sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Wajib Ditonton! Ini 5 Drakor yang Membuka Mata Tentang Pentingnya Kesehatan Mental

Dian Aprilia | Minggu, 04 Apr 2021 15:30 WIB
Wajib Ditonton! Ini 5 Drakor yang Membuka Mata Tentang Pentingnya Kesehatan Mental
caption

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Untuk itu, kamu perlu ‘aware’ dengan dua kondisi kesehatan tersebut. Bagi kamu yang ingin mengetahui seluk beluk kesehatan mental dan ingin meningkatkan kesadaranmu mengenai isu ini, kamu bisa mempelajarinya melalui 5 drama ini.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 drama korea yang membangun kesadaran terhadap pentingnya kesehatan mental:

It’s Okay That’s Love (2014)

It's okay that's love
It's okay that's love/soompi.com

Apakah kamu sudah pernah menonton drakor ini? Meski lawas, drakor yang satu ini layak masuk list drama yang wajib kamu tonton, apalagi jika kamu tertarik dengan isu kesehatan mental. Drama ini berhasil meraih dua penghargaan bergengsi, yakni Korean Society for Schizophrenia Research dan piala “Drama Inspirasional Terbaik” di Asia Rainbow TV Awards 2016.

Drama ini sukses menunjukkan dinamika kehidupan sehari-hari dan hubungan percintaan pengidap penyakit mental. Drama ini berkisah tentang, psikiater bernama Ji Hae-soo (Gong Hyo-jin) yang memiliki genophobia atau rasa takut untuk melakukan hubungan seks, akibat trauma masa lalunya. Dan tak disangka, kekasihnya ternyata juga mengalami gangguan obsesif-kompulsif (OCD) dan membuatnya sering mengalami halusinasi.

Kill Me Heal Me (2015)

Kill me heal me
Kill me heal me/soompi.com

Drama tentang kesehatan mental yang menarik selanjutnya adalah Kill Me Heal Me. Drama ini berkisah tentang pebisnis terkemuka bernama Cha Do-hyun (Ji Sung) yang ternyata mengidap kepribadian ganda. Bukan hanya dua, Do-hyun memiliki gangguan kepribadian ganda sebanyak 6 identitas yang dirahasiakannya selama 11 tahun.

Saat menonton drama ini, perasaan kita akan dicampur aduk. Ada kalanya merasa sedih, terharu, ketakutan, dan juga tertawa saat melihat aksi dari 6 identitas tersebut. Akting Ji Sung juga layak diacungi jempol, karena berhasil memerankan 6 identitas tersebut dengan sangat menjiwai dan totalitas. Kill Me, Heal Me juga sukses meraih penghargaan “Drama Terbaik” di WorldFest-Houston International Film Festival 2016.

My Mister (2018)

My mister
My mister/soompi.com

Drama selanjutnya berkisah tentang Park Dong-hoon (Lee Sun-kyun) dan Lee Ji-an (IU) yang sama-sama mengalami depresi dalam menjalani kehidupannya. Dong-hoon mengalami depresi saat tahu bahwa istrinya telah selingkuh dengan bosnya. Sementara, Lee Ji-an mengalami depresi karena hidup miskin, penuh utang, serta kerap mengalami kekerasan.

Namun, keduanya bisa saling membagi pengalaman pahit mereka tersebut dan menolong satu sama lain untuk keluar dari masalah peliknya. Tidak berlebihan, drama ini disebut mampu menggambarkan realita seseorang yang alami depresi. Tak heran jika, My Mister mendapatkan piala “Drama Terbaik” dan “Naskah Terbaik” di ajang Baeksang Awards.

Soul Mechanic / Fix You (2020)

Fix you
Fix You/soompi.com

Drama selanjutnya, cocok banget ditonton mahasiswa psikologi yang ingin tahu berbagai contoh gangguan psikologis. Pasalnya drama ini berkisah tentang psikiater bernama Lee Shi-joon (Shin Ha-kyun) yang menyembuhkan pasien dengan berbagai macam penyakit psikis.

Tidak hanya fokus pada satu penyakit yang dialami oleh pemeran utama Han Woo-joo (Jung So-min), melainkan banyak kisah penyakit psikis lainnya yang diangkat.  Mulai dari cerita orang tua yang mengalami demensia, anak kecil yang mengalami skizofrenia, dewasa yang mengalami gangguan pasca trauma dan berbagai gangguan lainnya.

Its Okay to Not Be Okay (2020)

It's okay to not be okay
It's okay to not be okay/soompi.com

Drama terakhir adalah drama yang diperankan oleh Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji Drama ini juga erat membahas mengenai tema kesehatan mental. Dikisahkan, Moon Gang-tae (Kim Soo-hyun) adalah seorang perawat di rumah sakit jiwa dan punya kakak yang mengidap autisme bernama Moon Sang-tae (Oh Jung-se).

Kemudian Gang Tae jatuh hati dengan penulis buku anak bernama Ko Moon-young (Seo Ye-ji) yang memiliki gangguan kepribadian antisosial. Ketiganya kemudian sukses saling membantu menyembuhkan luka dan trauma yang dimiliki. Salah satu keunikan dalam drama ini adalah menampilkan cuplikan berbagai dongeng klasik dunia dalam setiap episodenya. Dijamin tidak akan membosankan dan selalu bikin penasaran.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id