sign up SIGN UP

MAKE-UP

Bedak Bayi untuk Kulit Sensitif, Mitos atau Fakta?

Shinta Nikmah | Rabu, 30 Dec 2020 08:30 WIB
Bedak Bayi untuk Kulit Sensitif,  Mitos atau Fakta?
caption

Kulit sensitif memang memerlukan perhatian ekstra dalam merawatnya. Terlebih jika kulit sensitifmu sangat mudah berjerawat. Tentu kamu sedikit bingung jika ingin mencoba produk skincare tertentu. Salah-salah bukannya semakin glowing tapi kulit malah jadi breakout.

Sayangnya, banyak rekomendasi baik dari artikel atau influencer yang merekomendasikan bedak bayi sebagai alternatif untuk kulit sensitif. Mereka beranggapan bahwa formula pada bedak bayi lebih gentle dan tidak mengandung bahan aktif yang membuat kulit sensitif meradang.

Ternyata penggunaan bedak bayi untuk kulit sensitif hanya mitos belaka lho. Mau tahu alasannya? Simak ulasan berikut ya.

Bedak Bayi Diformulasikan untuk Bayi, Bukan Orang Dewasa

Bedak bayi
Bedak Diformulasikan untuk Bayi/ Foto: freepik.com

Produk perawatan kulit diformulasikan sesuai kebutuhan, termasuk bedak bayi yang memang diperuntukkan untuk bayi. Bukan untuk orang dewasa.

Terlebih jika kulitmu sensitif, kamu perlu bahan aktif yang sesuai dengan kulitmu. Namun yang pasti bahan aktif tersebut tidak ditemukan pada bedak bayi ya Ladies.

Fragrance Pada Bedak Bayi Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif

Parfum
Parfum Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif/ Foto: freepik.com

Kulit sensitif biasanya tidak cocok terhadap produk yang mengandung parfum. Pada bedak bayi sendiri banyak ditemukan parfum yang baunya khas. Nah, parfum tersebut bisa membuat kulit sensitifmu iritasi bahkan timbul ruam. Jadi lebih baik hindari bedak bayi ya.

Bersifat Comedonic

Komedonik
Bedak Bayi Bersifat Komedonik/ Foto: freepik.com

Bedak bayi mengandung magnesium carbonate dan zinc oxide yang mampu menyerap keringat pada bayi agar tidak timbul ruam. Meski berfungsi menyerap keringat, namun bedak bayi tidak bisa menyerap minyak yang ada di wajah orang dewasa. Justru apabila terlalu sering menggunakan bedak bayi kulit akan menjadi kering.

Bedak bayi juga bersifat comedonic. Jika diaplikasikan ke wajah, maka bedak justru akan menutup pori-pori. Pori-pori yang tersumbat menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

Bedak Bayi Bukan Pengganti Bedak Tabur

Bedak bayi
Bedak Bayi Mudah Hilang/ Foto: freepik.com

Banyak yang menganjurkan bedak bayi sebagai bedak tabur atau menggunakannya untuk baking saat melakukan make up

Faktanya bedak bayi tidak cocok digunakan untuk make up atau mengunci make up agar tahan lama. Sebab bedak bayi mudah hilang setelah diaplikasikan ke kulit. 

Tips Merawat Kulit Sensitif

Gentle
Be Gentle To Your Skin/ Foto: freepik.com

Nah, daripada menggunakan bedak bayi yang ternyata tidak cocok untuk kulit sensitif, lebih baik kamu melakukan hal berikut untuk merawat kulit sensitifmu.

  1. Rutin membersihkan wajah dengan double cleansing
  2. Gunakan pelembab
  3. Gunakan tabir surya
  4. Gunakan skincare dengan ekstrak bahan alami seperti chamomile, calendula, atau green tea
  5. Hindari bahan aktif yang tidak sesuai dengan kulit, termasuk alkohol dan parfum.
  6. Makan makanan sehat
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id