sign up SIGN UP

MAKE-UP

Cara Pasang Bulu Mata Palsu yang Beginner-Friendly, Gak Repot Kok!

Nisrina Salsabila | Selasa, 22 Dec 2020 12:00 WIB
Cara Pasang Bulu Mata Palsu yang Beginner-Friendly, Gak Repot Kok!
caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang, mengaplikasikan bulu mata palsu bukanlah suatu keterampilan yang mudah untuk dipelajari. Tetapi saat kamu berhasil menguasainya, hasil yang didapat akan sangat berharga. Bulu mata palsu dapat membuat matamu terlihat lebih besar dan dramatis bahkan tanpa maskara. Jalan ini pun lebih murah bila dibandingkan upaya ekstensi bulu mata maupun lash lift.

Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengaplikasikan bulu mata palsu seperti seorang profesional, dan yang pasti beginner-friendly!

Langkah 1: Pilih Bulu Mata Sesuai Bentuk Mata

tutorial memasang false lashes
Tipe bentuk mata/Foto: Pinterest/shilpaahujadotcom

Meskipun sebagian besar bulu mata palsu cocok untuk semua jenis mata, namun cara ini dapat membantumu untuk menempatkan bulu mata secara tepat.

Monolid eyes (kelopak mata tanpa lipatan) sebaiknya menggunakan bulu mata berukuran pendek yang bervolume di sudut luar untuk membuka matamu. Alternatifnya, potong bulu mata biasa sesuai ukuran mata dan tumpuk sisa potongan pada tepi luar. Cara ini juga cocok pagi pemilik tipe mata upturned eyes (sudut luar mata terangkat lebih tinggi) dan downturn eyes (sudut luar mata miring ke bawah) agar menciptakan kesan cat eye.

Hooded eyes (lipatan kelopaknya tenggelam) memerlukan bulu mata dengan aksen panjang dan lentik di tengah atau individual lashes untuk membuka mata.

Untuk round eyes (area putih mata bisa terlihat pada bagian atas atau bawah pupil), pilihlah bulu mata berbentuk melengkung yang mengangkat dan mempercantik bentuk matamu. Sebaliknya, bulu mata yang terlalu tebal atau bervolume akan membuat matamu terlihat lebih kecil.

Terakhir, almond eyes (bentuk simetris dengan sudut luar sedikit terangkat) paling mudah untuk dipasangkan bulu mata karena cocok dengan gaya apapun.

Langkah 2: Aplikasikan Eyeliner

tutorial memasang false lashes
Eyeliner untuk menyembunyikan garis pangkal false lashes/Foto: Pinterest/popsugar

Sebelum mengaplikasikan bulu mata palsu, awali dengan melapisi garis bulu mata atas dengan eyeliner untuk menyembunyikan pangkal bulu mata palsu.

Langkah 3: Ambil Bulu Mata dari Box

tutorial memasang false lashes
Lepaskan false lashes secara hati-hati/Foto: https://glamour.com

Ini tidak sesederhana hanya dengan menariknya langsung dari kemasan, karena hal tersebut berisiko menyebabkan bulu mata bengkok atau lepas dari strip. Sebaiknya geser-geser strip ke bawah dengan ujung jari untuk melepaskan lem mulai dari sudut luar.

Langkah 4: Regangkan Tulang Strip Bulu Mata

tutorial memasang false lashes
Lenturkan tulang pangkal false lashes/Foto: https://glamour.com

Cara ini bertujuan untuk menyesuaikan kelengkungan garis bulu mata dan menghindari bulu mata yang mencuat di sudut dalam dan luar saat merekatkannya. Lilitkan strip bulu mata di jarimu, brush makeup atau pulpen selama satu menit untuk membantu membuat strip bulu mata sedikit menekuk.

Langkah 5: Sesuaikan Ukuran Bulu Mata Palsu pada Matamu

tutorial memasang false lashes
Sesuaikan false lashes agar nyaman dipakai/Foto: Pinterest/alluremagazine

Letakkan strip bulu mata di sepanjang garis bulu mata untuk melihat apakah kamu perlu memotongnya. Strip harus dimulai dari tempat di mana sebagian besar bulu mata alamimu dimulai dan berakhir di sekitar 2-4 bulu mata palsu dari ujung luar ke dalam. Setelah disesuaikan, potong strip/tulang menggunakan gunting bulu mata dari ujung luar.

Kalau kamu ingin membuat pengaplikasian lebih mudah, setelah kamu memotong ujungnya, potong lagi strip bulu mata menjadi 4 bagian untuk membantu mengamankan setiap bagian lebih erat ke garis bulu matamu.

Langkah 6: Beri Lem pada Strip

tutorial memasang false lashes
Aplikasikan lem tipis-tipis/Foto: https://cosmopolitan.com

Oleskan lem ke suatu wadah terlebih dahulu, lalu gunakan cottonbud atau ujung bobby pin untuk mengoleskan lem pada strip/tulang belakang bulu mata secara tipis dan merata. Tunggu beberapa detik agar lem sedikit mengering sebelum dipasang.

Langkah 7: Gunakan Tweezer untuk Menempatkan Strip di Sepanjang Garis Bulu Mata

tutorial memasang false lashes
Tempatkan false lashes secara presisi agar tidak lepas/Foto: https://cosmopolitan.com

Pastikan kamu menempatkan bagian awal strip pada bagian di mana bulu mata alami terbanyak mulai tumbuh. Gunakan pinset untuk menempatkan bagian tengah strip di tengah mata, lalu dudukkan sudut luar dan dalam di sepanjang garis bulu mata. Setelah semua tepinya terpasang, kamu bisa menyatukan bulu mata asli dan palsu dengan mencubitnya secara lembut menggunakan jari, untuk memastikan tidak ada celah di antara keduanya.

Voila! Bulu matamu sudah terpasang! Biarkan dia mengering 1-2 menit. Kamu bisa membuatnya lebih terangkat dengan mendorong halus dasar bulu mata bagian dalam ke atas. Berikan juga maskara agar bulu mata asli dan palsu terlihat lebih menyatu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id