sign up SIGN UP

MAKE-UP

Benarkah Eyelash Extension Bisa Sebabkan Infeksi?

Lulu Lukyani | Minggu, 11 Apr 2021 11:15 WIB
Benarkah Eyelash Extension Bisa Sebabkan Infeksi?
caption
Jakarta -

Bulu mata yang panjang, hitam, dan lentik dianggap mampu menunjang penampilan seseorang. Tak heran jika produk kecantikan seperti mascara dan eyelash serum laris di pasaran.

Selain itu, agar mendapatkan bulu mata yang indah dan mampu bertahan lebih lama, eyelash extension pun kian digemari. Kini, sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan eyelash extension dengan harga terjangkau.

Tetapi, apakah eyelash extension benar-benar aman dan tidak memberikan efek samping untuk kesehatan mata? Kira-kira, risiko apa saja yang mungkin terjadi sebagai efek samping eyelash extension? Dilansir dari WebMD, berikut adalah risiko kesehatan eyelash extension dan cara aman menghindarinya.

Kemungkinan risiko

Ilustrasi eyelash extension.
Ilustrasi eyelash extension/Freepik

Terdapat beberapa kemungkinan risiko eyelash extension yang disebabkan oleh bahan yang digunakan, yakni sebagai berikut:

Alergi

Eyelash extension dapat dibuat dengan bahan sintetis, seperti nilon, sutra, atau serat cerpelai. Banyak orang yang alergi dengan cerpelai sehingga menyebabkan masalah pada mata.

Jika kamu memiliki energi, pastikan dulu bahan-bahan yang digunakan untuk eyelash extension aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi apapun.

Infeksi

Risiko infeksi bisa terjadi jika eyelash extension dilakukan dengan tidak memperhatikan kebersihan. Akibatnya, kelopak mata bisa menjadi merah dan bengkak.

Selain itu, infeksi juga memungkinkan munculnya bintit pada kelopak mata yang sangat mengganggu. Pastikan memasang eyelash extension di klinik kecantikan yang menjaga kebersihan agar aman dari infeksi.

Kelopak mata terkulai

Seiring waktu, eyelash extension dapat menyebabkan kelopak mata terkulai ke bawah secara permanen. Ini mungkin tidak akan merusak mata, tapi bisa saja menimbulkan rasa tidak nyaman.

Peradangan mata

Jarang terjadi, eyelash extension juga bisa sebabkan risiko peradangan mata. Al ini bisa disebabkan oleh eyelash extension yang masuk dan terjebak di selaput mata.

Pada kasus yang parah, hal ini perlu diatasi dengan pembedahan untuk mengeluarkan eyelash extension dari selaput mata.

Tips eyelash extension yang aman

Ilustrasi bulu mata lentik.
Ilustrasi bulu mata lentik/Freepik

Agar eyelash extension tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, lakukan bersama profesional atau ahli kecantikan yang sudah berpengalaman. Lihat ulasan dan tanyakan mengenai pedoman sanitasi mereka.

Kemudian, lakukan eyelash extension dengan panjang bulu mata yang masih normal dan tidak terlalu panjang. Selain terlihat tidak natural, eyelash extension yang terlalu panjang akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id