sign up SIGN UP

MAKE-UP

4 Tips Pakai Makeup untuk Pengguna Softlens

tyana | Senin, 14 Jun 2021 08:30 WIB
4 Tips Pakai Makeup untuk Pengguna Softlens
caption

Penggunaan softlens tak hanya membantu kamu yang punya mata minus agar tak ribet menggunakan kaca mata, tetapi juga untuk mempercantik penampilan. Sayangnya, penggunaan softlens sangat berisiko tinggi terhadap iritasi dan infeksi pada mata.

Untuk itu kamu perlu sangat berhati-hati untuk menggunakannya. Apalagi yang sangat menyukai makeup perlu tahu banget tips makeup pakai softlens ini, agar tetap nyaman dan aman. 

1. Perhatikan Kebersihan Tangan dan Softlens

Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Makeup untuk Penggunakan Softlens
Ilustrasi Mencuci Tangan/freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penggunaan softlens memiliki risiko yang tinggi terhadap iritasi dan infeksi. Untuk itu kamu perlu memperhatikan produk softlens yang digunakan, tanggal kadaluwarsa penggunaan softlens, kebersihan softlens dan tangan kamu.

Sebelum menggunakan softlens cuci tangan terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk bersih. Tangan yang kotor dapat menjadi penghantar bakteri dan kuman ke mata sehingga dapat menyebabkan infeksi. 

2. Pilih Produk yang Oli-Free

Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Makeup untuk Penggunakan Softlens
Ilustrasi Penggunaan Concealer/freepik.com

Produk makeup yang mengandung minyak memang lebih mudah untuk digunakan dan bikin wajah terlihat glowing. Sayangnya, untuk pengguna softlens sebaiknya untuk memilih produk makeup, khususnya yang berhubungan dengan bagian mata seperti eyeshadow ataupun concealer yang oil-free.

Kandungan minyak pada produk makeup dapat membuat membuat penggunaan softlens tidak nyaman, menjadi keruh dan penglihatan menjadi terganggu. Apabila penggunaan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan iritasi pada mata juga. So, sebaiknya kamu memperhatikan produk makeup sebelum menggunakannya. 

3. Hindari Tightlining

Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Makeup untuk Penggunakan Softlens
Ilustrasi Tightlining/freepik.com

Apabila kamu pengguna softlens sebaiknya untuk menghindari tightlining. Tightlining sendiri merupakan teknik makeup dengan menggambar eyeliner pada bagian bulu mata atas dan bawah. Penggunaan makeup yang sangat dekat dengan mata dapat menyebabkan mata berair, kering dan kotor sehingga meningkatkan risiko iritasi pada mata. 

4. Perhatikan Penggunaan Maskara

Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Makeup untuk Penggunakan Softlens
Ilustrasi Penggunaan Maskara/freepik.com

Selain penggunaan eyeliner yang perlu kamu perhatikan saat bermakeup menggunakan softlens, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan maskara. Bulu mata merupakan bagian tubuh yang dekat dengan mata sehingga apabila maskara yang kamu gunakan menggumpal ataupun terlalu tebal dapat jatuh ke dalam mata sehingga menempel pada bulu mata. Jadi hati-hati ya, Ladies saat menggunakan maskara. Pastikan maskara tidak menggumpal saat digunakan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id