sign up SIGN UP

MAKE-UP

Wajib Coba! Tips Memakai Makeup Anti Crack

Pavita Sevilla | Minggu, 14 Mar 2021 10:15 WIB
Wajib Coba! Tips Memakai Makeup Anti Crack
caption
Jakarta -

Memakai makeup memang dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Namun, apa jadinya jika make up yang kita gunakan mengalami creasing atau crack? Duh, jangan sampai karena makeup crack malah jadi membuat kita semakin enggak pede deh. Sayangnya, makeup crack ini seringkali dialami terutama oleh para pemilik kulit kering dan yang memiliki permasalahan kulit lainnya di muka.

Keep calm, beauties! Berikut di bawah ini adalah tips-tips yang dapat kamu ikuti untuk menghindari makeup crack dan membuat tampilan menjadi lebih flawless.

1. Menggunakan sheet mask

Memakai sheet mask/freepik.com
Menggunakan sheet mask/freepik.com

Kulit yang lembap adalah kunci utama agar makeup tidak crack atau pecah. Salah satu cara ampuh untuk melembabkan kulit yaitu dengan sheet mask. Sheet mask dipercaya dapat melembabkan kulit lebih daripada moisturizer. Gunakanlah sheet mask beberapa jam sebelum atau 1 malam sebelum menggunakan makeup.

2. Menggunakan primer

Menggunakan primer/allure.com
Menggunakan primer/allure.com

Sering dilewatkan, penggunaan primer dalam makeup ternyata sangat penting. Primer dapat mengisi pori-pori, sehingga memberikan efek blur pada pori-pori wajah. Di samping itu, primer juga dapat membuat riasan menjadi lebih awet. Gunakan primer sesuai kebutuhan kulit wajah mu, ya.

3. Mixing foundation

Mixing foundation - moisturizer/youtube.com/CaseyCouture604
Mixing foundation - moisturizer/youtube.com/CaseyCouture604

Campurkan foundation dengan produk skincare seperti moisturizer atau serum. Hal ini dapat membuat tekstur dari foundation menjadi lebih baik dan akan lebih lembap saat nantinya menempel di muka. Mixing foundation dapat meminimalisir kemungkinan makeup crack.

4. Blend makeup dengan benar

Blend makeup yang benar/beautyglimpse.com
Blend makeup yang benar/beautyglimpse.com

Masih banyak pengguna makeup yang menggunakan teknik blend dengan kurang tepat. Agar makeup menempel dengan sempurna, blend makeup dengan cara tap-tap produk complexion di muka, bukan dengan cara digeser. Hal ini dapat meminimalisir makeup menjadi crack dan juga dapat membuat tingkat coverage makeup lebih tinggi.

5. Minimalisir penggunaan highlighter

Minimalisir penggunaan highlighter/calyxta.com
Minimalisir penggunaan highlighter/calyxta.com

Highlighter memang dapat membuat penampilan terlihat lebih mewah. Namun, jika penggunaannya tidak tepat dapat menyebabkan makeup terlihat tidak mulus dan semakin terlihat apabila makeup mengalami crack. Usahakan agar tidak memakai highlighter di bagian-bagian yang bermasalah, seperti di bagian kulit yang memiliki tekstur tidak rata, di bagian kulit yang berminyak atau yang sangat kering. Jika ingin tetap memakai highlighter, gunakanlah setipis mungkin.

6. Gunakan setting spray sebelum teknik baking

Gunakan setting spray/lorealparisusa.com
Gunakan setting spray/lorealparisusa.com

Beberapa waktu lalu, teknik ini sempat viral di TikTok dan sudah banyak yang mencobanya. Teknik ini dipercaya dapat membuat makeup lebih awet. Caranya yaitu setelah selesai menggunakan foundation dan concealer, semprotkan setting spray secukupnya. Tunggu beberapa menit hingga kering.

7. Teknik baking

Teknik baking/lorealparisusa.com
Set makeup dengan bedak/lorealparisusa.com

Setelah setting spray dirasa sudah cukup kering, set makeup menggunakan teknik baking dengan memakai bedak. Khusus di bagian-bagian yang memiliki kerutan seperti smile lines dan under eye, gunakan bedak setipis mungkin. Setelah set makeup dengan bedak, jangan lupa untuk semprotkan kembali setting spray untuk mengunci riasan yang sudah ada. Agar makeup dapat bertahan lama dan terlihat lebih flawless.

Ingat! Makeup tidak bisa membuat tekstur pada wajah menghilang. Makeup hanya mampu meminimalisir tekstur terlihat. Sehingga, tekstur yang masih terlihat saat memakai makeup itu normal ya, beauties.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id