sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

JYP Hingga SM, Ini Kriteria Pemilihan Leader Grup Kpop dari Agensi Big 3

Anindya Milagsita | Selasa, 23 Feb 2021 18:15 WIB
JYP Hingga SM, Ini Kriteria Pemilihan Leader Grup Kpop dari Agensi Big 3
Foto: Leader di Agensi Big 3/instagram.com/hanbinized/got7.with.igot7/kimjuncotton/

Dalam sebuah grup Kpop, biasanya ada satu orang yang dipilih oleh agensi untuk memimpin grup atau disebut sebagai leader, Ladies. Punya segudang tugas dan tanggung jawab, ternyata ada kriteria khusus yang dipakai perusahaan untuk menentukan siapa member yang cocok untuk menempati posisi leader lho. 

Lantas kriteria leader Kpop seperti apa yang digunakan oleh agensi Big 3 ya? 

1. JYP Entertainment

Beberapa kriteria leader yang dipilih oleh agensi Big3.
Kriteria Leader Grup Idol Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/realstraykids/

Sebagai salah satu dari agensi Big 3, JYP Entertainment punya kriteria tersendiri untuk memilih leader dalam grup yang diasuhnya, Ladies. Mereka memilih leader untuk memimpin grup dengan cara menunjuk member yang memiliki masa trainning paling lama.

Sebut saja Jihyo Twice yang menjalani masa trainning selama 10 tahun dan Bang Chan Stray Kids selama 7 tahun. Uniknya, grup baru JYP yaitu Itzy memilih Yeji yang masa trainningnya 3 tahun atau lebih pendek dibanding Chaeryeong yang menjalani  hampir selama 6 tahun sebagai trainee.

2. YG Entertainment

Berbagai kriteria leader yang ada di agensi Big 3.
Kriteria Leader Grup di Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/yg_treasure_official/

Berbeda dengan JYP, YG Entertainment juga punya kriteria leader Kpop dengan cara mereka sendiri. Kalau JYP berdasarkan lama trainning, YG memilih member dengan talenta paling komplit untuk dijadikan sebagai leader dalam grup. Sebut saja G-Dragon Big Bang, Kim Hanbin ex-Ikon, dan Kang Seung-yoon Winner. Uniknya lewat debut boy grup terbarunya Treasure, YG memilih 2 leader sekaligus untuk memimpin grup yaitu Hyunsuk dan Jihoon.

3. SM Entertainment

Beberapa kriteria untuk memilih leader di agensi Big 3.
Kriteria Leader Grup di Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/nct/

Next, ada SM Entertainment yang memiliki kriteria leader Kpop berbeda dengan JYP Entertainment dan YG Entertainment. SM memilih leader di dalam grup dengan melihat usia mereka. Usia member tertua akan ditunjuk sebagai leader yang akan memimpin grup mereka. Sebut saja Onew Shinee, Taeyeon SNSD, Suho EXO, Irene Red Velvet, dan yang terbaru ada Karina Aespa.

Tugas Leader Grup

Beberapa kriteria yang digunakan agensi big 3 untuk memilih leader.
Kriteria Leader Grup di Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/itzy.all.in.us/

Lolos dalam kriteria leader grup Kpop, mereka memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat lho. Enggak hanya memimpin dan menjadi mediator grup di berbagai acara, ada tugas lainnya yang harus dijalani sebagai leader. Seperti menjadi orangtua pengganti bagi member yang lain, menjaga grup tetap solid, mampu menangani problem di dalam grup, dan bahkan sampai memastikan semua berjalan dengan baik.

Keberadaan Leader di dalam Grup

Berbagai kriteria pemilihan leader grup kpop yang ada di agensi Big 3.
Kriteria Leader Grup di Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/aespa_official/

Meskipun terkadang disepelekan, ternyata keberadaan leader di dalam sebuah grup Kpop punya andil yang cukup besar, Ladies. Selain harus menjalankan berbagai tugas dan tanggung jawab untuk grupnya, leader juga harus mampu menjadi panutan.  Untuk itulah ada istilah 'best leader Kpop' sebagai penanda kalau posisi ini berperan besar untuk grup mereka.

Tak Semua Grup Kpop Punya Leader

Tak semua grup Kpop punya leader tetap.
Kriteria Leader Grup di Agensi Big 3/sumber: www.instagram.com/blackpinkofficial/

Last but not least, meskipun keberadaan leader di dalam grup Kpop punya peran yang besar, ternyata ada beberapa grup Kpop yang tak memiliki leader tetap lho. Sekalipun tak memiliki leader, deretan grup Kpop ini buktikan bisa tetap solid. Sebut saja Blackpink, AB6IX, KARD, Ikon, 2PM, dan masih banyak lagi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id