sign up SIGN UP

Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Luar Biasa Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pavita Sevilla | Jumat, 04 Jun 2021 23:00 WIB
Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Luar Biasa Daun Mint untuk Kesehatan dan Kecantikan
caption
Jakarta -

Pastinya semua orang sudah tidak asing lagi dengan daun mint ini, kan? Daun mint menjadi salah satu tanaman herbal favorit berkat wangi dan sensasinya yang menyegarkan. Namun, tak hanya itu, daun mint juga ternyata memiliki segudang manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Penasaran apa saja manfaat daun mint? Berikut di bawah ini adalah 7 manfaat daun mint bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Merawat kesehatan gigi dan mulut/pexels.com
Merawat kesehatan gigi dan mulut/pexels.com

Daun mint seringkali ditemukan pada pasta gigi atau obat kumur. Selain memberikan sensasi menyegarkan, daun mint juga memiliki kandungan antibakteri, sehingga ampuh untuk membersihkan bakteri yang menempel di gigi dan mulut, serta menghilangkan bau mulut.

2. Membantu Proses Diet

Infused water membantu proses diet/pexels.com
Infused water membantu proses diet/pexels.com

Daun mint memiliki tingkat kalori yang rendah. Selain itu, daun mint juga merupakan tanaman herbal yang kaya akan serat. Oleh karena itu, daun mint cocok dikonsumsi sebagai minuman untuk orang-orang yang sedang melakukan diet, karena dapat memenuhi kecukupan nutrisi dalam tubuh tanpa membuat berat badan bertambah.

Kamu bisa mencobanya dengan membuat teh daun mint atau membuat infused water dengan campuran lemon dan daun mint.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan/freepik.com
Melancarkan sistem pencernaan/freepik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengkonsumsi daun mint yang kaya akan serat ini dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Selain teh daun mint, minyak dari daun mint juga dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan karena mengandung menthol yang dapat memberi efek relaksasi untuk otot saluran pencernaan.

4. Mengandung Antioksidan Tinggi

Mengandung antioksidan tinggi sebagai anti-aging/freepik.com
Mengandung antioksidan tinggi sebagai anti-aging/freepik.com

Daun mint mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu untuk mencegah atau mengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti penyakit kanker misalnya.

Ditambah lagi, dengan antioksidannya yang tinggi, daun mint juga dapat digunakan untuk bahan skincare yang berfungsi sebagai anti-aging. Daun mint dapat menunda tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus, atau noda hitam di wajah.

5. Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat

Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat/freepik.com
Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat/freepik.com

Selain mengandung antibakteri, daun mint juga mengandung asam salisilat atau yang biasa kita kenal dengan salycylic acid. Kandungan antibakterinya dapat membatu mengobati permasalahan jerawat.

Selain membantu pergantian sel kulit di wajah, kandungan salicylic acid dalam daun mint juga dapat mencegah munculnya jerawat atau membantu meredakan jerawat sekaligus mengurangi sebum berlebih. Cocok banget untuk kamu yang memiliki tipe kulit oily acne prone!

6. Menangkal Komedo

Daun mint dapat menghilangkan komedo/medicalnewstoday.com
Daun mint dapat menghilangkan komedo/medicalnewstoday.com

Komedo terbentuk dari minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Daun mint dapat membersihkan wajah secara mendalam dan mengurangi sebum berlebih. Karena itulah, pemakaian skincare dengan daun mint yang rutin dapat bermanfaat untuk menghilangkan komedo.

7. Membuat Rambut Sehat dan Bebas Ketombe

Rambut sehat dan bebas ketombe/freepik.com
Rambut sehat dan bebas ketombe/freepik.com

Daun mint mengandung vitamin A yang dapat mencegah rambut dari kerontokan dan juga membuat kulit kepala menjadi lembap sehingga rambut tidak mudah kering dan rusak. Kandungan menthol dan antiseptik yang ada dalam daun mint juga dapat membuat kulit kepala menjadi lebih segar sekaligus membasmi ketombe.

Untuk penggunaannya kamu bisa gunakan daun mint yang sudah dihaluskan untuk dijadikan masker rambut. Alternatif lain yang sangat mudah yaitu memakai produk-produk hair care yang mengandung bahan daun mint.

Nah, itu dia beberapa manfaat daun mint yang bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id