sign up SIGN UP

MAKE-UP

8 Istilah Populer dalam Makeup, Kamu Wajib Tahu!

Retno Wulandari | Kamis, 18 Mar 2021 19:15 WIB
8 Istilah Populer dalam Makeup, Kamu Wajib Tahu!
caption

Bagi wanita, makeup merupakan kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan. Selain memiliki beberapa produk makeup, memahami istilah-istilah populer dalam makeup juga sangat penting bagi para wanita, khususnya beauty enthusiast.

Lalu, istilah populer dalam makeup apa saja yang harus diketahui? Scroll artikel ini yuk!

1. Cakey

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Cakey/freepik.com

Pernahkah kamu mendengar istilah “makeup cakeyLadies? Yup, istilah populer dalam makeup satu ini menggambarkan kondisi di mana foundation yang sedang kamu gunakan terlalu tebal dan tidak membaur dengan sempurna di wajah. Makeup cakey atau juga bisa disebut makeup dempul tentu membuat penampilan kamu tidak sempurna.

2. Pigmented

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Pigmented/freepik.com

Ladies, pigmented menjadi salah satu istilah populer dalam makeup yang kerap diucapkan oleh para beauty vlogger. Biasanya istilah satu ini kerap diucapkan jika berkaitan dengan warna produk makeup, seperti lipstik. Jadi, pigmented memiliki arti ‘keluar’ dan arti inilah yang kiranya cocok untuk menggambarkan warna produk makeup ‘keluar’ atau tidak muncul sama sekali saat digunakan.

3. Swatch

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Swatch/freepik.com

Istilah populer dalam makeup satu ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan pigmen pada suatu produk yang diaplikasikan ke kulit. Selain itu, melakukan swatch di area tangan juga membantu kamu melihat formula dari produk makeup tersebut, seperti creamy atau buttery. Kamu juga bisa melihat warna produk tersebut apakah cocok atau tidak dengan undertone kamu.

4. Blending

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Blending/freepik.com

Blend atau blending juga menjadi istilah populer dalam makeup yang perlu kamu ketahui. Istilah satu ini kerap digunakan saat mengaplikasikan foundation, concealer, atau eyeshadow pada wajah. Blending atau blend merupakan teknik membuat makeup jadi rata dan menyatu pada kulit.

Dengan teknik blending yang baik, maka akan menghasilkan transisi warna yang baik dan halus. Oleh sebab itu, ketika menggunakan produk makeup khususnya eyeshadow, jangan lupa di-blend ya, Ladies.

5. Greasy

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Greasy/freepik.com

Merasa kulit kamu berminyak setelah beberapa jam menggunakan makeup? Itu artinya kulit sedang mengalami greasy, Ladies. Perlu dicatat, wajah yang mengalami greasy ini berbeda dengan wajah glowing atau dewy ya. Sebagai solusinya kamu bisa mengandalkan paper oil atau menggunakan primer dan setting spray yang cocok untuk jenis kulit kamu.

6. Creasing

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Creasing/id.pinterest.com

Creasing merupakan istilah populer dalam makeup yang memiliki arti ‘retak’. Kondisi ini biasanya kerap muncul di beberapa area wajah, seperti smile line dan area bawah mata. Creasing disebabkan oleh kondisi foundation atau concealer yang belum kering dengan sempurna. Ketika terkena sinar matahari, maka makeup akan mengalami creasing di area tersebut.

7. Patchy

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Patchy/id.pinterest.com

Istilah populer satu ini digunakan saat mengaplikasikan foundation yang membuat tekstur kulit jadi tidak merata atau bahkan kulit terlihat kering atau mengelupas. Agar makeup yang kamu gunakan tidak mengalami patchy, maka gunakanlah primer sesuai dengan jenis kulit dan pastikan kelembapan kulit terjaga.

8. Touch Up

8 Istilah Populer dalam Makeup
Foto: Touch Up/freepik.com

Last but not least! Touch up juga menjadi istilah populer dalam makeup yang paling sering kita dengar. Touch up adalah istilah yang biasa digunakan untuk memperbaiki kondisi makeup agar wajah terlihat kembali segar, seperti memakai lipstik yang mulai pudar atau mengaplikasikan bedak agar wajah tidak mengkilap.

Nah, itulah 8 istilah populer dalam makeup yang wajib kamu ketahui, Ladies. Oleh sebab itu, jangan sampai salah menyebut istilah-istilah di atas ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id