sign up SIGN UP

Agensi Gagal Promosi dengan Baik, 4 Grup K-Pop Ini Terpaksa Harus Hilang Popularitas!

Neysa Alicia | Selasa, 06 Apr 2021 23:00 WIB
Agensi Gagal Promosi dengan Baik, 4 Grup K-Pop Ini Terpaksa Harus Hilang Popularitas!
caption
Jakarta -

Hai Beautynesian! Menjadi seorang idola merupakan impian sebagian besar remaja tidak hanya di Korea, namun juga para penggemar musik k-pop di seluruh dunia. Untuk menjadi bagian dari sebuah grup k-pop, para anggota harus melakukan training terlebih dahulu untuk meningkatkan dan mengasah bakat menyanyi serta menari mereka. Waktu yang dibutuhkan untuk berlatih juga tidak sebentar. Butuh bertahun-tahun sampai akhirnya mereka dinyatakan bisa debut.

Bahkan, tidak ada jaminan bagi mereka bisa debut meskipun sudah menjadi trainee di sebuah agensi.

Dan ketika berhasil debut, tantangan mereka (para idol k-pop) justru lebih besar. Mereka masih harus berjuang untuk menarik para penggemar, dan bersaing kembali dengan grup lain. Menjadi populer merupakan hal yang tidak mudah. Namun ternyata, ada beberapa nama grup k-pop yang terpaksa harus kehilangan popularitas mereka karena tidak dipromosikan dengan baik oleh agensi. Padahal, nama-nama grup ini sempat populer dan memiliki banyak penggemar.

Siapa saja mereka? yuk, kita simak bersama!

1. MBLAQ

MBLAQ / foto: wikipedia
MBLAQ / foto: wikipedia

MBLAQ merupakan boy group k-pop yang debut pada tahun 2009 lalu, dibawah naungan J.Tune Camp. Buat para penggemar k-pop generasi dua, pasti tahu dengan grup yang digawangi oleh Seungho, G.O, Mir, Lee Joon, dan Thunder ini. Apalagi lagu mereka yang bertajuk Monalisa sangat sukses dipasaran. Nasib MBLAQ mulai berubah pada tahun 2014, ketika mereka hiatus karena Lee Joon dan Thunder yang memutuskan untuk keluar dari grup. Dan ketika melakukan comeback pada tahun 2015, popularitas MBLAQ sudah tidak seperti dulu lagi.

Agensi mereka pun tidak bisa mengatur promosi mereka dengan baik. Bahkan MBLAQ pernah membuat netizen miris, karena piala penghargaan mereka ditemukan di pasar loak.

2. Nine Muses

Nine Muses / foto: jpopasia.com
Nine Muses / foto: jpopasia.com

Buat penggemar internasional mungkin kurang akrab dengan nama grup ini. Namun, Nine Muses merupakan salah satu girl group populer di Korea.  Nine Muses pernah berkolaborasi dengan penyanyi terkenal Seo In Young untuk mengisi soundtrack drama populer Princess Prosecutor, sebelum mereka resmi debut di tahun 2010. Ketika debut pun mereka mendapat sambutan hangat dari masyarakat Korea.

Namun popularitas Nine Muses mulai meredup ketika satu persatu anggota memutuskan untuk keluar dari grup ketika kontrak mereka habis. Meskipun agensi sudah beberapa kali menambahkan anggota baru agar formasi tetap utuh sembilan orang, strategi promosi Nine Muses tidak ditangani dengan baik hingga akhirnya nama Nine Muses tenggelam di industri musik. 

3. B.A.P

B.A.P / foto: soompi.com
B.A.P / foto: soompi.com

Debut di tahun 2012, B.A.P menjadi salah satu grup idola populer dan memiliki banyak penggemar pada saat itu. Mereka juga mematahkan stigma boy group k-pop yang identik dengan image flower boy dengan tampilan dan lagu-lagu mereka yang lebih maskulin dan image dark. Sangking populernya, B.A.P juga sempat melakukan tur konser ke negara-negara di Amerika. Namun sayangnya agensi mereka, TS Entertainment tidak memperlakukan B.A.P dengan baik.

Tidak hanya strategi promosi yang bermasalah, kabarnya TS Entertainment juga bermasalah dalam perihal memberikan hak para anggota. Bahkan B.A.P juga sempat beberapa kali menuntut TS Entertainment sampai akhirnya mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak.

4. PRISTIN

PRISTIN / foto: pledisentertainment
PRISTIN / foto: pledisentertainment

Rookie of The Year merupakan penghargaan terbesar yang diberikan kepada grup k-pop yang baru debut. Dan PRISTIN menjadi salah satu girl group yang berhasil menyabet penghargaan tersebut pada tahun 2017 lalu. Sebagian besar anggota PRISTIN mengikuti ajang Produce 101, bahkan dua anggota mereka, Lim Nayoung dan Joo Kyulkyung berhasil debut dengan I.O.I melalui acara tersebut. Tentu saja, debut PRISTIN sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Korea dan juga penggemar internasional.

Tidak cuma cantik, para anggota PRISTIN memproduksi lagu-lagu mereka sendiri. Pledis Entertainment sebagai agensi juga melakukan promosi dengan baik di awal debut mereka. Namun sayangnya, PRISTIN dikabarkan resmi bubar pada tahun 2019, setelah setahun tidak melangsungkan comeback. Banyak yang kecewa dan menyayangkan bubarnya grup ini, karena agensi mereka yang tidak memberikan promosi dengan baik.  

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id