sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Dibeda-bedakan! Double Standard Idol Kpop Antara Wanita dan Pria yang Sering Terjadi!

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 03 Oct 2020 11:30 WIB
Dibeda-bedakan! Double Standard Idol Kpop Antara Wanita dan Pria yang Sering Terjadi!
caption
Jakarta -

Idol Kpop terkadang ingin berekspresi sebebas mungkin tanpa membeda-bedakan gender. Namun salah satu yang terburuk dari perbedaan jenis kelamin dalam dunia Kpop adalah double standard atau standar ganda yang ada antara wanita dan pria.

Sering kali, idol Kpop wanita diremehkan untuk beberapa hal yang sering dilakukan oleh idol Kpop wanita. Berikut ini adalah beberapa kesempatan ketika double standard terungkap di industry hiburan Korea Selatan.


Park Bo Gum dan IU menerima reaksi berbeda untuk konsep yang sama

Melakukan konsep yang sama, namun mendapat reaksi yang berbeda.
Park Bo Gum/pinterest.com/nooraalseif

Dalam salah satu pemotretan, Park Bo Gum dan IU sama-sama melakukan konsep yang sama. Dimana bagian makeup mereka pada lipstick sedikit terlihat berantakan. Tetapi keduanya mendapat reaksi berbeda, Park Bo Gum dipuji oleh banyak orang. Sedangkan IU akhirnya menerima banyak kritikan.

Penggemar menanggapi sebagai double standar antara pria dan wanita
IU/koreaboo.com

Dimana reaksi ini ditanggapi penggemar sebagai double standar antara pria dan wanita. Para fans membela solois IU dari semua kritikan yang ia terima.

Hwasa Mamamoo dikritik karena terlalu mengekspos badan

Mendapat banyak kritikan karena outfit merah yang dipakainya terlalu mengeskpos bagian badannya.
Hwasa Mamamoo/pinterest.com/graziafrance

Pada tahun 2018, Hwasa Mamamoo tampil dalam salah satu acara musik besar Korea Selatan. Namun, ia mendapat banyak kritikan karena outfit merah yang dipakainya terlalu mengeskpos bagian badannya. Sehingga terkesan sangat terbuka.

Idol Kpop pria mengekspos perut berotot atau abs dipuji karena menjaga tubuhnya dengan baik.
Jimin BTS/pinterest.com/kpopmap

Namun, hal ini berbeda apabila idol Kpop pria mengekspos perut berotot atau abs seperti yang dilakukan Jimin BTS. Mereka bahkan dipuji karena menjaga tubuhnya dengan baik.

Idol Kpop wanita yang menerima kritikan karena berat badan

Netizen memang suka mengkrtik idol mengenai penampilan khususnya bentuk badan.
Umji Gfriend/pinterest.com/airaalanna

Pada awal debut, Umji Gfriend mendapat kritikan karena bertubuh lebih berisi daripada idol Kpop wanita pada umumnya. Netizen memang suka mengkrtik idol mengenai penampilan khususnya bentuk badan. Namun Umji membuktikan bahwa dirinya memang cantik berisi maupun tidak.

Shindong Super Junior pernah angkat bicara mengenai berat badan antara idol Kpop wanita dan pria.
Shindong Super Junior/pinterest.com/imgur

Shindong Super Junior pernah angkat bicara mengenai hal ini dan menerima banyak kritikan. Ia berkomentar bagaimana jika seorang wanita kelebihan berat badan, maka mereka perlu menurunkan berat badan namun pria tidak perlu melakukan ini.

Ryujin ITZY menanggapi girlgrup dianggap lebih rendah dibandingkan boygrup

Berbicara tentang betapa ia tidak menyukai jika dibandingkan dengan boygrup saat dipuji.
Ryujin ITZY/pinterest.com/jane

Baru-baru ini Ryujin ITZY berbicara tentang betapa ia tidak menyukai jika dibandingkan dengan boygrup saat dipuji. Ketika orang berkomentar mengenai tampilan grupnya yang tampak sulit untuk seukuran girlgrup atau terlalu keren untuk menjadi girlgrup. Namun, Ryujin bukan menganggap hal ini sebagai pujian dan menyiratkan bahwa girlgrup dianggap lebih rendah dibandingkan boygrup. Ia berharap tidak ada perbandingan gender apapun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id