sign up SIGN UP

MAKE-UP

4 Cara Membersihkan Sponge Makeup dengan Bahan-bahan di Rumah

Friska NR | Rabu, 04 Nov 2020 18:15 WIB
4 Cara Membersihkan Sponge Makeup dengan Bahan-bahan di Rumah
caption

Agar tidak menimbulkan masalah kulit, sponge makeup perlu rutin dibersihkan sehingga sisa produk makeup, kotoran dan minyak yang menempel tidak mengendap dan menjadi sarang bakteri. Selain itu, sponge makeup yang jarang dibersihkan juga cenderung akan cepat rusak dan tidak dapat berfungsi secara optimal.

Beberapa brand kecantikan mengeluarkan produk pembersih khusus untuk mencuci sponge makeup. Namun jika kamu belum memilikinya, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah yang dapat dijadikan alternatif untuk membersihkan sponge makeup.

Dilansir dari Allure, berikut 4 bahan rumah tangga yang dapat dijadikan pembersih sponge makeup!

1. Sabun Cuci Piring

Mencuci sponge makeup.
Foto: freepik.com

Efektif mengangkat minyak dan kotoran, sabun cuci piring ternyata juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan sponge makeup, lho. Meski begitu, kamu sebaiknya memilih sabun cuci piring yang tidak mengandung fragrance karena molekul fragrance dapat terikat pada sponge dan meninggalkan aroma yang dapat bercampur dengan aroma makeup, serta dapat menyebabkan perubahan warna pada produk makeup yang digunakan.

Saat menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan sponge makeup, banyak pula orang yang mencampurkannya dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih efektif dan tekstur sponge tetap lembut.

2. Sabun Batang

Mencuci sponge makeup.
Foto: freepik.com

Sabun batangan menjadi salah satu produk pembersih alternatif yang banyak digunakan untuk mencuci sponge makeup. Sebab, sabun ini memang dikenal ampuh untuk membersihkan dan menghilangkan noda membandel.

Nah saat menggunakan sabun batang, pilih sabun yang diformulasikan untuk kulit sensitif sehingga formulanya yang lembut tidak akan merusak kualitas sponge serta tidak menimbulkan masalah kulit saat sponge diaplikasikan ke wajah.

3. Shampoo Bayi

Mencuci sponge makeup.
Foto: instagram.com/beautyblender

Selain sabun batangan, shampoo bayi juga menjadi bahan pembersih yang paling sering digunakan sebagai alternatif mencuci alat-alat makeup, termasuk sponge makeup.

Formula shampoo bayi yang lembut membuatnya mampu membersihkan sponge makeup secara menyeluruh tanpa meninggalkan residu kimia yang keras dan berbahaya bagi kulit wajah.

4. Face Wash

Mencuci sponge makeup.
Foto: freepik.com

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan face wash untuk membersihkan sponge makeup. Dengan formulasinya yang dapat mengangkat minyak dan kotoran secara efektif, face wash dapat membersihkan sponge makeup dengan menyeluruh, namun tetap memiliki kandungan bahan yang lembut dan ringan untuk wajah. 

Sumber: Allure.com

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id