sign up SIGN UP

FASHION

7 Tips Cat Rambut di Rumah agar Hasil Tidak Gagal

Friska NR | Kamis, 25 Jun 2020 12:00 WIB
7 Tips Cat Rambut di Rumah agar Hasil Tidak Gagal
caption

Banyak orang yang suka bergonta-ganti warna rambut agar penampilan tampak lebih fresh dan menarik. Umumnya, kita akan pergi ke salon untuk mendapatkan penangan pewarnaan rambut yang profesional. Namun setelah adanya pandemi Covid-19, kini banyak yang tertarik mencoba mewarnai rambut sendiri di rumah, terlebih karena salon-salon kecantikan masih tutup sementara.

Nah, agar hasil mewarnai rambut di rumah maksimal dan tidak justru gagal, berikut 7 tips yang bisa kamu terapkan!

1. Pilih warna yang tepat

Memilih warna cat rambut agar hasil natural
Memilih warna rambut yang tepat/Foto: freepik.com

Saat memutuskan untuk mewarnai rambut sendiri di rumah, sebaiknya pilih warna yang 2 - 3 tingkat lebih terang atau lebih gelap supaya hasilnya natural dan tidak membuat kulit tampak kusam.


Selain memilih warna yang tepat, kamu juga perlu memilih produk dengan formula non-drip sehingga pengaplikasian dapat lebih rapi karena jenis cat rambut ini tidak mudah menetes.

2. Sediakan 2 kotak cat rambut

Menyediakan cat rambut dalam jumlah lebih
Cat rambut/Foto: freepik.com

Banyaknya cat rambut yang akan digunakan tergantung pada panjang dan ketebalan rambut masing-masing. Namun sebaiknya kamu mempersiapkan cat rambut lebih dari estimasi yang dibutuhkan untuk berjaga-jaga. Kamu pastinya tidak ingin dong rambutmu jadi belang akibat kehabisan cat di tengah proses mewarnai?

3. Persiapkan peralatan dan pahami langkah-langkahnya

Mempersiapkan peralatan untuk mewarnai rambut dI rumah
Peralatan cat rambut/Foto: freepik.com

Sebelum mulai, persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan secara lengkap dan pastikan kamu telah membaca instruksi di kemasan cat rambut dengan seksama. Kedua hal ini juga penting untuk dipersiapkan agar nantinya kamu tidak berhenti terlalu lama di tengah proses pengecatan dan menyebabkan warna rambut tidak merata.

4. Lakukan tes warna (dan alergi)

Sebelum mengecat rambut, lakukan tes warna agar hasil tidak mengecewakan
Tes warna sebelum mengecat rambut/Foto: freepik.com

Hal lain yang perlu kamu lakukan sebelum mulai mengecat rambut adalah melakukan tes warna dan tes alergi. Tahap ini jangan sampai terlewat, terlebih saat kamu mencoba menggunakan warna atau produk baru.

Lakukan tes warna pada rambut bagian dalam untuk mengetahui apakah warna yang muncul sesuai dan cocok dengan undertone kulit. Sedangkan tes alergi dapat kamu lakukan untuk mengetahui reaksi kulit terhadap produk yang digunakan. 

5. Aplikasikan dari akar rambut

Mewarnai rambut dari akar ke ujung rambut
Mewarnai rambut dari akarnya/Foto: freepik.com

Langkah mewarnai rambut yang tepat adalah dengan mulai mengaplikasikannya dari akar rambut. Bagian ini merupakan bagian rambut yang paling sehat dan cenderung memiliki warna yang lebih gelap sehingga memerlukan waktu dan proses yang lebih lama untuk berubah warna.

Aplikasikan dengan brush khusus untuk mengecat rambut agar hasilnya tampak lebih profesional.

6. Gunakan shower cap saat proses pengeringan

Menggunakan shower caps saat proses pengeringan setelah mewarnai rambut
Gunakan shower caps/Foto: instagram.com/adamabeautyco

Setelah selesai mewarnai rambut, tunggu sekitar 20 – 30 menit hingga cat meresap sempurna. Kamu bisa menggunakan shower cap untuk membungkus rambut agar catnya tidak menetes ke kulit selama proses pengeringan. Langkah ini juga dapat membuat proses penyerapan warna lebih maksimal.

7. Jika perlu, minta bantuan ‘asisten’

Mewarnai rambut dengan bantuan teman agar hasil lebih rapi
Mewarnai rambut dengan bantuan teman/Foto: freepik.com

Saat mengecat rambut sendiri di rumah, kamu mungkin akan kesulitan saat harus mengaplikasikan cat di rambut bagian belakang. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang rumah atau teman agar pengaplikasian cat tidak justru belepotan karena kamu memaksakan diri mengecat bagian yang sulit dijangkau.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id