sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Apakah Kamu Termasuk? Ini Tanda Kamu Penggemar Kpop Angkatan Veteran!

Astari Dewi Larasati | Selasa, 08 Sep 2020 15:30 WIB
Apakah Kamu Termasuk? Ini Tanda Kamu Penggemar Kpop Angkatan Veteran!
caption
Jakarta -

Sama seperti hal lainnya, dunia Kpop mengalami perkembangan seiring zaman dan teknologi. Hal ini bisa terlihat dari perbedaan yang dialami oleh angkatan lama dan baru. Mungkin di angkatan veteran sudah tidak asing dengan nama T-ARA hingga Mblaq. Tapi bukan nama itu saja yang tidak asing, banyak hal-hal yang mereka rasakan lebih dulu dibandingkan penggemar baru.

Penggemar saat ini pasti sudah tidak asing dengan aplikasi LYSN hingga streaming langsung. Kenyamanan akses dan komunikasi adalah hak istimewa yang tidak bisa dirasakan oleh penggemar dari tahun 2000-an. Berikut tanda-tanda bahwa kamu adalah penggemar Kpop angkatan veteran.


UFO Town

Sebelum ada media sosial dan aplikasi Dear U Bubble, dulu ada UFO Town.
UFO Town/dispatch.co.kr

Dulu belum ada media sosial dan aplikasi Dear U Bubble, dimana idol Kpop bisa chat dengan penggemar. Namun ada UFO Town yaitu layanan pesan teks dimana penggemar dapat mengirim pesan dan mungkin menerima balasan melalui komunitas online. Pesan akan diunggah ke komunitas jika balasan diterima. Shinee dan SNSD adalah idol Kpop paling aktif yang memakai layanan ini.

Memakai balon sebagai lightsticks

Sebelum ada lighsttick, dulu ada balon sesuai dengan warna tiap grupnya.
Balon sebagai lightstick/kpopplus.com

Mungkin tidak heran melihat penggemar saat ini membawa lightstick sesuai grup yang disukainya tiap konser. Selain itu, mempunyai bentuk dan warna berbeda sehingga banyak yang berminat membelinya. Namun, saat dulu belum ada lightstick resmi, penggemar akan membawa balon untuk melambai-lambai saat idolnya tampil. Hal ini muncul karena terinspirasi dari lagu TVXQ berjudul ‘Balloons’. Meskipun tidak secerah lighstick, namun tidak perlu pakai baterai.

Shindong’s shimshimtapa

[Gambas:Youtube]



Acara siaran radio yang dibawakan oleh Shindong Super Junior ini mungkin tidak asing oleh penggemar di akhir tahun 2000an hingga awal 2010an. Semua idol Kpop wajib dating ke sini sebagai bintang tamu. Namun penggemar internasional akan mengunduh aplikasi SBS Gorealra yang tersedia hanya di iTunes Korea. Hal ini membuat mereka harus ada ID Apple hanya untuk mengunduh aplikasinya. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk streaming serta posting pesan secara langsung.

Shinee’s Hello Baby

[Gambas:Youtube]



Penggemar dulu sangat suka menonton acara variety show berjudul Hello Baby. Acara ini sangat terkenal saat Shinee menghadirinya bersama seorang anak bernama Yoogeun yang kala itu berusia empat tahun. Mereka bertugas menjaga dan mengasuh Yoogeun tanpa bantuan orangtua. Selain Shinee, idol Kpop yang pernah hadir dalam acara ini adalah SNSD dan MBLAQ.

Lagu Cabi

[Gambas:Youtube]



Di tahun 2010, SNSD dan 2PM adalah grup yang sedang berada di puncak popularitas. Bahkan tidak ada yang tidak mengenal mereka di Korea Selatan. Hal ini menjadikan banyak tawaran iklan dan variety show termasuk CF Caribbean Bay sebuah taman hiburan air. Mereka bahkan memiliki tarian serta lagu yang berjudul ‘Cabi’ dalam iklan tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id