sign up SIGN UP

INFLUENCER

Cerita Alpha Makeup, Alami Makeup Shaming Hingga Disuruh Jadi Transgender

Esra Dopita | Jumat, 06 Mar 2020 03:15 WIB
Cerita Alpha Makeup, Alami Makeup Shaming Hingga Disuruh Jadi Transgender
caption
Alpha Makeup tak memungkiri dirinya kerap mendapat makeup shaming lantaran kesukaan dan pilihannya yang sangat berbeda dengan laki-laki pada umumnya.

Makeup shaming atau perundungan riasan wajah adalah bentuk cemooh, ejekan, bahkan hinaan terhadap seseorang lantaran gaya makeup yang digunakannya. Sama dengan body shaming, makeup shamming dapat mengikis kepercayaan diri korban, bahkan menimbulkan dampak buruk terhadap psikologisnya. 

Biasanya yang mengalami makeup shaming adalah kaum hawa lantaran kerap memakai makeup. Namun, seiring berjalannya waktu dan keterbukaan, banyak pria yang menggunakan makeup dan mereka tak kalah bagus dari wanita. Bahkan, ada pula yang berprofesi makeup artist (MUA) atau menjadi beauty vlogger. 


Foto: Istimewa

Lantaran kerap menggunakan makeup ini, pria kini juga menjadi sasaran makeup shaming. Salah satunya, Andreas Lukita atau yang dikenal dengan nama Alpha Makeup. Beauty vlogger androgini ini sering kali menjadi sasaran makeup shaming para netizen

Alpha menuturkan, makeup shaming masih ia terima sampai hari ini dirinya berprofesi sebagai MUA maupun beauty vlogger. Tak hanya netizen, makeup shaming juga kerap diterima pria yang sudah terjun ke dunia makeup sejak 2015 ini dari orang-orang terdekat.


Foto: https://www.instagram.com/andreaslukita_/

Alpha tak memungkiri hal ini ia dapat tak lain karena kesukaan dan pilihannya yang sangat berbeda dengan laki-laki pada umumnya. Padahal, menurut Alpha, pria suka makeup itu bukan hal yang salah. Sebab, setiap orang berhak suka dengan apapun dan menjadi dirinya sendiri. 

"Ketika orang lihat sesuatu yang beda dari yang 'normal', orang tuh prosesnya langsung enggak bagus. Langsung bilang ini ada yang salah," kata Alpha di sela-sela peluncuran produk makeup terbaru Silky Girl di Jakarta. 

Baca Juga: Makeup Bullying Jadi Pesan di Balik Peluncuran Produk Terbaru Silky Girl



Foto: https://www.instagram.com/andreaslukita_/

Alpha mengatakan ada banyak bentuk makeup shaming yang dialaminya. Parahnya, ia sampai pernah dibacakan ayat kursi serta disuruh untuk operasi kelamin atau menjadi transgender. "Ini laki-laki, tapi kok pakai makeup. Perempuan tapi kok brewokan. Mending lu sekalian transgender saja deh," ucap Alpha menirukan makeup shaming yang diterimanya. 

Meski demikian, selebgram Indonesia ini tak mau ambil pusing dengan hinaan tersebut. Ia sudah kebal dan biasa mendengarnya. Apalagi, menurut Alpha, sebetulnya tujuan makeup itu bukan untuk perempuan atau membuat cantik perempuan. Namun, menampilkan versi terbaik dari diri seseorang, sehingga lebih percaya diri. 


Foto: https://www.instagram.com/andreaslukita_/

Contohnya, kata Alpha, ada seseorang yang terlahir dengan pigmen gelap di bawah mata. Meski dia sudah cukup tidur, tetap saja pigmen itu akan ada. Nah, ketika orang itu tidak percaya diri atau ingin menutupinya, ia bisa mengaplikasikan makeup. "Jadi, makeup itu sifat general. Ingat, enggak semua orang bisa percaya diri. Namun, saat kita percaya dan cinta pada diri sendiri, ucapan buruk orang tidak bisa melukai kita," ujarnya sambil tersenyum. 

Nah, kalian jangan pernah melakukan makeup shaming kepada siapa pun ya. Sebab, segala bentuk perundungan itu enggak baik. 

Baca Juga: Cerita Rachel Goddard yang Dulu Tak Suka Pakai Makeup, Kini Jadi Beauty Vlogger


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id