sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Beda, 8 Grup Idol K-Pop Ini Putuskan Tak Punya Leader

Henny Alifah | Sabtu, 11 Jul 2020 09:00 WIB
Beda, 8 Grup Idol K-Pop Ini Putuskan Tak Punya Leader
caption

Setiap grup idol K-Pop biasanya memiliki seorang leader. Posisi ini biasanya diisi oleh seseorang yang memiliki sifat kharismatik, dewasa, dan juga berjiwa kepemimpinan. Layaknya seorang pemimpin, leader dalam grup idol K-Pop pun bertanggungjawab dalam mengayomi para anggota, mempertahankan kekompakan grup, hingga menjadi spokesperson. Singkatnya, leader adalah sosok panutan yang dapat diandalkan.

Namun, beberapa grup idol K-Pop rupanya memilih untuk tidak memiliki leader. Ada grup apa saja?

1. JYJ

JYJ adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
JYJ/ Foto: Marie Claire via soompi.com

JYJ, grup idol K-Pop yang telah lama hiatus ini terdiri dari tiga anggota. Anggota JYJ mulanya adalah anggota TVXQ, tetapi kemudian memutuskan untuk hengkang setelah terlibat perselisihan dengan pihak agensi mereka, SM Entertainment. Ketiganya tidak pernah menunjuk seorang leader resmi begitu debut ulang bersama JYJ di bawah agensi C-JeS Entertainment.


2. After School

After School adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
After School/ Foto: Pledis Entertainment via yeinjee.com

Grup idol K-Pop yang ini menggunakan sistem kelulusan, sehingga anggota dari grup ini secara otomatis akan bertambah dan berkurang seiring pertambahan usia. Saat debut, Kahi adalah leader After School. Setelah Kahi lulus, posisi leader digantikan oleh Jungah. Namun setelah Jungah lulus, posisi leader dibiarkan kosong. Meski begitu, grup ini berhasil bertahan hingga akhirnya hiatus dan kini menyisakan seorang anggota saja.

3. 2PM

Jay Park dulu adalah leader grup idol K-Pop 2PM
Jay Park/ Foto: Instagram.com/jparkitrighthere

Ketika 2PM debut, Jay Park adalah leader grup idol K-Pop asuhan JYP Entertainment ini. Namun, Jay Park meninggalkan grup ini setelah terlibat skandal komentar kontroversial.

2PM adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
2PM/ Foto: Instagram.com/real_2pmstagram

Setelah kepergian Jay Park, 2PM tidak pernah menunjuk seseorang untuk menggantikannya.

4. Miss A

Miss A adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
Miss A/ Foto: JYP Entertainment via soompi.com

Miss A kini telah bubar, tetapi mereka adalah salah satu grup idol yang tak punya leader sejak debut. Keempat member Miss A memilih untuk tidak memiliki leader karena ikatan yang dekat satu sama lain.

5. BLACKPINK

BLACKPINK adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
BLACKPINK/ Foto: Instagram.com/blackpinkofficial

Anggota BLACKPINK menjadi trainee bersama selama beberapa tahun dan menjadi teman dekat. Saat debut, mereka memutuskan untuk meniadakan posisi leader karena saking akrabnya. Jarak usia di antara para anggota yang tidak terpaut terlalu jauh juga menjadi alasan mengapa mereka memilih untuk debut tanpa leader

6. KARD

K.A.R.D adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
KARD/ Foto: Instagram.com/official_kard

KARD juga menjadi salah satu grup idol K-Pop yang tak punya leader sejak debut. Salah satu alasannya mungkin karena masing-masing anggota grup K-Pop yang terdiri dari dua pria dan dua wanita ini memiliki kualitas kepemimpinan tertentu, sehingga seorang leader dianggap tidak perlu.

7. iKON

saat debut iKON, B.I menjadi leader grup idol K-Pop tersebut
B.I/ Foto: Instagram.com/withikonic

iKON debut dengan B.I sebagai leader. Namun, B.I mengundurkan diri dari grup ini pada 2019 karena masalah dugaan penggunaan narkotika.

iKON adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
iKON/ Foto: Instagram.com/withikonic

Keenam anggota yang tersisa di grup K-Pop ini tidak menunjuk seorang leader lagi setelah kepergian B.I.

8. Secret Number

Secret Number adalah salah satu grup idol yang tak punya leader
Secret Number/ Foto: Instagram.com/secretnumber.official

Secret Number baru saja debut belum lama ini dan mereka memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan bahwa tidak ada leader di dalam grup.

Itu tadi delapan grup idol yang tak punya leader. Selain itu, ada pula AOA yang kini juga tak punya leader. Jimin yang sebelumnya menjadi leader AOA baru saja mengundurkan diri dari grup tersebut karena skandal bullying. Belum diketahui secara pasti apakah AOA akan memilih leader baru atau tidak.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id