sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Tips Menggunakan Foundation untuk Kulit Kering, Bye-Bye Flacky Face!

tyana | Jumat, 10 Jul 2020 20:30 WIB
6 Tips Menggunakan Foundation untuk Kulit Kering, Bye-Bye Flacky Face!
caption

Untuk pemilik kulit kering pasti kita tahu banget gimana frustasinya saat mengaplikasikan foundation. Makeup terlihat tidak rata dan cakey. Agar hal tersebut tidak terjadi berikut tips untuk mewujudkan makeup yang flawless anti flacky untuk kulit kering. Simak ya Ladies!

1. Lakukan Eksfoliasi Sebelum Menggunakan Foundation

Foundation lebih terlihat halus saat melakukan coffe scrub
coffe scrub/https://www.instagram.com/kiindriksone/

Cara instan untuk membuat kulit terlihat lebih halus dan lembut adalah dengan melakukan eksfoliasi. Begitu juga untuk membuat kulit kering tampak halus saat menggunakan foundation. Tapi, perlu diingat juga untuk memperhatikan bahan yang digunakan untuk eksfoliasi kulit.

Gunakan campuran minyak zaitun dan kopi untuk membersihkan kulit mati yang menempel di kulit. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Untuk itu kulit akan terlihat lebih lembab, sehat dan kenyal.


2. Pastikan Kulit Terhidrasi dengan Baik Sebelum Menggunakan Makeup

Sebelum menggunakan foundation untuk kulit kering pastikan kulit lembab dengan menggunakan water mask
Mistery Water Mask/www.instagram.com/3ce_official/

Kesalahan yang banyak dilakukan dalam penggunaan foundation untuk kulit kering adalah dengan tidak memperhatikan kelembapan kulit. Memiliki kulit yang kering berarti kita membutuhkan ekstra hydrating sebelum menggunakan makeup. Kandungan bahan kimia dalam makeup dapat menyebabkan kulit semakin kering.

Untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik gunakan hydrating mask dan moisturizer cream sebelum menggunakan makeup. Kandung dalam moisturizer dalam menyeimbangkan pH kulit yang rendah dan meningkatkan protein keratin dalam kulit. So, jangan malas menggunakan moisturizer sebelum makeup.

3. Gunakan Primer dengan Kandungan Dimethicone

Ilustrasi primer makeup dengan kadungan demethicone
Primer Makeup/pinterest.com/xxfamilyguyxx

Kandungan dimethicone dalam produk kecantikan kulit memang masih menimbulkan pro kontra. Sifatnya yang oklusif menyebabkan kandungan ini dianggap negatif, namun juga memberikan manfaat sebagai pengalus wajah.

Kandungan ini dapat menjadi pelindung antara kulit dan produk makeup yang digunakan, sehingga kandungan kimia dalam produk makeup tak langsung bersentuhan dengan kulit. Kelebihan primer dengan kandungan dimethicone yang dapat mengunci kelembapan alami kulit dalam kulit membuat produk ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering.

4. Pilih Foundation untuk Remaja

Foundation yang ringan untuk kulit kering
Bella Hadid/pinterest.com/fashgonerogue/

Saat menggunakan makeup, pilihlah foundation yang diformulasikan dengan bahan yang ringan di kulit. Foundation jenis ini, biasanya ditujukan untuk kulit remaja yang masih sensitif dengan bahan makeup yang berat.

Foundation jenis ini biasanya memiliki tekstur yang cair karena memiliki bahan dasar air. Sayangnya foundation jenis ini biasanya memiliki tingkat coverage yang rendah.

5. Gunakan Spon Basah

Spon basah dapat memabntu pengaplikasian foundation lebih halus
Spon Makeup/pinterest.com/totalbeauty/

Ladies, menggunakan brush foundation dapat membuat gesekan pada kulit yang menyebabkan kulit semakin kering. Untuk itu dalam pengaplikasian foundation lebih baik menggunakan spon basah atau beauty blender basah. Kandungan air dalam spon dapat membuat foundation lebih mudah diaplikasikan dan tidak menimbulkan gesekan yang berat pada kulit.

6. Perhatikan Cara Pengaplikasian Foundation

Beauty blender dapat membantu penggunaan foundation lebih halus dan lembut
Beauty blender/pinterest.com/lucytriesit/

Saat mengaplikasikan foundation untuk kulit kering kita harus berhati-hati. Jangan mengaplkasikan foundation dengan cara menggosokan atau menyeret spons.

Hal ini dapat membuat kulit kering iritasi dan semakin kering. Gunakan spons atau beauty blender basah dengan cara menepuk-nepuk dengan ringan di kulit dan blend hingga foundation menutupi seluruh permukaan kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id