sign up SIGN UP

Sudah Mengenal Tren Korean Beauty Standards? Yuk, Cari Tahu Lebih Jauh!

Sierra Muktisari | Kamis, 12 Aug 2021 21:00 WIB
Sudah Mengenal Tren Korean Beauty Standards? Yuk, Cari Tahu Lebih Jauh!
caption
Jakarta -

Apakah kamu pernah mendengar tentang tren Korean Beauty Standards? Tren ini berasal dari Korea Selatan yang terkenal dengan berbagai produk skincare maupun makeup yang disukai banyak perempuan. Dilansir thevou.com, produk skincare dan makeup asal Korea sangat tinggi, bahkan produsen kosmetik Korea juga meraih keuntungan hingga 14 triliun USD! Tapi, tahukah kamu kalau Korea Selatan memiliki standar kecantikan khusus untuk 'mengukur' seberapa cantik dan sempurna seseorang?

Apa Itu Korean Beauty Standards?

Korean Beauty Standards merupakan istilah yang merujuk pada suatu penilaian untuk menentukan kecantikan seseorang di Korea Selatan. Baik itu adalah masyarakat umum ataupun idola K-Pop, mereka memiliki standar kecantikan yang sama. Secara umum, standar-standar tersebut umumnya menonjolkan image yang innocent seperti ukuran wajah yang kecil, rahang yang tirus, kulit berwarna terang (fair skin), mata besar dengan kelopak mata ganda, hidung yang kecil, serta bentuk tubuh yang ramping.

Standar kecantikan Korean Beauty StandardsStandar kecantikan Korean Beauty Standards/ Foto: thevou.com

Untuk gaya riasan sendiri, perempuan-perempuan di Korea cenderung memilih riasan yang natural, feminin, dan innocent. Sebagai contoh, idol-idol K-Pop seperti Irene Red Velvet, Bae Suzy, dan Tzuyu TWICE merupakan segelintir dari banyaknya idol K-Pop yang 'memenuhi' Female Korean Beauty Standards. Sayangnya, standar tersebut membuat perempuan memiliki goals untuk terlihat cantik dan sempurna dibanding memiliki tubuh yang sehat dan bahagia.

Irene Red VelvetIrene Red Velvet/ Foto: pinterest.com

Perbedaan Korean Beauty Standards untuk Perempuan dan Pria

Jika perempuan Korea mendambakan kulit flawless, bentuk wajah yang kecil, serta tubuh ramping, beda halnya dengan pria Korea. Ada juga standar khusus untuk 'mengukur' Male Korean Beauty Standards. Selain wajah dengan features yang sempurna, pria Korea juga 'dituntut' untuk memiliki bentuk tubuh yang bagus secara spesifik. Mereka mencoba untuk tidak terlalu terlihat kurus, terlalu berisi, atau terlalu berotot.

Hwiyoung SF9Hwiyoung SF9/ Foto: annyeongoppa.com

Selain itu, outfit yang fashionable menjadi kunci lainnya dalam Male Korean Beauty Standards. Para pria Korea pun turut mengenakan riasan, makanya nggak heran kalau banyak idol K-Pop pria yang juga muncul dalam iklan kosmetik di Korea. Pasalnya, produk skincare dan makeup di Korea bukanlah produk berbasis gender, bahkan pasar kosmetik Korea pun juga mendorong pria untuk membeli dan menggunakan produk kecantikan.

Korean Beauty Standards: Memicu Operasi Plastik?

Dari banyaknya aspekĀ Korean Beauty Standards, perempuan-perempuan di Korea pun berlomba-lomba untuk memenuhi standar tersebut. Mulai dari pengaplikasian makeup, diet ketat, hingga mengubah feature di wajah dengan operasi plastik. Bahkan, di Korea Selatan sendiri banyak klinik kecantikan hingga dokter profesional untuk membantu melakukan operasi plastik.

Operasi plastik di KoreaOperasi plastik di Korea/ Foto: abcnews.go.com

Berdasarkan survei oleh Gallup Korea di tahun 2015, perempuan-perempuan di Korea dengan rentang usia 19 hingga 29 tahun melakukan operasi plastik. Hal ini juga dipengaruhi karena self-esteem yang rendah dan kecenderungan untuk membandingkan diri sendiri dengan penampilan orang lain. Operasi plastik sendiri dianggap hal yang 'lumrah' di Korea, nggak jarang kalau iklan-iklan di Korea pun mempromosikan hal tersebut.

Tren Korean Beauty Standards Saat Ini

Menariknya, perlahan-lahan tren tersebut telah mulai 'lunak'. Dimulai dari idol K-Pop yang berhasil 'mematahkan' tren tersebut seperti Hwasa MAMAMOO, Jennie BLACKPINK, Felix Stray Kids, serta banyak idol lainnya. Hwasa MAMAMOO tampil percaya diri dengan bentuk tubuh curvy dan kulit tan yang cantik, Jennie BLACKPINK dengan bentuk wajah bulat dengan pipi chubby yang manis, serta Felix Stray Kids yang tetap terlihat cute dengan frecklesĀ di wajahnya.

Jennie BLACKPINK dan Hwasa MAMAMOOJennie BLACKPINK dan Hwasa MAMAMOO/ Foto: koreaboo.com

Meskipun tidak 'sesuai' dengan standar kecantikan Korea, namun para idol K-Pop tersebut tetap tampil luar biasa dengan penampilannya sendiri. Selain itu, mereka tetap bisa berkarya dan menghasilkan banyak prestasi di dunia entertainment!

Nah, sudah cukup mengenal tentang tren Korean Beauty Standards ini kan, Beauties? Ingin menyempurnakan penampilan memang nggak ada salahnya. Yang perlu diingat, kamu harus tetap memiliki tubuh dan jiwa yang bahagia!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id