sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Spoilert Alert! Drama Korea Beyond Evil, Pemenang Best Drama Baeksang Award 2021

Tyas Arini | Kamis, 03 Jun 2021 21:00 WIB
Spoilert Alert! Drama Korea Beyond Evil, Pemenang Best Drama Baeksang Award 2021
Rilis Poster Beyond Evil oleh JTBC/ foto: kknews.cc

Drama Korea, Beyond Evil mengejutkan para penonton dengan memborong 7 nominasi dari Baeksang Award 2021. Dari nominasi Best New Actress, Best Supporting Actor, Best Screenplay, Best Director, Best Actor, Best Drama hingga Grand Prize - Television. Dari total 7 nominasi, Beyond Evil berhasil membawa 3 penghargaan, yaitu Best Screenplay, Best Actor dan Best Drama.

Kemenangan besar Beyond Evil di Baeksang Award sontak mengundang decak kagum. Bagi yang sudah menonton berpendapat bahwa Beyond Evil memang pantas menang sebagai drama korea terbaik 2021. Sedangkan bagi yang belum menontonnya menjadi sangat penasaran dengan drama ini. Yuk, mengenal lebih dalam drama Korea Beyond Evil di bawah ini!

Cerita yang Rapi dan Detail

Cerita yang Rapi dan Detail
Cerita yang Rapi dan Detail (sumber : hancinema.net)

Dikutip dari AsianWiki, Beyond Evil menceritakan Lee Dong-Sik (diperankan oleh Shin Ha-Kyun), seorang polisi di kota kecil, Manyang. Suatu hari, Detektif Han Joo-Won (diperankan oleh Yeo Jin-Goo) dipindahkan ke pos polisi Manyang dan menjadi bos sekaligus patner Lee Dong-Sik. Tiba-tiba kasus pembunuhan berantai terjadi di Manyang, di mana kasus pembuhunan berantai ini sama dengan yang terjadi 20 tahun silam.

Lee Dong-Sik dan Han Jo-Woon bertekad untuk menangkap pembunuh berantai tersebut. Dalam upaya menangkap pelakunya, mereka mencurigai semua orang yang terlibat, termasuk diri mereka sendiri.

"Who is the Monster?" "Is it you?" "Is it me?" "Is it us?" 

Han Jo-Won di salah satu scene
Han Jo-Won (sumber: hancinema.net)

Drama Beyond Evil memiliki genre Psychological-Thriller dan Mystery. Beyond Evil tayang di kanal JTBC dari 19 Februari hingga 10 April 2021. Alur cerita Beyond Evil bisa dibilang tidak cepat tapi tidak juga lambat, alurnya cukup konsisten. Diwarnai dengan beberapa flashback, drama ini tidak akan membuat bosan. Sebab tiap flashback selalu ada tambahan cerita di baliknya.

Penonton akan merasa bahwa cerita ini belum utuh hingga akhir episode. Layaknya story telling yang baik, Beyond Evil memiliki cerita yang rapi dan sangat detail. Di setiap episode yang tayang selalu ada kejutannya. Walaupun tema cerita seperti ini sudah sangat umum, tapi Beyond Evil mengemasnya dengan baik. Ceritanya hanya berpusat pada tokoh-tokohnya saja dan tidak meluas kemana-mana. Satu hal yang pasti, drama Beyond Evil ini selalu mengundang curiga pada tiap tokohnya.

Akting yang Bagus

Shin Ha-Kyun beradu akting dengan Yeo Jin-Goo di Beyond Evil
Lee Dong-Sik dan Han Jo-Won (sumber : otakuart.com)

Dua male leads, Shin Ha-Kyun dan Yeo Jin-Goo menampilkan performa akting yang sangat baik. Best Actor di Baeksang Award 2021 diperoleh Shin Ha-Kyun atas peran sebagai Lee Dong-Sik, seorang polisi dengan masa lalu yang kelam. Tentu saja hal ini dikarenakan akting yang dibawakan oleh Shin Ha-Kyun mengagumkan.

Dengan mengedepankan ekspresi wajah, Shin Ha-Kyun berhasil mengaduk-ngaduk perasaan penonton. Hubungan yang menarik antar tokoh Lee Dong-Sik dan Han Joo-Won juga menarik penonton. Sebab di satu sisi hubungan mereka sangat erat bagaikan sahabat, di satu sisi mereka saling mencurigai satu sama lain.

Park Jeong Je diperankan oleh Choi Da-hoon dan Yoo Jae Yi diperankan oleh Choi Sung-eun
Park Jeong Je (kiri) dan Yoo Jae Yi (kanan) (sumber : koreandrama.org)

Bukan hanya male leads saja yang menampilkan akting yang bagus, bahkan pemeran pendukungnya juga memberikan performa yang ciamik. Tiap tokoh yang diperankan dijiwai dengan sangat baik hingga penonton ikut hanyut di dalamnya. Pemeran Park Jeong Je yang diperankan oleh Choi Dae-hoon mendapat nominasi Best Supporting Actor. Choi Sung-eun yang memerankan Yoo Jae-Yi juga memperoleh nominasi Best New Actress.

Latar Tempat yang Nyata 

Salah satu scene di pos polisi Manyang
Pos Polisi Manyang (sumber : hancinema.net)

Sesuai namanya, Manyang adalah kota kecil. Tentu saja, di Manyang tidak ada gedung-gedung tinggi yang mewah nan megah. Namun, yang ada hanyalah kota kecil yang sepi dan terkesan kumuh. Pos polisi Manyang yang kecil dan sempit, ruang interogasi yang ketinggalan zaman juga ditampilkan nyata adanya. Latar tempat yang terlihat nyata, bukan dibuat-buat, membuat penonton semakin percaya dan membangun suasana yang mendukung alur cerita.

Pengambilan Gambar Secara Close Up

Pengambilan gambar eskspresi Shin Ha-Kyun
Ekspresi Shin Ha-Kyun (sumber : mydramalist.com)

Tidak hanya cerita, akting dan latar yang membuat Beyond Evil memenangkan Best Drama Baeksang Award, pengambilan gambar atau sinematografinya juga patut diacungi jempol. Terutama saat momen yang genting, pengambilan gambar difokuskan pada ekspresi para tokoh. Detail ekspresi dari gerak alis, mata hingga bibir ditangkap oleh kamera. Ekspresi tokoh yang bagus dapat menghanyutkan penonton dalam ceritanya dan pengambilan gambar di Beyond Evil menampilkan hal tersebut.

Salah satu scene di Beyond Evil
Scene Beyond Evil (sumber : xenews.net)

Selain itu, ada beberapa scene yang memiliki latar basement. Beyond Evil menampilkan basement yang remang-remang dan minim cahaya. Ketika ada orang masuk akan disorot dengan lighting yang apik. Bahkan ketika scene Lee Dong-Sik dan Han Jo-Won beradu pendapat di basement, lighting yang menyorot wajah mereka membuat suasana menjadi lebih mencekam. Di scene lainnya bahkan lighting-nya sangat minim cahaya, sehingga penonton merasakan momen-momen yang seru dan mendebarkan.

Setelah mengenal drama Korea Beyond Evil lebih dalam, tertarik menontonnya kah? Bagi yang suka dengan genre Psychological-Thriller, Beyond Evil wajib masuk daftar tontonan, nih. Atau sedang mencari rekomendasi drama Korea saat ini? Coba tonton Beyond Evil! Beyond Evil bisa ditonton di VIU dan Netflix yang akan datang.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id