sign up SIGN UP

5 Idol K-Pop Pria yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada RM dan Suga BTS

Dian Aprilia | Rabu, 13 Oct 2021 19:30 WIB
5 Idol K-Pop Pria yang Pernah Alami Gangguan Mental, Ada RM dan Suga BTS
caption
Jakarta -

Siapa sangka dibalik ketenaran, kekayaan, ketampanannya para idol K-Pop juga mengalami berbagai masalah kelam dalam hidup, yakni gangguan mental. Meski tampak tersenyum dan bahagia, ada kalanya mereka juga menghadapi berbagai tekanan, seperti tekanan dari para netizen, tuntutan untuk menjadi sempurna, dan aturan yang mengekang.  

Masalah kesehatan mental masih menjadi PR besar bagi industri hiburan Korea. Mengingat, kasus bunuh diri deretan Idol K-Pop yang terjadi di beberapa tahun silam. Tak hanya itu, hingga kini ada berbagai idol K-Pop yang mengakui alami gangguan mental. Berikut ini 5 idol K-Pop pria yang pernah alami gangguan mental.

Suga BTS

Suga BTS
Suga BTS/Soompi.com

Min Yoon Gi atau dikenal akrab sebagai Suga BTS juga pernah mengalami gangguan mental. Salah satu karyanya yang menjadi bukti pengalaman tidak mengenakkan tersebut adalah single solo berjudul The Last. Dikutip dari bustle.com bahwa The Last merupakan hasil refleksi perjalanannya sebagai remaja yang berjuang melawan kecemasan dan depresi.

Kutipan lirik dalam lagu The Last berbunyi, "Di sisi lain dari rapper idola terkenal berdiri diriku yang lemah. Ini agak berbahaya. Depresi. OCD. Mereka terus kembali lagi dari waktu ke waktu,” merupakan nyanyian rap Suga. Dalam lagu tersebut, Suga seolah menggambarkan tentang berbagai perasaan dan kejadian yang ia alami saat terkena gangguan mental.

RM BTS

RM BTS
RM BTS/Soompi.com

Pada saat merayakan hari ulang tahun ke-27, Namjoon atau dikenal akrab sebagai R BTS pernah mengadakan siaran langsung. Lalu ada fans bertanya tentang kesehatannya, jawaban RM bikin penggemarnya terkejut. “Setiap hari adalah perjuangan,” ujar RM, agar tidak kalah dengan depresi dan menyerah, dikutip dari herworld.com.

RM juga pernah membaca buku tentang kesehatan mental yang berjudul I want to Die but I Want to Eat Tteokbokki oleh Baek Se Hee. Buku tersebut berkisah tentang pengalaman penulis saat mengalami distimia atau gangguan depresi persisten yang ditulis dalam bentuk dialog antara dirinya dan psikiater.

Jae Day6

Jae Day6
Jae Day6/JYP Entertainment

Jae pernah mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya saat mengemudi dan mengalami serangan panik. Dikutip dari allure.com, sebelum insiden mobil, Jae pernah mengalami kesulitan bernapas utamanya di malam hari.

Selain itu juga pernah mengalami demam panggung dan membuat bibirnya bergetar. Ia lalu didiagnosis mengalami serangan panik oleh dokter dan meminum obat-obatan untuk saat masa perawatan. Sejak mengidap gangguan mental, Jae mulai menerima kondisinya dan menyadari tentang bahaya toxic positivity dan pentingnya kesehatan mental.

Kang Daniel Eks Wanna One

Kang Daniel
Kang Daniel/koreaboo.com

Pada Desember 2019, Kang Daniel mantan anggota grup Wanna One sempat mengambil istirahat selama 3 bulan karena alasan serangan panik dan depresi. Sebelum didiagnosis gangguan mental tersebut, Kang pernah mengungkapkan mengalami kesulitan dan berharap ada seorang yang akan menyelamatkannya.

Sempat beredar pesan dari Kang yang berbunyi “Sejak saya menjadi bagian dari sebuah kelompok, saya telah mengalami situasi yang tidak adil dan segala macam rumor ... tapi saya benar-benar sangat lelah,” seperti dikutip dari republicworld.com.

Heechul Super Junior

Heechul
Heechul/Koreaboo.com

Terakhir, Heechul dikenal sebagai sosok yang humoris dan penuh keceriaan. Namun dibalik karakternya tersebut, Ia adalah sosok yang mengalami depresi. Sejak kepergiaan Goo Ha Ra, Sulli dan Jonghyun, Heechul langsung mengubah akun instagramnya menjadi privat.

Setelah kepergian Han Kyung atau Han Geng dari Super Junior, Heechul dilaporkan mengurung diri selama 3 bulan. Kemudian, Heechul kembali dan mampu mengatasi masa sulitnya karena bantuan dan dukungan dari anggota Super Junior.

Itulah 5 idol K-Pop pria yang pernah alami gangguan mental. Meski dikelilingi kemewahan dan popularitas, namun gangguan kesehatan mental pun tetap bisa menyerang para idol tersebut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mentalmu juga ya, Beauties.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id