sign up SIGN UP

MAKE-UP

20 Cara Memakai Foundation Sesuai Jenisnya

Rini Apriliani | Selasa, 29 Sep 2020 11:00 WIB
20 Cara Memakai Foundation Sesuai Jenisnya
caption

Foundation merupakan salah satu rangkaian makeup yang banyak digunakan. Sebab, rangkaian makeup yang satu ini dapat membantu menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah dan menghasilkan riasan wajah yang nampak sempurna. 

Saat ini foundation sendiri telah hadir dengan beragam jenis yang berbeda di pasaran. Berbeda jenisnya, tentu akan berbeda juga cara mengaplikasikan untuk mendapat versi terbaiknya.

Berikut ini ada 20 cara menggunakan foundation sesuai jenisnya. Apa saja caranya? Simak selengkapnya di sini ya!


Cara Aplikasi Liquid Foundation

Cara menggunakan liquid foundation
Liquid Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

1. Aplikasi dengan Tapered Foundation Brush

Kamu dapat mengaplikasikan foundation kamu dengan menggunakan tapered foundation brush. Caranya, oleskan foundation dengan sapuan pendek ke bawah, lalu dari dalam ke bagian luar. Jangan sampai melewatkan bagian leher saat memakai foundation. Lalu perbaiki dengan benar bagian yang masih terlihat garis atau kerutan. 

2. Aplikasi dengan Stippling Brush

Selain menggunakan brush yang meruncing, kamu juga dapat menggunakan brush datar yang satu ini. Caranya, baurkan foundation sesuai kebutuhan pada seluruh wajah dan leher, lalu tekan dengan lembut sampai merata. Usahakan untuk tidak menyapukannya, tapi tekan lembut saja.

3. Aplikasi dengan Rounded Foundation Brush

Untuk penggunaan rounded foundation brush, kamu dapat mengoleskan foundation terlebih dahulu pada area wajah. Selanjutnya, gunakan gerakan memutar lembut agar hasil foundation terlihat begitu mulus tanpa kerutan. 

Cara menggunakan liquid foundation
Liquid Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

4. Aplikasi dengan Flat-Top Kabuki Brush

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan flat-top kabuki brush. Caranya oleskan foundation terlebih dahulu pada area wajah. Lalu gunakan gerakan memutar dan menyapu ringan agar foundation dapat lebih membaur merata pada wajah.

5. Aplikasi dengan Beauty Sponge

Mengaplikasikan dengan beauty sponge menjadi salah satu cara aplikasi foundation yang banyak digunakan. Namun, cara yang benar mengaplikasikannya yaitu dengan membasahi spons terlebih dahulu. Buatlah spons menjadi sedikit lembab, bukan basah penuh air. Lalu gunakan gerakan mengetuk lembut untuk membaurkannya.

6. Aplikasi dengan Jari Tangan

Selain menggunakan berbagai macam brush dan spons, kamu pun dapat mengaplikasikan foundation dengan jari tangan kamu sendiri. Metode ini dipercaya dapat memberikan hasil yang lebih sempurna. Caranya, oleskan foundation pada area wajah lalu gunakan gerakan melingkar untuk membaurkannya.

Cara Aplikasi Mineral atau Loose Powder Foundation

Cara memakai looae powder foundation
Loose Powder Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

1. Aplikasi dengan Rounded Kabuki Brush

Selain liquid foundation, ada juga loose powder foundation. Tentu saja perbedaan jenis foundation ini berbeda juga cara mengaplikasikannya. Cara pertama, kamu dapat mengaplikasikan foundationmu dengan rounded kabuki brush.

Caranya, yakni dengan mengambil foundation dengan langsung menggunakan brush. Sebelum diaplikasikan pada wajah, berikan ketukan pada brush untuk membuang produk berlebihnya. Lalu berikan gerakan menggosok dan memutar.

2. Aplikasi dengan Rounded Foundation Brush

Rounded foundation brush lebih menjadi salah satu brush yang banyak digunakan untuk mengaplikasikan loose foundation. Pasalnya dengan brush ini, foundation yang diaplikasikan akan lebih tipis.

3. Aplikasi dengan Fluffy Powder Brush

Selain rounded foundation brush, kamu pun dapat menggunakan fluffy powder brush agar dapat memberikan hasil foundation yang tipis dan terlihat alami. Cara menggunakannya yakni dengan mengusap kuas ke seluruh wajah lalu gunakan gerakan mengusap ke luar.

Cara Aplikasi Pressed Powder Foundation

Cara menggunakan pressed powder foundation
Pressed Powder Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

1. Aplikasi dengan Rounded Kabuki Brush

Mengaplikasikan pressed powder foundation dengan rounded kabuki brush dapat menghasilkan riasan yang serata ketika kamu menggunakan bedak tabur.

2. Aplikasi dengan Beauty Sponge

Untukmu yang ingin menghasilkan riasan wajah yang smooth, dapat mengaplikasikannya dengan beauty sponge. Sebelumnya basahi terlebih dahulu beauty sponge, lalu gunakan gerakan mengusap lembut. 

3. Aplikasi dengan Rounded Foundation Brush

Selanjutnya, untuk penggunaan rounded foundation brush, kamu dapat memberikan sapuan pendek bolak-balik, lalu berikan sedikit tekanan dan gerakan menggulung ke seluruh kulit wajah. Cara ini dapat menghasilkan riasan yang terlihat begitu halus.

4. Aplikasi dengan Puff

Pressed powder foundation biasanya dilengkapi dengan puffnya sendiri. Kamu dapat menggunakan ini untuk touch-up dengan memberikan tepukan pada area wajah.

Cara Aplikasi Cream Foundation

Cara menggunakan cream foundation
Cream Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

1. Aplikasi dengan Tapered Foundation Brush

Pada cream foundation, kamu dapat mengaplikasikan dengan tapered foundation brush. Caranya, gunakan gerakan menepuk atau mengusap pelan pada area wajah dari tengah hingga ke arah luar. 

2. Aplikasi dengan Beauty Sponge

Untuk menghasilkan riasan yang tipis, gunakan beauty sponge dengan gerakan membaurkan dan menggulung produk ke area kulit secara merata. 

3. Aplikasi dengan Jari Tangan

Pada cream foundation, kamu juga dapat menggunakan jari tangan kamu untuk membaurkannya. Caranya, pastikan jari tangan lembab terlebih dahulu lalu gunakan gerakan lembut untuk meratakannya.

Cara Aplikasi Gel Foundation

Cara aplikasi gel foundation
Gel Foundation/Sumber: Freepik.com/ApplyFoundation

1. Aplikasi dengan Tapered Foundation Brush

Untuk mengaplikasikan gel foundation menggunakan tapered foundation brush, kamu dapat memulai dengan gerakan menepuk brush pada area tengah hingga keluar wajah. Hal ini untuk mencegah terjadinya goresan.

2. Aplikasi dengan Rounded Foundation Brush

Ketika menggunakan rounded foundation brush, kamu dapat menggunakan gerakan memutar, membelai, dan melingkar. hal ini untuk mencegah munculnya kusut dan garis.

3. Aplikasi dengan Beauty Sponge

Selanjutnya kamu dapat menggunakan beauty sponge pada penggunaan gel foundationmu. Caranya dengan membasahi spons terlebih dahulu, lalu gunakan gerakan memutar untuk mendapat hasil yang lebih merata.

4. Aplikasi dengan Jari Tangan

Cara terakhir untuk mengaplikasikan gel foundation adalah dengan menggunakan jari tangan. Caranya, gunakan gerakan melingkar untuk membaurkannya sampai merata.

Beautynesian, itu banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikan berbagai jenis foundation. Lalu selama ini yang mana yang menjadi favoritmu?

 

Sumber: makeup.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id