sign up SIGN UP

Mulai dari Anxiety Hingga Fobia Sosial, Para Selebriti Korea Ini Juga Mengalami Mental Illness

Sierra Muktisari | Minggu, 22 Aug 2021 07:45 WIB
Mulai dari Anxiety Hingga Fobia Sosial, Para Selebriti Korea Ini Juga Mengalami Mental Illness
caption
Jakarta -

Di balik kemewahan dan kehidupan glamor para selebritis Korea, mereka juga memendam kesulitan yang turut dialami banyak orang. Beberapa selebritis Korea ini berjuang melawan mental illness, mulai dari rasa anxiety, depresi, hingga masalah kesehatan mental lainnya.

Jeongyeon TWICE

Mulai dari Anxiety Hingga Fobia Sosial, Para Selebriti Korea Ini Juga Mengalami Mental IllnesMulai dari Anxiety Hingga Fobia Sosial, Para Selebriti Korea Ini Juga Mengalami Mental Illnes/ Foto: onkpop.com

Lead vocalist dari grup TWICE ini sempat berurusan dengan kesehatan mentalnya. Pada tahun 2020 lalu, Jeongyeon sempat vakum beberapa waktu karena masalah anxiety yang dideritanya. JYP Entertainment selaku agensi TWICE juga menjelaskan bahwa Jeongyeon mengalami masalah axiety karena kesibukan dan jadwalnya yang padat.

Para member TWICE lainnya dan JYP Entertainment juga berdiskusi bersama Jeongyeon supaya ia mendapat perawatan medis selama vakum dari kegiatan bersama TWICE.

Bae Suzy

bae suzybae suzy/ Foto: bae suzy

Siapa sangka bahwa aktris cantik ini juga pernah mengalami masalah dengan kesehatan mentalnya? Di tahun 2013, Suzy mengalami masa-masa sulit dengan merasa tertekan dari harapan orang-orang di sekitarnya. Ia diperlakukan seakan-akan masih terlalu muda, namun orang-orang juga berharap ia bisa bertindak dewasa.

Hal ini menyebabkan Suzy menderita gejala depresi, dan ia bisa tiba-tiba menangis ketika sedang mengobrol.

Sulli

Mendang Sulli/ Foto: SoompiMendang Sulli/ Foto: Soompi/ Foto: Jovita

Mantan anggota f(x) Sulli juga mengalami serangan panik dan fobia sosial. Sejak Sulli masih kecil, ia menderita serangan panik. Ketika orang-orang di sekitarnya meninggalkannya, Sulli merasa sendirian dan nggak punya tempat untuk bersandar.

Bahkan ketika dewasa, Sulli masih berperang dengan kesehatan mentalnya, hingga menyebabkan dirinya bunuh diri pada 2019 lalu.

IU

IU (foto: pinterest.com/Kpop)IU (foto: pinterest.com/Kpop)/ Foto: Dhea Salsabila

Penyanyi perempuan solo IU turut mengalami mental illness di tengah kepopulerannya. Ia merasa khawatir dan memiliki kekosongan hati yang disebabkan karena perasaan "tidak pernah cukup baik" sebagai seorang penyanyi.

Hal ini menyebabkan IU mengalami bulimia, ia akan makan dalam jumlah banyak hingga muntah. Setelah mendapat perawatan profesional, IU kini mampu mengatasi masalah kesehatan mentalnya.

Suga BTS

Suga BTS berikan donasi untuk perayaan ulang tahunnya (foto: instagram.com/suga_bighitentertainment)Suga BTS berikan donasi untuk perayaan ulang tahunnya (foto: instagram.com/suga_bighitentertainment)/ Foto: Novia Rezki

Suga BTS turut mengalami mental illness, Beauties. Ketika remaja, Suga mengalami anxiety dan rasa depresi. Meskipun Suga sudah mampu mengatasi masalah tersebut, namun ada kalanya perasaan-perasaan negatif itu datang dan pergi.

Suga juga selalu mendorong orang-orang untuk lebih jujur tentang masalah kesehatan mental yang dialami, dan berkata untuk nggak menyimpan perasaan negatif sendirian.

Masalah kesehatan mental memang bisa menyerang siapa pun, Beauties. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan jiwa maupun raga. Stay healthy and stay sane, ya!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id