sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Manfaat Makeup untuk Kesehatan Mental Bagi Wanita

Astari Dewi Larasati | Sabtu, 02 Jan 2021 17:30 WIB
5 Manfaat Makeup untuk Kesehatan Mental Bagi Wanita
caption

Makeup merupakan kebutuhan bagi wanita setiap harinya sesuai kebutuhan. Selain mendapatkan tampilan menarik dan cantik, makeup juga punya manfaat tersendiri untuk kesehatan mental.

Ya, kebanyakan wanita akan merasa percaya diri tanpa mempunyai rasa malu, suasana hati positif, dan meningkatkan harga diri. Bahkan seorang terapis kesehatan mental mengatakan bahwa makeup bisa menjadi terapi dalam bentuk seni. Hal ini karena dapat membantu tubuh dan pikiran untuk fokus pada satu hal.

Selain itu, ada beberapa manfaat kesehatan mental dibalik rutinitas makeup sebagai berikut.

Membantu Kecemasan dan Depresi

Hal ini membantu memberanikan diri dalam mengelola emosi.
Membantu kecemasan dan depresi/freepik.com

Depresi dan kecemasan seringkali memburuk ketika seseorang merasa kehilangan kendali. Studi menunjukkan bahwa makeup dapat membantu mengatasi emosi negatif ini. Karena wanita akan punya kendali penuh dalam proses serta hasil makeup.

Mulai dari pemilihan warna yang digunakan, produk makeup terbaik, dan punya prediksi dari hasil makeup. Hal ini membantu memberanikan diri dalam mengelola emosi.

Mengontrol Pikiran Mengganggu dan Berlebihan

Ketika mulai makeup maka semua pikiran akan diambil oleh dan hilang secara sekejap.
Mengontrol pikiran mengganggu dan berlebihan/freepik.com

Kecemasan akan berakibat pada pikiran yang mengganggu dan berlebihan. Namun ketika mulai makeup maka semua pikiran akan hilang secara sekejap. Memakai makeup akan memberikan jeda yang dibutuhkan dari siklus negatif tersebut sehingga memaksa diri untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran itu.

Mengasah Kreativitas

Kreativitas dan gerakan dalam makeup memberikan kelegaan dari respons traumatis.
Mengasah kreativitas/freepik.com

Saat melakukan rutinitas makeup, tanpa disadari hal ini dapat mengasah kreativitas diri lho. Kreativitas dan gerakan dalam makeup memberikan kelegaan dari respons traumatis. Hal ini secara signifikan dapat mengurangi stress, rasa rendah diri, dan trauma.

Meningkatkan Mood

Mengaplikasikan corak cerah pada wajah dapat meningkatkan mood.
Meningkatkan mood/freepik.com

Sama seperti mengenakan outfit penuh warna yang dapat meningkatkan mood. Hal ini juga berlaku ketika mengaplikasikan corak cerah pada wajah. Karena otak akan merespons warna secara individu dan berbeda-beda. Misalnya warna biru bisa membuat sedih sedangkan warna oranye dapat memicu energi. Menerapkan warna berani dapat membantu seseorang untuk lebih percaya diri dan semangat.

Bentuk Ekspresi Diri

Dengan mengetahui siapa diri sendiri sebenarnya dapat meningkatkan harga diri dan pola pikir positif.
Bentuk ekspresi diri/freepik.com

Makeup juga merupakan salah satu bentuk ekspresi diri. Karena memberikan ruang untuk identitas diri dan kepribadian yang sebenarnya. Dengan mengetahui siapa diri sendiri sebenarnya dapat meningkatkan harga diri dan pola pikir positif.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id