sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

CL Berbicara Soal Dukungan dari Member 2NE1, Kesuksesan BTS, dan Lainnya.

Anastasia Martina | Selasa, 10 Nov 2020 17:00 WIB
CL Berbicara Soal Dukungan dari Member 2NE1, Kesuksesan BTS, dan Lainnya.
caption
Jakarta -

Pada tanggal 29 Oktober lalu, CL telah merilis dua lagu, “HWA” dan “5 STAR”. Hari ini (31/10), CL juga meluncurkan video musik “HWA” di kanal Youtube resminya.

Sehubungan dengan comebacknya ini, ia menanggapi, “Aku membuat musik ini untuk mengukuhkan identitasku sebagai CL dan lagu-lagu ini kutulis untuk para fans yang telah menungguku. Aku senang akhirnya bisa tampil di atas panggung. Seluruh energiku telah kucurahkan kepada musik dan video baruku.”

comeback CL
CL/photo by soompi

Dilansir dari Soompi, CL yang terbiasa tampil bersama member 2NE1, kini harus menyesuaikan diri saat melakukan aktivitas solonya. Rapper bernama lengkap Lee Chaerin ini menceritakan tantangan yang ia hadapi.

"Biasanya, kita akan berbagi peran, tapi sekarang semua harus dikerjakan sendirian. Aku harus mempelajari semuanya lagi dari awal. Rasanya sulit sekali untuk mengisi celah-celah kosong.” ujarnya.

Saat ini, CL berpromosi tanpa naungan agensi manapun. Ini menjadi keputusannya agar ia leluasa dalam mempelajari hal-hal baru. “Aku ingin belajar sesuatu yang baru dan aku ingin bisa berinteraksi langsung dengan apa yang kupelajari. Kurasa aku tidak akan bisa seperti itu jika aku berada di dalam agensi.”

Kemudian, artis kelahiran 1991 ini bercerita soal arti musik baginya. “Musik adalah bahasaku untuk mengekspresikan diri. Aku tidak terlalu pandai berekspresi lewat kata-kata karena pikiranku yang selalu penuh. Tapi, ketika aku berada di atas panggung, aku bisa mengekspresikan diriku lebih baik.”

Penyanyi ini juga menceritakan dukungan yang ia terima dari sesama member 2NE1 untuk comeback kali ini. CL berbagi, "Karena sekarang kita punya projek masing-masing, jadilah kami saling mendukung. Kami sangat suportif dan bahkan jika kami tidak membicarakan hal-hal yang serius, kami akan tetap ada untuk satu sama lain. Mereka adalah teman-teman dekatku, jadi aku sangat bahagia kalau kita bersama-sama.”

comeback CL
CL/photo by mainmain.id

Sebagai artis Korea perempuan pertama yang memasuki chart Billboard Hot 100, CL memberikan komentarnya terkait pencapaian BTS di chart tersebut, “Aku sangat gembira melihat BTS ada di chart itu. Waktu aku kecil, tidak ada penyanyi asal Asia yang terkenal. Aku yakin kita seharusnya bisa menunjukkan budaya kita sendiri. Kebalikannya, kita malah meniru budaya lain. Sangat bagus rasanya jika ada yang menjadi representasi dari kita.”

Menurut CL, sekarang, penyanyi dari Asia dan Korea sudah semakin populer. Kini, CL melihat betapa mudahnya para musisi Asia dan Korea untuk mengekspresikan dan mengenalkan budayanya.

Sebagai penutup, CL menanggapi dampak BTS terhadap musik K-Pop, “BTS telah mengaburkan batasan dalam industri musik. Kini, musik kami lebih dikenal sebagai musik pop ketimbang K-Pop," ujarnya.

Ke depannya, CL bertekad untuk bekerja lebih keras lagi untuk memberikan yang terbaik bagi penggemarnya. "Aku juga akan bekerja keras mengerjakan bagianku. Aku tahu ini akan sulit, tapi aku pasti akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan.”

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id