sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Menurut Fans, Ini 5 Grup K-Pop Bubar yang Harusnya Bisa Sukses Besar

Jovita | Kamis, 30 Jul 2020 09:00 WIB
Menurut Fans, Ini 5 Grup K-Pop Bubar yang Harusnya Bisa Sukses Besar
caption

Semua grup K-Pop selalu memiliki talenta dan visual yang luar biasa untuk bergabung ke industri hiburan Korea Selatan. Tetapi sebagai industri yang sangat kompetitif, tidak setiap grup berhasil sukses besar.

Ada yang beranggapan, grup K-Pop sukses harus dinaungi oleh agensi besar. Meskipun pernyataan itu untuk sebagian besar alasan memang benar, namun tidak selalu demikian. Buktinya, ada banyak grup K-Pop yang sukses meski berasal dari agensi yang belum populer, BTS dan Mamamoo contohnya.

Ngomong-ngomong grup K-Pop sukses dan populer, ada beberapa di antaranya yang sangat disayangkan karena bubar. 5 grup yang akhirnya bubar ini memiliki banyak potensi untuk sukses besar menurut para penggemar!


I.O.I

I.O.I/ Foto: Koreaboo
I.O.I/ Foto: Koreaboo

Ketika lineup akhir untuk survival show Produce 101 dipilih, penggemar tahu bahwa I.O.I hanya akan menjadi grup proyek dan akhirnya harus bubar. Namun, yang tidak diketahui oleh para penggemar adalah seberapa besar mereka akhirnya jadi mencintai grup ini, dan seberapa populer dan besarnya I.O.I menjelang waktu pembubaran.

Produce 101, musim pertama acara survival idol grup, ditayangkan pada awal 2016, dan mendebutkan lineup akhir girl group di tahun yang sama. Grup ini mencapai sukses luar biasa, memenangkan beberapa penghargaan pendatang baru dan mendapatkan banyak penggemar dengan bakat dan pesona mereka.

I.O.I/ Foto: Koreaboo
I.O.I/ Foto: Koreaboo

I.O.I, bagaimanapun, aktif selama kurang dari satu tahun, dan kemudian dibubarkan setelah kontrak mereka berakhir pada Januari 2017. Fans yakin jika grup ini diizinkan untuk terus berpromosi, mereka akan menjadi salah saru girl group paling sukses saat ini.

Wanna One

Wanna One/ Foto: Koreaboo
Wanna One/ Foto: Koreaboo

Wanna One adalah boyband yang dibentuk oleh Produce 101 musim kedua, yang ditayangkan pada 2017. Lineup akhir boyband ini debut sebagai Wanna One pada Agustus 2017, dan menikmati kesuksesan besar sebagai sebuah grup.

Karena Wanna One adalah grup proyek yang juga dibentuk lewat acara survival, mereka bubar pada Januari 2019 setelah berpromosi selama setahun dan 5 bulan. Sementara semua anggota mendapatkan banyak dukungan dan cinta dengan berpromosi secara individu usai Wanna One bubar, para penggemar sangat merindukan grup ini, dan percaya bahwa jika mereka terus berpromosi, mereka bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya.

SPICA

SPICA/ Foto: Koreaboo
SPICA/ Foto: Koreaboo

SPICA adalah girl group yang dibentuk oleh B2M Entertainment pada tahun 2012, dan merupakan grup yang terkenal karena kemampuan vokalnya yang kuat. Meskipun mendapat dukungan dan cinta dari para penggemar selama bertahun-tahun, grup ini akhirnya bubar pada 2017, dan sampai hari ini sangat dirindukan oleh penggemar.

Kim Boa dan Kim Bohyung/ Foto: Koreaboo
Kim Boa dan Kim Bohyung/ Foto: Koreaboo

Pada tahun 2019, setelah hampir 2 tahun sejak pembubaran mereka, mantan member  SPICA, Kim Boa dan Kim Bohyung, mengumumkan bahwa keduanya akan debut sebagai duo dengan nama KEEMBO. Duo ini debut dengan single "Thank You, Anyway” di bawah naungan Ara-Line Entertainment pada April 2020.

X1

X1/ Foto: Koreaboo
X1/ Foto: Koreaboo

X1 adalah boy group yang dibentuk oleh musim terbaru dari Produce X 101, yang ditayangkan Mei 2019. Lineup akhir grup ini debut sebagai X1 pada bulan Agustus 2019 dengan single "Flash".

Single debut mereka memecahkan banyak rekor, dan X1 memenangkan penghargaan musik pertama mereka seminggu setelah debut. Mereka juga mendapatkan penghargaan rookie pada ajang penghargaan akhir tahun, dan dengan cepat menjadi boyband yang diperhitungkan.

Sayangnya, tidak lama setelah debut, karena kontroversi manipulasi suara, X1 akhirnya dibubarkan pada Januari 2020. Tentu saja hal ini membuat penggemar kecewa dan hanya bisa membayangkan betapa suksesnya X1 kalau tidak terpaksa bubar.

Pristin

Pristin/ Foto: Koreaboo
Pristin/ Foto: Koreaboo

Pristin adalah girl group yang dibentuk pada 2017, di bawah naungan Pledis Entertainment. Grup ini telah mencuri banyak perhatian, karena dari 10 anggota, 7 di antaranya adalah mantan kontestan Produce 101, dan 2 dari anggota (Nayoung dan Kyulkyung) bahkan sempat sukses debut sebagai member I.O.I.

Ketika akhirnya debut pada tahun 2017, Pristin mendapatkan perhatian untuk lagu debut yang menyenangkan, visual dan talenta mereka. Mereka juga mendapatkan beberapa penghargaan pendatang baru pada ajang penghargaan akhir tahun. Mereka melanjutkan momentum kesuksesan ini dengan comeback di tahun yang sama, dan mendulang sukses dengan promosi unit pada tahun 2018.

Setelah hampir satu tahun tidak ada berita dari grup ini, Pledis Entertainment mengumumkan pada Mei 2019 bahwa setelah 2 tahun, Pristin telah secara efektif dibubarkan. Sebagian besar anggota akhirnya meninggalkan agensi, dengan hanya Seungyeon, Kyulkyung dan Yehana yang memilih untuk tetap berada di bawah naungan Pledis Entertaiment.

HINAPIA/ Foto: Koreaboo
HINAPIA/ Foto: Koreaboo

Mantan anggota Pristin, yakni Roa (Minkyeung), Yuha (Gyeongwon), Eunwoo dan Rena (Yaebin), dengan penambahan Bada sebagai anggota baru, akhirnya debut sebagai girl group baru bernama HINAPIA. Mereka debut di bawah naungan OSR Entertainment pada tahun 2019.

Dengan besarnya perhatian dan cinta yang diterima setiap anggota, penggemar sangat menyayangkan bahwa grup yang memiliki banyak potensi ini akhirnya dibubarkan. Para penggemar pun yakin Pristin seharusnya bisa jadi girl group yang sukses besar.

Ada grup yang sempat jadi favoritmu?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id