sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Kesalahan Menggunakan Maskara yang Perlu Dihindari

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 21 Apr 2021 09:00 WIB
5 Kesalahan Menggunakan Maskara yang Perlu Dihindari
caption

Ladies, apakah kamu salah satu yang gemar menggunakan maskara? Jika ya, kemungkinan kamu sudah pernah mengalami beberapa kekeliruan dalam pengaplikasian maskara yang membuat hasilnya tidak sebagus yang dibayangkan.

Bahkan tidak jarang, kesalahan yang dilakukan dalam pengaplikasian maskara ini sering diulang dan tidak disadari. Nah, untuk itulah, kamu harus tahu beberapa kesalahan dalam menggunakan maskara untuk selanjutnya dapat dihindari. Apa saja kesalahan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak Menjepit Bulu Mata Sebelum Mengaplikasikan

Tidak menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara/freepik.com
Tidak menjepit bulu mata/freepik.com

Kesalahan menggunakan maskara yang pertama adalah tidak menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan. Kesalahan ini membuat tampilan bulu mata tidak lentik maksimal. Padahal, menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara membantu mengangkat bulu mata sehingga lentik dan membuat maskara lebih mudah diaplikasikan.

Oleh sebab itu, sebaiknya jepitlah bulu mata terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskara supaya hasilnya lebih bagus dan mata menjadi indah.

2. Pola Pengaplikasian yang Keliru

Pola Pengaplikasian yang Keliru dari bawah ke atas/freepik.com
Pola Pengaplikasian yang Keliru/freepik.com

Kesalahan selanjutnya yang perlu dihindari adalah pola pengaplikasian yang keliru. Kekeliruan di sini terjadi apabila kamu mengaplikasikan maskara dengan gerakan yang dimulai dari akar hingga ujung. Cara pengaplikasian seperti ini membuat maskara tidak bisa menempel sempurna dan efek lentiknya juga tidak maksimal.

Adapun cara pengaplikasikan yang sebaiknya dilakukan adalah memulaskannya dengan pola zig-zag dari arah kanan ke kiri. Dengan begitu, hasilnya akan lebih bagus dan juga memuaskan.

3. Menjepit Bulu Mata Setelah Mengaplikasikan Maskara

Menjepit setelah pakai maskara membuat bulu mata rentan rontok/freepik.com
Menjepit setelah pakai maskara/freepik.com

Kesalahan yang satu ini terbilang sering dilakukan dengan tujuan membuat mata menjadi lebih lentik. Namun tahukah Ladies bahwa cara tersebut sebenarnya keliru? Menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara membuatnya rentan rontok.

Kondisi bulu mata usai diaplikasikan maskara akan mengeras sehingga apabila dijepit membuatnya mudah rontok dan rapuh. Apabila dilakukan terus menerus tentu saja berpotensi merusak bulu mata. Cukup jepit bulu mata di awal sebelum mengaplikasikan maskara.

4. Memulas Maskara Berulang-ulang

Memulas berulang-ulang bisa membuat formula maskara menggumpal/freepik.com
Memulas berulang-ulang/freepik.com

Kesalahan berikutnya yang juga perlu dihindari adalah memulas maskara berulang-ulang. Mengapa? Karena cara ini bisa menyebabkan maskara menjadi menggumpal. Alih-alih membuat mata indah, maskara yang diaplikasikan malah membuat matamu jadi aneh dan tidak paripurna.

Untuk menghindarinya, cukup pulaskan maskara sebanyak dua hingga tiga kali supaya formula maskara tidak menggumpal dan hasilnya menjadi lebih bagus. Alhasil, mata kamu akan tampak lebih indah dan memesona.

@beautynesia.id

Hayo, masih berani, gak hapus make up sebelum tidur ? ##fypシ ##foryoupage ##jadibingung ##makeup ##skincare ##skincaretips ##tiktokpintar ##samasamaditiktok

♬ ay he ehm ICE but nagih - sixGill

5. Memakai Maskara Hanya di Bagian Ujung

ash Correcting Mascara 03 Long Extension/Holika Holikaash Correcting Mascara 03 Long Extension/Holika Holika


Nah, satu lagi kesalahan memakai maskara adalah memakai maskara hanya di bagian ujung bulu mata. Perlu kamu ketahui bahwa mengaplikasikan maskara hanya di sisi tertentu akan membuatnya menjadi tidak lentik.

Hal tersebut dikarenakan sisi yang dipoles dengan maskara akan lebih berat sehingga tampilan bulu mata menjadi tidak terangkat. Alhasil tidak akan terlihat lentik. Supaya hal tersebut tidak terjadi, aplikasikan maskara secara merata di seluruh bulu mata supaya lebih lentik dan indah.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id