan sudah divaksin Covid-19 untuk dosis pertama. Sementara itu, dosis vaksin kedua sudah diberikan pada 732.634 orang.

Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksin untuk 38.513.446 orang pada Mei 2021 mendatang. Pemerintah baru saja mengumumkan ada perubahan terkait daftar orang yang tidak bisa divaksin Covid-19.  

12 Orang yang Tak Boleh Divaksin Covid-19 

Ibu hamil
Ibu hamil/pexels.com

Dikutip dari covid-1.go.id, tepatnya pada Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 Tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, berikut beberapa kondisi yang membuat seseorang tak bisa divaksin Covid-19:

  1. Ibu hamil
  2. Penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan
  3. Orang dengan tekanan darah 180/110 atau lebih
  4. Ada anggota keluarga yang kontak erat/suspek/terkonfirmasi sedang dirawat karena Covid-19
  5. Orang yang mengikuti terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
  6. Penderita gejala ISPA, seperti batuk/pilek/sesak napas dalam 7 hari terakhir
  7. Penderita Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, vaskulitis) akut
  8. Penderita Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis akut
  9. Penderita penyakit saluran pencernaan kronis
  10. Penderita penyakit hiperteroid atau hiperteroid karena autoimun
  11. Penderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui
  12. Penderita alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi kedua)
Covid-19
Covid-19/pexels.com

Selain daftar orang yang tidak bisa divaksin Covid-19, ada pula daftar orang yang perlu ditunda pemberian vaksinnya. Kondisi yang mengharuskan penundaan vaksin Covid-19 adalah jika suhu tubuh calon penerima vaksin mencapai 37,5 derajat celcius ke atas dan memiliki penyakit paru-paru seperti asma, PPOK dan juga TBC.

Penundaan dilakukan sampai pasien sembuh dan membaik, serta dipastikan tidak mengalami Covid-19.

Persiapan Sebelum Mendapat Vaksin Covid-19

Pakai masker
Pakai masker/pexels.com

Sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan untuk penerima vaksin. Namun sebelum suntik diharapkan masyarakat melakukan beberapa hal yang diungkap oleh Ketua Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19, Prof Dr Kusnandi Rusmil, dr, SpA(K), MM.

Dikutip dari kesehatan.kontan.co.id, beliau mengungkapkan bahwa kondisi bugar, tidur cukup, tidak kelelahan adalah kondisi yang membuat proses penerimaan vaksin bisa berjalan dengan lancar.

"Kondisi lagi bagus, dipersiapkan tidur cukup, sehingga kalau menerima (vaksin) nanti enak. Jangan terlalu capek, jadi badan kita fit," ungkapnya dalam konferensi pers yang diadakan beberapa waktu lalu.

Semoga pemberian vaksin yang sedang berjalan ini bisa menjadi angin segar di tengah bencana pandemi yang tidak kunjung usai. Dan semoga pandemi Covid-19 di dunia, khususnya Indonesia bisa segera berakhir.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id