sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Inspirasi Gaya Eyeliner Sesuai Jenis dan Bentuk Mata

Sylvia Yuliasar | Rabu, 18 Nov 2020 16:15 WIB
5 Inspirasi Gaya Eyeliner Sesuai Jenis dan Bentuk Mata
Foto: Model Eyeliner/Pinterest.com

Percaya atau enggak, pulasan eyeliner yang tidak sesuai dengan model mata akan menghasilkan penampilan yang kurang menarik bahkan terkesan aneh. Untuk menghasilkan sapuan eyeliner yang lebih cantik, tentunya kamu harus perhatikan dulu bagaimana bentuk mata mu, baru memilih model eyeliner yang sesuai.

Berikut ini ada beberapa model eyeliner yang cocok sesuai jenis dan bentuk matamu. Simak, yuk!

Mono Eyelids

Pemilik mata mono eyelid, bisa menggunakan gaya eyeliner ini
Cat eye eyeliner untuk tipe mata mono eyelid / pinterest.com (Etsy)

Cat eyes eyeliner merupakan model yang paling tepat untuk diaplikasikan pada bentuk mata ini. Sapuan eyeliner bermodel cat eye akan memberikan kesan dramatis. Cara membuatnya mudah kok, cukup dengan memulaskan eyeliner secara tebal.

Tujuannya agar eyeliner yang sudah terpajang cantik tidak akan tertutup saat kamu membuka mata. Oh ya, sapuan eyeliner-nya pendek saja ya, tidak perlu memanjang sampai ke area luar mata. Dengan begitu, tampilan mata akan terlihat lebih merona.

Hooded Eyelids 

Begini cara membuat eyeliner untuk mata bertudung
Hooded eyelids / pinterest.com (Women's Health)

Hooded Eyelids membuat tampilan mata seolah-olah tenggelam sehingga mata akan terlihat kecil. Namun, tidak perlu khawatir ya. Kamu cukup mengadopsi cat eye pada sudut mata dan bagian luar. Jadi, lebih praktis  juga saat melukisnya.

Caranya, sapukan eyeliner secara tipis mulai dari sudut mata hingga bagian luar. Supaya tampilan mata agak sedikit lebar dan cantik, kamu bisa tambahkan eyeliner dengan garis tipis di bagian bawah mata.

Up-Turned Eyes

Ini gaya eyeliner yang cocok untuk mata yang memiliki ujung naik
Winged eyeliner untuk mata yang memiliki ujung naik / pinterest.com (Amazon)

Model mata ini sedikit naik di bagian ujungnya. Pada model seperti ini dibutuhkan pengaplikasian model eyeliner cat eyes yang sedikit memerlukan kewaspadaan agar tidak membuat tampilan mata menjadi jelek.

Model eyeliner yang paling umum direkomendasikan adalah winged eyeliner yang dapat mempercantik lengkungan di sekitar matamu. Caranya, sapukan eyeliner garis tipis jika kamu memiliki mata kecil, kemudian sedikit disambungkan dengan kelopak bawah.

Deep-Set Eyes 

Pemilik mata deep set seperti Kaia bisa menggunaka eyeliner jenis ini
Kaia Gerber / pinterest.com (W Magazine)

Pemilik mata agak ke dalam ini ditandai dengan tulang alis yang terlihat lebih menonjol dan mata yang terlihat seolah-olah tenggelam. Eyeliner yang tepat akan mengurangi kecekungan model mata seperti ini.

Kamu harus menghindari penggunaan eyeliner tebal pada bagian atas mata. Cukup sapuan tipis di bagian atas mata, dan di bagian ujung luarnya. Setelah itu, pulaskan wings yang tebal dan agak panjang untuk memberikan ilusi mata yang menawan.

Down-Turned Eyes 

Pemilik maya sayu bisa menggunaka gaya eyeliner begini
Ilustrari eyeliner pada mata sayu / pinterest.com (Kylie Cosmetics)

Model mata yang turun ini akan membuat penampilan dan tatapan mata menjadi sayu sendu. Usaha yang kreatif dibutuhkan untuk memberikan kesan lifting pada mata dengan model turun ini. Tips yang cocok buat kamu yaitu dengan membuat eyeliner di bagian ujung yang berbentuk segitiga. Mata mu akan terkesan lebih tinggi dan sapuan tersebut seakan-akan mampu menyembunyikan kelopak mata.

Kenali model matamu agar pengaplikasian model eyeliner menghasilkan tampilan yang cantik maksimal, selamat mencoba.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id