sign up SIGN UP

LIFE

Waspadai, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Sebabkan Kanker Lho, Ladies

Anisalestari | Rabu, 09 Sep 2020 23:00 WIB
Waspadai, Kebiasaan Sepele Ini Bisa Sebabkan Kanker Lho, Ladies
caption

Kanker adalah penyakit yang paling banyak ditakuti karena menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Banyak orang berusaha menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari kanker.

Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga. Namun, ada beberapa kebiasaan sepele, yang mungkin tidak terlalu kamu pikirkan, ternyata dapat memicu kanker, lho.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!


Meletakkan Ponsel di Dekat Kepala Saat Tidur

Frekuensi yang berasal dari ponsel sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh
Meletakkan Ponsel Dekat Kepala Saat Tidur/ Foto: Freepik.com

 

Saat ini, ponsel memang rasanya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Tak hanya sebagai alat komunikasi, ponsel juga berfungsi sebagai alat melakukan berbagai pekerjaan. Fungsinya yang beragam membuat ponsel dibawa kemana saja, termasuk saat tidur.

Tidur dengan posisi ponsel di dekat kepala itu sama sekali tidak baik, Ladies. Kebiasaan ini bisa menyebabkan penyakit kanker, lho.

Ini karena ponsel mengeluarkan frekuensi radio saat mengirim dan menerima sinyal. Hal tersebut dapat merusak kesehatan manusia. Meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur berisiko menyebabkan kanker otak. 

Tidur dengan Televisi Menyala 

Tidur dengan tv menyala memang sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan
Tidur dengan TV Menyala/ Foto: Freepik.com

Kebanyakan orang yang sulit tidur sengaja menyalakan televisi agar dapat terlelap. Namun, sebenarnya kebiasaan ini bisa juga menyebabkan kamu mengalami kanker, Ladies.

Kenapa? Karena cahaya buatan yang berasal dari televisi dapat mengacaukan melatonin, yaitu hormon yang membuat seseorang tertidur. Cahaya buatan ini berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat. 

Terlalu Lama Duduk 

Terlalu lama duduk juga menjadi kebiasaan penyebab kanker
Terlalu Lama Duduk/ Foto: Freepik.com

Para pekerja kantoran setidaknya akan menghabiskan waktu delapan jam sehari untuk duduk. Apabila kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, ini juga dapat memicu berbagai penyakit kanker, seperti kanker endometrium, kanker kolorektal, dan kanker payudara.

Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik yang membuat antioksidan tidak dapat bekerja secara maksimal. Ini membuat radikal bebas menumpuk di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, usahakan untuk bergerak sebanyak mungkin, ya. Misalnya dengan melakukan peregangan selama beberapa menit saat bekerja. Aktivitas fisik ini dapat menyeimbangkan hormon sehat dan tidak sehat. 

Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula 

Gula merupakan makanan yang disukai oleh sel kanker. Jadi jangan berlebihan mengonsumsinya
Berlebihan Mengonsumsi Gula/ Foto: Freepik.com

Kebiasaan penyebab kanker selanjutnya ialah sering mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula. Gula menjadi makanan favorit sel kanker, lho. Itulah sebabnya mengonsumsi gula secara berlebihan membuat sel kanker akan berkembang dengan sangat pesat. 

Laundry Pakaian 

Ternyata sabun yang sering digunakan untuk laundry merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker
Laundry Pakaian/ Foto: Freepik.com

Menggunakan jasa laundry pakaian memang dapat menghemat tenaga dan waktu. Namun, ternyata kebiasaan ini juga dapat memicu kanker, lho.

Pasalnya, beberapa label sabun yang digunakan ditempat laundry mengandung zat kimia berbahaya yang dapat memicu kanker, Ladies. Jadi kalau bisa, lebih baik kamu usahakan untuk mencuci baju sendiri, ya.

Begadang 

Begadang menjadi kebiasaan penyebab kanker
Begadang/ Foto: Freepik.com

Terakhir, kebiasaan begadang juga bisa memicu kanker. Banyak alasan untuk begadang, seperti tuntutan pekerjaan, hanya untuk menghabiskan waktu bermain games, bermain musik, hingga nongkrong bersama teman-teman. Kebiasaan ini harus kamu hentikan karena dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker.

Perlu kamu ketahui, hormon melatonin yang diproduksi otak untuk tidur terbukti dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Jadi, saat tubuh kurang tidur, risiko terkena kanker pun semakin besar.

Yuk, jadi lebih peka terhadap kesehatan!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id