sign up SIGN UP

Sering Pakai Softlens? Perhatikan 6 Hal Ini untuk Tetap Jaga Kesehatan Mata

Hijria Khatimi | Minggu, 27 Jun 2021 10:00 WIB
Sering Pakai Softlens? Perhatikan 6 Hal Ini untuk Tetap Jaga Kesehatan Mata
caption

Memakai softlens atau lensa kontak memang sudah menjadi tren tersendiri dan menjadi bagian dari gaya hidup. Tak cuma untuk membantu penglihatan, softlens kini juga berfungsi untuk menambah kecantikan mata. Karena itu, banyak yang menggunakan softlens di berbagai kesempatan. Apakah kamu termasuk salah satunya, Ladies?

Jika kamu termasuk yang sering memakai softlens, merawat kesehatan mata menjadi hal yang penting, lho. Lalu bagaimana ya, agar mata tetap sehat meski sering pakai softlens? Yuk, terapkan 6 tips merawat kesehatan mata bagi pengguna softlens berikut ini.

1. Pakai Softlens dengan Tangan Bersih

Mencuci tangan sebelum pakai softlens
Mencuci tangan sebelum pakai softlens/Foto: unsplash.com

Tips merawat mata untuk pengguna softlens yang pertama, yaitu pastikan tangan sudah benar-benar bersih. Tangan yang kotor bisa membuat softlens menjadi tidak higienis. Tentunya nggak mau kan, kalau mata sampai iritasi? Karena itu, cucilah tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih sebelum memakainya.

2. Hindari Mata Kering Karena Softlens

Merawat kesehatan mata saat pakai softlens
Cegah mata kering saat pakai softlens/Foto: freepik.com

Tak jarang mata menjadi kering saat memakai softlens. Mata yang kering ini tentunya akan menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya yaitu membuatmu tidak nyaman karena iritasi dan perih, sehingga mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, selalu sediakan cairan khusus mata dan teteskan ke bagian mata setiap dua jam sekali.

3. Rutin Ganti Cairan Softlens

Rutin ganti cairan softlens untuk merawat kesehatan mata
Rutin ganti cairan softlens untuk merawat kesehatan mata/freepik.com

Sebagai pengguna softlens, cairan softlens merupakan salah satu benda yang wajib kamu punya. Kegunaannya adalah menjaga kebersihan softlens itu sendiri dari bakteri dan kotoran. Cairan ini juga akan menjaga tetap higienis selama disimpan.

Agar dapat bekerja maksimal, sebaiknya cairan ini rutin diganti setiap tiga hari sekali. Jangan lupa untuk mencuci softlens ketika mengganti cairannya ya, Ladies.

4. Hati-Hati Naik Motor Menggunakan Softlens

Lindungi mata saat pakai softlens ketika naik motor
Lindungi mata saat pakai softlens ketika naik motor/Foto: freepik.com

Bagi pengguna softlens yang sering mengendarai motor, perlu kehati-hatian ekstra agar jangan sampai kemasukan debu saat berkendara. Kamu bisa menggunakan kacamata dan juga helm yang dilengkapi kaca pelindung untuk menghindari debu memasuki mata. Untuk perawatan tambahan, kamu dapat meneteskan cairan mata ketika sudah sampai tempat tujuan.

5. Hindari Pemakaian Terlalu Lama

Pakai softlens terlalu lama mengganggu kesehatan mata
Pakai softlens terlalu lama mengganggu kesehatan mata/Foto: freepik.com

Mungkin memakai softlens memang menyenangkan karena membuat penampilanmu lebih menarik. Bagi yang punya masalah penglihatan, memakai softlens juga bisa jadi terasa lebih praktis daripada kacamata. Meski begitu, pakailah sesuai kebutuhan saja ya, Ladies.

Pemakaian yang ideal adalah sampai 12 jam. Jika lebih dari itu, bisa membuat mata kekurangan oksigen hingga membuat mata tidak nyaman dan kemerahan.

6. Lepas Sebelum Tidur

Lepas softlens sebelum tidur untuk merawat kesehatan mata
Lepas softlens sebelum tidur untuk merawat kesehatan mata/Foto: pexels.com

Meski merasa sangat lelah dan mengantuk setelah aktivitas seharian, pastikan untuk melepas softlens sebelum tidur. Ini karena membiarkannya terpasang selama tidur sangat berbahaya bagi kesehatan mata, lho. Beberapa bahaya yang mengintai di antaranya seperti iritasi, infeksi, hingga resiko kebutaan.

Nah, itu tadi 6 tips merawat kesehatan mata bagi pengguna softlens. Semoga bermanfaat ya, Ladies!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id